5 Tips Dapatkan Pelanggan Setia Bisnis yang Kamu Jalankan

Tips dapatkan pelanggan setia untuk bisnismu
Waktu baca: 3 menit

Saat menjalankan bisnis, pelanggan baru jelas memberikan kebahagiaan tersendiri bagi pemilik bisnis. Sebab, hal itu menandakan barang atau jasa yang ditawarkan mampu menarik perhatian. Meski begitu, mengandalkan pelanggan baru jelas tidak cukup karena pasti kamu menginginkan agar mereka kembali datang dan berlangganan hingga bertahun-tahun mendatang dan menjadi pelanggan setia.

Maka dari itu, bisa dikatakan pelanggan setia seperti darah yang terus mengalir dan dibutuhkan untuk kelangsungan hidup sebuah perusahaan. Apalagi, pelanggan setia ini bisa dikatakan sudah mengenal produk atau jasa yang dijual sehingga bisa dengan lebih mudah dan cepat terjual.

Pentingnya kehadiran pelanggan ini membuat pengusaha harus berusaha maksimal agar mereka tetap bertahan dan jadi pelanggan setia. Lalu, bagaimana caranya agar bisa mendapatkan pelanggan setia? Berikut penjelasannya.

1. Perlakukan setiap pelanggan dengan baik

Perlakukan pelanggan dengan baik.
Perlakukan pelanggan dengan baik. Photo by @squareinc

Setiap orang pasti akan senang jika diperlakukan dengan baik, termasuk seorang pelanggan. Dengan begitu, mereka akan merasa senang dan dianggap penting olehmu. Pastikan setiap kritik dan saran dari pelanggan bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk perbaikan demi meningkatkan kualitas dari bisnis.

2. Antisipasi kebutuhan mereka

Antisipasi keinginan dari pelanggan.
Antisipasi keinginan dari pelanggan. Photo by Pexels

Kunci utama dalam kesuksesan sebuah bisnis ialah barang atau jasa yang dijual haruslah sesuai dengan kebutuhan dari konsumen. Maka dari itu, kamu harus sering berkomunikasi dengan pelanggan sehingga usahamu nantinya bisa terus memenuhi kebutuhan konsumen.

3. Bangun kepercayaan

Bangun kepercayaan dengan pelanggan.
Bangun kepercayaan dengan pelanggan. Photo by @squareinc

Dalam membangun kepercayaan, jangan hanya dilakukan saat awal penjualan-pembelian produk saja. Sebab, hal itu tetap diperlukan agar hubungan penjual dan pelanggan bisa terbangun. Banyak cara yang bisa dilakukan agar kepercayaan tetap terjaga.

Contohnya ialah dengan memastikan kualitas produk atau memberikan penjelasan detail mengenai barang dan jasa yang kamu tawarkan.

4. Beri hadiah untuk loyal customer

Beri hadiah kepada loyal customermu
Beri hadiah kepada pelanggan. Photo by @kadh

Setiap orang pasti suka dengan hadiah. Maka dari itu, untuk memiliki pelanggan setia, berikanlah hadiah atau penghargaan untuk setiap konsumen yang telah membeli produk atau jasamu. Contohnya, jika bisnismu bergerak dalam bidang jual-beli gadget, kamu harus memberikan layanan servis gratis sebagai hadiah bagi konsumen.

Dengan memberikan hadiah, kamu bisa memastikan mereka untuk tetap bisa jadi pelanggan bagi usahamu tersebut.

Baca juga: Mengenal Ciri-Ciri Bisnis yang Menguntungkan

5. Terus berinovasi

Lakukan inovasi
Lakukan inovasi agar terus berkembang. Photo by Pixabay

Beberapa bisnis bisa sukses karena terus melakukan inovasi bisnisnya. Maka dari itu, penting sekali bisnis yang kamu jalankan untuk terus berinovasi dan berkembang sesuai dengan kebutuhan kebanyakan pelanggan.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bisa mendapatkan pelanggan setia. Dengan adanya pelanggan setia, usahamu sudah pasti bisa berjalan lancar. Selamat mencoba.

You may also like...

Leave a Reply