Cara Menjadi Reseller Sukses Agar Makin Cuan

Ilustrasi bisnis reseller
Cara Menjadi Reseller Sukses Agar Makin Cuan. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Ingin memulai bisnis tapi bingung apa yang harus kamu produksi? Atau masih terhambat dengan modal usaha? Tentunya hal-hal ini pernah terlintas dipikiran setiap orang saat ingin memulai bisnis.

Namun permasalahan tersebut bukan menjadi hambatan bagimu untuk tidak memulai sebuah usaha lho! Walaupun kamu tidak memiliki modal yang besar ataupun bingung ingin memproduksi apa, kamu tetap bisa memulai usaha dengan menjadi reseller.

Kenali sistem kerja reseller, cara menjadi menjadi reseller, tips agar sukses menjadi reseller hingga keuntungan menjadi reseller.

Baca Juga: Inilah Tips dan Trik Sukses Jadi Reseller Baju Online Tanpa Modal Bagi Pemula

Sistem Kerja Reseller

Ilustrasi sistem kerja reseller
Sistem kerja reseller. Photo by Pexels

Seperti namanya, menjadi reseller kamu akan menjual kembali produk dari pihak supplier. Metode bisnis ini dapat dibilang sangat mudah dan tidak memakan banyak modal. Kamu tidak perlu memproduksi suatu hal. Namun, kamu harus memperhatikan cara kerjanya terlebih dahulu agar tidak terjadi kerugian.

Sebagai reseller, kamu harus mencari supplier produk yang akan kamu jual nantinya. Kamu akan membeli barang dari supplier tersebut dengan jumlah yang banyak. Tentu sebagai reseller kamu akan mendapatkan harga yang lebih terjangkau dari pihak supplier. Produk tersebut akan kamu jual dengan harga yang kamu tentukan sendiri. Selisih harga yang kamu tentukan dengan harga dari pihak supplier itulah yang akan menjadi profit untukmu.

Cara Menjadi Reseller

Ilustrasi bergabung menjadi reseller
Menjadi reseller. Photo by @samich_18

Ada hal yang perlu kamu lakukan jika ingin menjadi reseller, diantaranya;

  • Menentukan Produk yang Tepat

Langkah awal saat kamu ingin menjadi reseller adalah menentukan produk yang ingin kamu jual. Perhatikan segala aspek dari produk yang akan kamu jual. Bagaimana ukuran produk tersebut, apakah produk tersebut memiliki waktu kadaluarsa yang cepat dan apakah produk ini sering dicari oleh masyarakat. Tentukanlah produk yang memberikan keuntungan dalam segala hal.

  • Mencari Supplier yang Terpercaya

Keuntungan sebagai reseller adalah kamu tidak perlu memproduksi barang yang akan kamu jual. Walaupun begitu, penting untuk memilih supplier yang terpercaya. Pastikan supplier yang kamu pilih menghasilkan produk yang berkualitas. Tidak hanya itu, pastikan hubungan kerja sama antara kamu dan supplier berjalan secara professional.

  • Melihat Situasi Pasar dan Kompetitor

Saat kamu sudah menetukan produk apa yang akan kamu jual, kini saatnya melihat situasi pasar dan kompetitormu. Hal ini untuk mecegah adanya persaingan harga yang tidak sehat.

  • Memperhitungkan Pembagian Komisi dengan Matang

Hal ini merupakan kesepakatan awal antara pihak reseller dan pihak supplier. Tentu saja kedua belah pihak memiliki tujuan yang sama yaitu mendapatkan keuntungan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pastikan komunikasi dan persetujuan antara kedua belah pihak terjalin dengan baik. Hal ini agar kedua belah pihak tidak mengalami kerugiaan dikemudian hari.

Tips Agar Menjadi Reseller Sukses

Keuntungan berbisnis online
Tips agar jadi reseller sukses. Photo by Pexels

Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan agar menjadi reseller sukses.

  • Membuat Branding Toko yang Baik

Membuat branding toko yang baik sangat penting untuk berjalannya bisnis kamu. Identitas toko yang baik tentunya akan meningkatkan kepercayaan konsumen akan produkmu.

  • Manfaatkan Social Media untuk Promosi

Social media memiliki peran yang besar dalam mempromosikan sebuah produk. Kini fitur-fitur di social media banyak yang dapat membantu bisnismu. Produkmu akan jauh lebih dikenal jika kamu aktif mempromosikannya di social media.

  • Hindari Menyetok barang terlalu banyak

Sebagai reseller kamu memang harus menyimpan atau menyetok barang dengan jumlah yang banyak. Ada baiknya jika kamu menganalisa situasi pasar. Hal ini agar mencegahmu dari kerugian.

  • Maksimalkan Testimoni dan Review Pelanggan

Calon konsumen tentunya akan melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk. Dengan adanya testimoni dan review dari pelanggan, tentunya kepercayaan terhadap produkmu akan meningkat.

Keuntungan Menjadi Reseller

Seorang pebisnis sedang memegang uang
Keuntungan menjadi reseller. Photo by Pexels

Lalu, apa saja keuntungan menjadi reseller?

  • Memulai Bisnis dengan Modal Kecil

Jika kamu ingin memulai bisnis namun tidak memiliki modal yang cukup banyak, maka menjadi reseller adalah langkah yang tepat. Kamu tidak memerlukan modal yang besar saat ingin menjadi reseller. Kamu hanya memerlukan media seperi gadget untuk memasarkan produk yang akan kamu jual.

  • Setiap Orang Bisa Menjadi Reseller

Siapa saja bisa menjadi reseller! Menjadi reseller tidak memandang usia ataupun latar belakang seseorang. Mulai dari mahasiswa, ibu rumah tangga hingga seseorang yang sudah memiliki perkerjaan tetap juga bisa menjadi reseller. Asalkan kamu konsisten dan bisa membagi waktu agar usahamu tetap berjalan lancar.

  • Tidak Perlu Memproduksi Produk

Keuntungan menjadi reseller adalah kamu tidak perlu memproduksi sebuah produk. Tugasmu disini hanyalah menjual produk dari supplier.

  • Keuntungan yang Besar

Modal yang kecil dan keutungan yang besar merupakan impian semua pelaku usaha bukan? Jika kamu dapat mengelolanya dengan baik, menjadi reseller dapat memberikan keuntungan yang besar lho! Apalagi saat usahamu sudah memiliki jumlah pengikut yang banyak di social media atau disaat kamu bisa membuka toko secara offline.

  • Dapat Mengelola Usaha ini dengan Flexible

Menjadi reseller cukup flexible. Pasalnya kamu dapat menjalankan usaha ini dimana saja dan kapan saja. Karena sistem kerja yang flexible, menjadi reseller dapat kamu jadikan sebagai perkerjaan sampingan.

Jadi bagaimana? Cukup menjanjikan bukan menjadi reseller?  

Artikel Lainnya