5 Hal yang Bisa Tingkatkan Motivasi Kerja

Tips meningkatkan motivasi kerja bagi pekerja kantoran
Waktu baca: 2 menit

Motivasi kerja menjadi hal yang penting bagi karyawan karena memiliki dampak pada kinerja diri dan kinerja perusahaan. Dengan kinerja diri dan perusahaan baik, maka akan menciptakan lingkungan yang baik pula.

Namun, masih banyak karyawan yang belum tahu cara untuk memotivasi diri sendiri. Sehingga banyak yang bekerja tanpa motivasi yang cukup dan terkesan seperti robot. Tak heran jika karier yang dijalani begitu-begitu saja bahkan ada yang merosot dari tahun ke tahun.

Dengan motivasi yang besar maka akan mendorong seseorang untuk terus berusaha mewujudkan tujuan dan harapannya. Selain itu, motivasi juga menjadi faktor penting untuk mencapai mimpi dan cita-cita yang dimiliki. Berikut ini cara meningkatkan motivasi kerja agar bisa memberi dampak yang baik bagi diri sendiri maupun perusahaan:

Tulis tujuan dengan waktu pencapaian yang dibutuhkan

Setiap orang memiliki tujuan masing-masing yang harus dicapai semasa hidupnya. Dalam mencapai itu, pasti membutuhkan waktu. Maka dari itu, lebih baik kamu coba untuk menulis tujuan serta waktu pencapaian yang dibutuhkan. Dengan begitu, kamu bisa menambah tekad menjadi lebih kuat agar bisa mewujudkannya. Jangan lupa tuliskan tujuan dan waktu yang dibutuhkan itu di tempat yang mudah dilihat oleh dirimu.

Buat target sesuai dengan kemampuan

motivasi kerja
Buatlah rencana dan target agar meningkatkan motivasi kerja. Photo by Rawpixel

Dalam memasang target, kamu harus sesuai dengan kemampuanmu sendiri. Memang, optimis itu bagus. Akan tetapi jangan sampai perasaan optimisme yang berlebihan justru malah membutakan diri sehingga kamu lupa pada batas kemampuan. Maka dari itu, cobalah untuk meningkatkan kualitas diri dimulai dengan melakukan hal-hal kecil yang memiliki hubungan dan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Baca biografi tokoh favorit

Tidak ada salahnya dengan membaca biografi dari tokoh favoritmu. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui bagaimana orang tersebut berproses menjadi orang sukses. Makanya, luangkan waktu untuk berkunjung ke toko buku terdekat.

Baca juga: Sosok Milenial Sukses yang Menginspirasi

Selalu berpikir positif

Biasanya, motivasi bisa menurun saat anda merasa ragu untuk meraih mimpi. Dengan berpikir positif akan membantumu untuk kembali meningkatkan motivasimu.

Jangan lupa istirahat

istirahat untuk meningkatkan motivasi kerja
Jangan lupa untuk istirahat agar motivasi bekerjamu bisa kembali meningkat. Photo by Pixabay

Bekerja keras memang bagus, tapi ada kalanya kamu harus meluangkan waktu untuk beristirahat. Beberapa orang memang ada yang bekerja terlalu keras sampai lupa waktu untuk istirahat. Efeknya, ia akan merasa kelelahan baik secara fisik maupun psikis dan perlahan-lahan mulai kehilangan motivasi. Namun, istirahat juga jangan sampai berlebihan. Istirahat yang cukup agar pekerjaan tidak terbengkalai dan bisa selesai tepat waktu.

Berdiskusi dengan orang lain

Cobalah untuk berdiskusi dengan orang lain mengenai pekerjaan dan tujuan hidup yang ingin kamu capai. Biasanya, orang lain memiliki sudut pandang yang berbeda sehingga kamu bisa melihat dari sisi lain mengenai pekerjaan dan tujuan hidupmu. Dengan begitu kamu makin tahu hal apa saja yang harus dilakukan.

Keenam cara motivasi diri memang tidak mudah untuk dilakukan dan membutuhkan konsistensi. Namun, bukan hal yang mustahil untuk bisa melakukan hal tersebut terlebih jika kamu benar-benar ingin kariermu menanjak dan tidak jalan di tempat.

You may also like...

Leave a Reply