Jualan di TikTok Shop: Panduan Lengkap untuk Pemula

Jualan di TikTok Shop: Panduan Lengkap untuk Pemula
Jualan di TikTok Shop: Panduan Lengkap untuk Pemula. Photo by Freepik
Waktu baca: 4 menit

Seiring dengan berjalannya waktu, kini TikTok tidak hanya bisa kamu manfaatkan untuk membuat video dan membagikannya saja. Namun, kamu juga bisa membangun atau mengembangkan bisnis yang telah kamu miliki dengan cara jualan di TikTok Shop. 

Secara garis besar, TikTok Shop adalah platform jual beli yang dikemas dengan unik, karena kamu bisa menyajikan produk yang kamu jual di dalam konten yang kamu buat. Kemudian, bagaimana cara membuka TikTok Shop dan bagaimana cara memulai bisnis di sana?

Supaya lebih jelas, berikut adalah segala hal yang perlu kamu ketahui tentang bagaimana cara berjualan di TikTok untuk pemula dan apa saja tips dan triknya agar bisnis kamu sukses besar!

Cara Membuat Toko dan Cara Menjual Produk di TikTok Shop

Jualan di tiktok shop.
Berjualan di TikTok shop. Photo by Freepik

Pada dasarnya, selaras dengan teknologi yang kini semakin berkembang, kini kamu bisa melakukan bisnis secara online. Cara jualan online pun kini memiliki banyak ragam, mulai dari platform marketplace, e-commerce, dan di platform sosial seperti TikTok.

Hal ini karena, kini TikTok sudah memiliki platform khusus yang bisa kamu manfaatkan untuk berbisnis, yaitu TikTok Shop. Hanya saja, untuk menjadi seorang TikTok Shop seller, kamu perlu mengubah akun kamu menjadi akun bisnis terlebih dahulu. 

Secara garis besar, ide jualan di TikTok Shop ini bermula dari ada banyaknya perusahaan dan UMKM yang melakukan promosi di konten TikTok. Itulah kenapa pengembang TikTok mulai membuat fitur baru yang bisa memenuhi kebutuhan para pengguna tersebut.

Karena itu, bagi kamu yang ingin mulai berbisnis atau mengembangkan bisnis, inilah syarat membuat akun bisnis TikTok Shop, cara membuat toko, dan cara untuk mulai jualan di platform tersebut!

1. Syarat Membuat Akun TikTok Shop

Bila kamu tertarik untuk membuka toko di TikTok Shop, ada beberapa syarat yang perlu kamu penuhi agar bisa berganti ke akun bisnis. Secara garis besar, kamu perlu berusia di atas 18 tahun dan telah memiliki KTP atau paspor untuk bisa membuat akun bisnis.

Di samping itu, ada juga syarat followers pada saat membuat akun tersebut. Kira-kira jumlah followers minimal untuk membuka akun bisnis TikTok adalah 2.000. Kamu pun harus sudah aktif selama minimal 28 hari dan setidaknya telah memiliki 50 video view di TikTok.

2. Cara Mulai Menjual Produk di TikTok Shop

Apabila kamu sudah memenuhi semua syarat yang berlaku, akun bisnis TikTok pun akan muncul dan kamu sudah siap untuk membuka toko di sana. Secara garis besar, cara buat toko di TikTok itu tidak sulit dan bisa kamu lakukan di dalam hitungan menit.

Untuk bisa jualan di TikTok Shop, inilah cara yang perlu kamu lakukan untuk bisa membuat toko!

  • Pertama-tama, kamu perlu untuk mengunjungi laman resmi TikTok Shop dan masuk dengan akun bisnis kamu atau buat akun baru di sana. 
  • Setelah itu, isi form data diri yang tersedia di sana dengan data yang benar, lalu jangan lupa untuk memasukkan informasi toko kamu di sana. 
  • Apabila sudah, kamu akan masuk ke laman otorisasi, dan klik opsi “Otorisasikan” untuk melanjutkan proses pembuatan toko.
  • Kemudian, kamu pun bisa langsung menambahkan produk yang ingin kamu jual pada langkah berikutnya.
  • Terakhir, tambahkan rekening yang kamu miliki untuk mencairkan dana atau pendapatan kamu dari TikTok Shop.

Baca juga: Mari Mengenal Perbedaan Digital Marketing dan Traditional Marketing

Cara Jualan di TikTok Shop agar Laku Keras

Lalu, sebenarnya bagaimana cara menjual barang di TikTok Shop agar bisa laku keras? Kuncinya adalah, kamu tidak boleh meninggalkan toko kamu setelah selesai mengunggah barang. Namun, kamu perlu melakukan promosi agar barang tersebut ada yang beli.

Secara garis besar, berikut adalah tutorial jualan di TikTok Shop agar produk kamu laku yang bisa kamu ikuti dengan mudah dan tanpa harus ribet!

1. Posting di Waktu yang Tepat atau Prime Time

Setelah kamu memiliki akun TikTok bisnis dan setelah produk berhasil kamu unggah, kamu pun perlu melakukan posting video promosi di waktu yang tepat atau di prime time. Secara garis besar, prime time adalah waktu di mana orang banyak membuka aplikasi TikTok.

Pada umumnya, waktu yang paling tepat tersebut adalah di malam hari, mulai dari pukul tujuh hingga pukul sembilan malam, di mana hampir semua orang mulai selesai beraktivitas. Di samping itu, waktu posting TikTok yang tepat adalah pukul 8 pagi dan 12 siang. 

2. Melakukan Promosi dengan Live TikTok Secara Rutin

Selain mengunggah di saat yang tepat, melakukan promosi dengan Live TikTok juga penting kamu lakukan untuk bisa meningkatkan penjualan. Hal ini karena, fitur Live sudah terbukti sangat ampuh untuk menaikkan traffic penjualan produk di TikTok.

Selain live, kamu pun bisa memanfaatkan fitur TikTok yang lain, mulai dari tambahan musik, filter, efek suara, dan beragam fitur menarik lainnya.

3. Buat Konten dan Katalog Jualan yang Menarik 

Selanjutnya, membuat konten dan katalog yang menarik juga menjadi kunci agar jualan di TikTok Shop menjadi semakin sukses lagi. Kamu pun bisa membuat tren atau mengikuti tren yang sudah ada agar traffic yang kamu dapatkan di akun kamu semakin banyak.

Namun, akan sia-sia rasanya jika traffic yang besar tersebut tidak dikonversi ke peningkatan penjualan. Itu kenapa selain konten yang menarik, kamu pun perlu menyusun katalog yang menarik.

Tips-Tips Jualan di TikTok Shop 

Agar jualan di TikTok Shop sukses, kamu pun bisa menerapkan beberapa tips dan trik berikut ini!

1. Lakukan Kerja Sama dengan Konten Kreator yang Tepat

Pertama-tama, kamu perlu melakukan kerja sama dengan konten kreator yang tepat, agar produk yang kamu jual bisa sampai ke target pasar kamu. Jika kamu menargetkan remaja perempuan, maka pilihlah konten kreator yang memiliki followers di rentan usia tersebut.

Selain melakukan kerja sama dengan konten kreator yang memiliki banyak followers, kamu pun bisa memasang ads atau iklan di TikTok.

2. Konsisten Pada Saat Mengunggah Konten

Kemudian, pada saat mengunggah konten jualan di TikTok Shop di akun, pastikan jika kamu mengunggah konten di akun kamu secara konsisten. 

Dengan begitu, followers kamu sudah akan tahu jika kamu akan mengunggah konten baru di hari sekian pada jam sekian setiap sekian hari. 

3. Jangan Lupa Menulis Caption yang Menarik dengan Hashtag yang Tepat

Terakhir, jangan lupa untuk menulis caption yang menarik, kamu pun bisa menerapkan teknik copywriting pada saat menulis bagian ini. Di samping itu, ada juga hashtag yang pastinya harus kamu memaksimalkan agar produk yang kamu jual mudah dicari.

Itulah segala hal yang perlu kamu ketahui tentang tata cara jualan di TikTok Shop, mulai dari syarat membuat akun bisnis hingga cara membuat tokonya. Selain itu, ada juga cara dan tips yang bisa kamu terapkan agar produk kamu bisa cepat terjual.

Mungkin Anda juga menyukai