6 Tipe Peminjam Uang yang Wajib Kamu Hindari

Tipe peminjam uang yang harus dihindari.
Waktu baca: 3 menit

Suatu waktu, tiba-tiba kamu dihubungi oleh teman lama dengan basa-basi menanyakan kabar. Namun, ujung-ujungnya meminjam uang. Familiar dengan hal tersebut? Kamu tidak perlu kaget akan hal tersebut. Sebab, kejadian itu memang pasti akan sering terjadi di lingkaran pertemanan saat sudah dewasa.

Yang perlu diperhatikan, akan muncul banyak tipe peminjam. Mulai dari peminjam yang memang untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak hingga hanya untuk menunjang kemewahan semata. Kamu harus bisa memilahnya dengan baik dan bijak. Jangan sampai niat baikmu meminjamkan uang malah dimanfaatkan dan orang tersebut tidak mau mengembalikan uang tersebut.

Maka dari itu, sebelum meminjamkan uang, kamu harus tahu 6 tipe peminjam uang yang wajib hindari. Berikut penjelasannya.

1. Pinjam uang tapi gaya hidup mewah

Bergaya hidup mewah.
Bergaya hidup mewah. Photo by @freestocks

Sering terjadi di kota-kota besar, tipe peminjam uang yang malah memiliki gaya hidup lebih mewah daripada orang yang dipinjami. Tipe peminjam seperti ini memang menyebalkan. Awalnya, saat meminjam uang memelas dan menunjukkan bahwa dirinya butuh sekali pertolongan. Namun, dia malah mengunggah gaya hidup mewahnya padahal utang belum dibayar.

2. Belum bayar sudah berani utang lagi

Meminjamkan uang lagi.
Meminjamkan uang lagi. Photo by Pixabay

Selanjutnya tipe peminjam utang yang harus dihindari ialah yang berani utang lagi padahal utang sebelumnya belum dibayar. Untuk menolaknya, kamu harus memiliki sifat yang tegaan. Sebab, jika kamu tidak tegaan pasti kamu akan tetap memberikan utang dan siklus itu akan terus berulang.

Baca juga: 5 Tips Agar Bebas Utang Sejak Usia Muda

3. Sudah terlalu dekat jadi tidak perlu bayar utang

Sudah dekat tidak mau bayar utang.
Sudah dekat tidak mau bayar utang. Photo by @alexisrbrown

Saat memiliki teman dekat atau sahabat yang berhutang namun tidak mau membayarnya, kamu harus hindari untuk meminjaminya lagi deh. Sebab, orang-orang seperti itu pasti akan terus menerus meminjam uang kepadamu. Seharusnya, kalau teman dekat atau sahabat yang baik sih pasti membayar utang. Dengan membayar utang berarti mereka telah menghargai hubungan dekat denganmu.

4. Jual cerita sedih untuk pinjam uang

Tipe peminjam uang yang suka jual cerita sedih.
Jual cerita sedih untuk pinjam uang. Photo by Pixabay

Orang seperti ini biasanya sering berbohong untuk bisa mendapatkan pinjaman uang. Mereka akan mereka-reka cerita sedih sehingga nanti kamu jadi iba dan memberikan pinjam uang kepadanya.

5. Pinjam uang lalu hilang

Tipe peminjam uang paling ngeselin, menghilang gitu aja.
Menghilang setelah pinjam uang. Photo by Pexels

Orang yang suka meminjam uang dengan tipe seperti ini wajib dihindari. Memang awalnya ia pinjam uang dengan jumlah sedikit, tapi jika terus menerus lama kelamaan lumayan juga. Terlebih, jika setelah meminjam ia sulit dihubungi atau bahkan menghilang tanpa kabar.

6. Saat ditagih utang galak

Saat ditagih lebih galak.
Saat ditagih lebih galak. Photo by Pexels

Yang terakhir, peminjam uang yang malah saat ditagih utangnya tersebut lebih galak. Biasanya orang-orang seperti ini akan mengintimidasimu agar mau meminjamkan uang. Solusi yang bisa dilakukan ialah kamu harus punya percaya diri yang kuat agar tidak mudah dipermainkan oleh orang seperti itu.

Itulah beberapa tipe peminjam uang yang harus dihindari. Maka dari itu, sebelum meminjamkan uang kepada orang lain, kamu harus tahu terlebih dahulu latar belakangnya. Setelah tahu, kamu juga pastikan mereka menggunakan uang pinjaman tersebut dengan baik.

You may also like...

Leave a Reply