5 Tips yang Harus Dilakukan untuk Pertahankan Bisnis

Pertahankan bisnis
Waktu baca: 3 menit

Beberapa tahun ke belakang, banyak sekali jenis bisnis yang bermunculan seiring dengan perkembangan zaman. Contoh seperti bisnis kuliner yang banyak dicari seperti ayam geprek, bakso, mie ayam, dan sebagainya. Namun, ternyata banyak pula yang harus gulung tikar karena merugi padahal bisnis tersebut bisa dikatakan masih muda. Biasanya bisnis gulung tikar karena kurangnya inovasi dan kalah bersaing dengan pesaing-pesaing baru yang bermunculan.

Memang untuk memulai bisnis itu mudah, namun usaha untuk pertahankan bisnis itu susah. Maka dari itu, kamu harus mengikuti beberapa tips pertahankan bisnis yang akan dijelaskan di bawah ini.

Kontrol pengeluaran

Kontrol pengeluaran
Kontrol pengeluaran saat menjalankan bisnis. Photo by Rawpixel

Dalam mengurus suatu bisnis, kamu harus bisa mengontrol keuangan. Hitung untung rugi yang bisnismu dapatkan. Jika dalam hitungan tersebut ternyata tidak menguntungkan, paling tidak modal yang dikeluarkan bisa kembali. Jangan memaksakan diri untuk tetap menjalankan bisnis tersebut kalau hanya mengalami kerugian.

Bedakan uang pribadi dan bisnis

Jangan menyatukan uang pribadi dan uang bisnis
Jangan menyatukan uang pribadi dan uang bisnis. Photo by @Jpvalery

Jangan lupa bedakan antara uang pribadi dan uang bisnis. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui angka pasti dari pemasukan dan pengeluaran bisnismu. Semua transaksi bisnis akan lebih mudah untuk terdeteksi dan lebih rapi. Jika ingin bisnismu bertahan, pisahkanlah uang pribadi dan bisnismu.

Lakukan evaluasi

Lakukan evaluasi
Lakukan evaluasi saat menjalankan bisnismu. Photo by Rawpixel

Lakukan evaluasi terkait bisnis yang kamu jalankan. Pelajari semua kesalahan yang sudah dilakukan saat kamu menjalankan bisnis. Sebagai contoh, saat melakukan branding apakah sudah tepat sasaran, lokasi bisnismu sudah pas atau belum, dan penetapan harga apakah sebanding dengan kualitas yang kamu jual. Hal ini dilakukan agar kedepannya bisnis bisa berkembang lebih baik.

Baca juga: Tips Mengatur Keuangan Tahunan Agar Tidak Jebol

Jangan mudah putus asa

Jangan menyerah
Jangan pernah menyerah saat menjalani bisnis. Photo by @goian

Sebagai seorang pebisnis, kamu harus memiliki jiwa pantang menyerah dan tidak mudah putus asa. Karena setiap menjalani bisnis akan selalu ada kemungkinan yang namanya kegagalan. Jangan patah semangat. Dengan begitu kamu bisa tertempa menjadi seorang pebisnis andal setelah melewati banyak kegagalan.

Jangan lupa selalu berusaha terus walaupun mengalami kegagalan. Selama kamu bisa melalui kegagalan dengan lapang dada, maka kamu bisa menemukan model bisnis yang tepat. Sebab, dalam bisnis pasti perlu gebrakan yang berbeda dan inovatif agar berhasil.

Minta dukungan kepada orang terdekat

Dukungan dari orang terdekat
Minta dukungan dari orang terdekat. Photo by Rawpixel

Tak ada salahnya kamu meminta dukungan kepada orang-orang terdekatmu karena bisa berguna apalagi untuk pebisnis pemula. Ceritakan pada mereka mengenai bisnis yang kamu jalani ini. Minta mereka untuk menyemangatimu terus menerus. Karena merekalah yang kelak mendukung setiap langkahmu dalam berbisnis.

There are no secrets to success. It is the result of preparation, hard work, and learning from failure.

Collin Powell

Itulah beberapa tips pertahankan bisnis yang bisa kamu lakukan. Jangan mudah menyerah jika jalan bisnismu merasa semakin sulit. Terus berusaha dan berinovasi agar bisnismu berkembang. Kamu juga bisa coba strategi jalani bisnis musiman agar bisa meraih keuntungan.

You may also like...

Leave a Reply