5 Tips Agar Bebas Utang Sejak Usia Muda

Waktunya kamu bebas dari jerat utang sejak muda
Waktu baca: 3 menit

Saat ini utang memang tak bisa terlepas dari orang-orang. Baik yang tua maupun muda pasti mau tidak mau akan berutang. Seperti jika kamu ingin membeli rumah, memang ada beberapa yang bisa membelinya dengan cara cash. Namun, tak sedikit pula yang membeli rumah melalui cicilan KPR. Sebenarnya, utang bisa dipastikan membuat kondisi keuanganmu tidak sehat. Terlebih kalau utang itu lumayan menguras banyak uang dari gaji yang kamu dapatkan.

Apalagi jika kamu masih muda dan sudah banyak menumpuk utang. Seharusnya, selagi masih muda, kamu harus bisa mengatur dan mengelola uang dengan baik. Kamu juga seharusnya bisa memulai untuk berinvestasi agar masa depanmu terjamin. Namun, sebelum menuju ke investasi, seharusnya sejak usia muda harus terbebas dari utang agar saat berinvestasi bisa dilakukan dengan tenang. Berikut tips agar kamu bisa bebas utang sejak usia muda seperti yang dilansir dari Kompas.com.

Punya perencanaan yang baik

Perencanaan agar bebas utang.
Perencanaan sangat penting agar terhindar dari utang yang menumpuk. Photo by Pixabay

Selagi masih muda, kamu harus mempunyai perencanaan yang baik karena hal itu adalah kunci penting untuk sukses dalam mencapai tujuan keuangan. Jika suatu ketika kamu harus membeli sesuatu dengan mencicil, lakukanlah dengan pertimbangan dan perencanaan yang matang. Jangan lupa untuk menyusun dan membuat skala prioritas untuk setiap cicilan dan utang secara rinci. Jangan lupa kamu harus disiplin untuk membayar cicilan tiap bulan hingga utang tersebut lunas. Mulailah untuk membayar utang yang terkecil sampai terbesar.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan dengan Prinsip 10 – 20 – 30 – 40

Buat batasan yang jelas

Batasi belanja bisa buat bebas utang masa muda.
Membuat batasan pengeluaran agar kamu bisa bebas utang sedari muda. Photo by @beccamchaffie

Setelah selesai dengan perencanaan, kamu juga harus membuat batasan yang jelas. Kamu jangan sampai terjebak utang lagi setelah selesai melunasinya. Jangan sampai jatuh ke lubang yang sama. Selain itu, kamu juga harus membatasi biaya-biaya yang perlu dan tidak perlu untuk dikeluarkan. Misalnya, saat kamu belanja, kamu harus membuat daftar belanja untuk jadi batasanmu serta bawa uang secukupnya saja.

Punya dana darurat

Dana darurat agar terbebas utang
Kamu harus punya dana darurat agar bisa terbebas dari utang. Photo by Pixabay

Dana darurat merupakan hal yang sangat penting dalam pengelolaan keuangan. Setidaknya kamu harus memiliki dana darurat sebesar minimal tiga kali pengeluaran bulanan. Dana ini sangat penting karena bisa digunakan bila suatu waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan, barang penting yang menunjang hidupmu hilang, dan lainnya. Kamu harus menyimpan dana darurat pada rekening terpisah namun harus mudah untuk dicairkan.

Hindari gaya hidup berlebihan

Gaya hidup berlebihan sering sekali dialami oleh kamu yang masih muda. Apalagi jika gaji kamu naik maka gaya hidup juga ikut naik. Bila hal itu terjadi padamu, kamu harus menyadari bahwa lambat laun kenaikan gaji tidak akan terasa pernah cukup. Maka dari itu, kamu harus tetap hidup sederhana dan tak perlu iri dengan gaya hidup orang lain.

Memaksimalkan pendapatan

penghasilan tambahan bikin terbebas utang
Penghasilan tambahan bisa membantumu terbebas dari utang. Photo by @firmbee

Perbedaan besar orang sukses dan orang biasa adalah pada pola pikirnya. Jika orang biasa selalu berpikir untuk berhemat, sedangkan orang sukses selalu memikirkan cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tidak ada salahnya kamu mencari penghasilan tambahan melalui kerja paruh waktu. Namun, jangan sampai pekerjaan paruh waktumu mengganggu profesionalitas pekerjaan utamamu. Selain itu, kembali lagi ke poin di atas, jangan sampai karena pendapatanmu naik maka gaya hidupmu juga naik.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar bisa bebas utang sejak muda. Jadi mulai saat ini harus lebih bijak dalam menggunakan uang dan bisa terbebas dari jeratan utang.

You may also like...

Leave a Reply