5 Cara Habiskan Uang yang Bikin Bahagia

habiskan uang dengan bahagia.
Cara habiskan uang dengan bahagia. Photo by Oprah.com
Waktu baca: 3 menit

Kamu mungkin sering mendengar ungkapan bahwa kebahagian tidak bisa dibeli dengan uang. Pernyataan tersebut muncul untuk jadi salah satu sindiran agar orang-orang tidak menghamburkan uang dan lebih menghargai orang lain. Namun sebenarnya, ada cara habiskan uang yang bisa bikin kamu bahagia.

Meski begitu, orang yang kaya tidak menjamin banyaknya kebahagiaan yang diraihnya. Namun perlu diingat bahwa dengan uang, kamu akan lebih mudah menemukan hal-hal yang sedang dicari dan diinginkan. Berikut ini adalah beberapa cara habiskan yang yang bikin kamu bahagia yang dilansir dari Psychology Today.

Gunakan uang untuk menghemat waktu

Gunakan uang untuk hemat waktu
Gunakan uang untuk hemat waktu. Photo by Pixabay

Waktu memang berjalan sesuai dengan kehendak alam. Namun, jika kamu tidak memanfaatkan waktu dengan baik maka bisa membuatmu menyesal dan menderita. Maka dari itu, agar kamu bisa merasa bahagia, kamu bisa menggunakan uangmu untuk menghemat waktu.

Contohnya, kamu bisa gunakan uangmu untuk menyewa tukang bersih-bersih rumah daripada beli alat kebersihan sendiri. Selain menghemat waktu, kamu malah bisa menghemat pengeluaranmu. Contoh lainnya, kamu bisa menyewa atau memesan taksi/ojek online daripada naik angkutan umum yang masih sering ngetem.

Gunakan uang untuk orang lain

Gunakan uang untuk orang lain.
Gunakan uang untuk orang lain. Photo by Daily Mail

Perlu diingat, bahwa manusia ialah makhluk sosial jadi sangat wajar jika berbagi kepada sesama. Maka dari itu, orang yang beli barang untuk kegiatan amal atau menyumbang secara langsung jauh merasa lebih bahagia daripada membeli barang untuk sendiri. Dari hal itulah kebahagiaan bisa diraih karena sifat alami manusia sebagai makhluk sosial yang tak bisa lepas dari keberadaan orang lain.

Baca juga: Hindari 7 Kebiasaan Buruk Ini Agar Tak Jatuh Miskin

Gunakan uang untuk beli pengalaman

Beli pengalaman
Gunakan uang untuk membeli pengalaman. Photo by Pixabay

Dari hasil penelitian yang ada, pengalaman bisa dibeli dan hal itu juga akan meningkatkan tingkat kebahagiaan seseorang. Sebab, pengalaman bisa lebih efektif untuk meningkatkan tarag bahagia seseorang dalam jangka waktu yang lama. Contohnya, saat kamu menghabiskan uang untuk liburan di tempat baru, sudah pasti akan meningkatkan kebahagiaanmu.

Hal itu terjadi karena pengalaman dan kenangan dari liburan bisa dirasakan berulang-ulang melalui cerita atau foto yang dibuat saat liburan. Selain itu, pengalaman juga akan memberi dampak positif bagi emosi diri.

Gunakan uang untuk memenuhi kebutuhan

Gunakan untuk penuhi kebutuhan.
Gunakan uang untuk memenuhi kebutuhan. Photo by @tierramallorca

Dengan kebutuhan yang terpenuhi, maka bisa membuat hidup terasa lebih membahagiakan. Coba kamu bayangkan jika kamu hanya membeli sesuatu yang sifatnya hanya keinginan, lalu suatu waktu kamu membutuhkan suatu hal yang sangat kamu butuhkan namun tidak ada lagi uang yang tersisa. Yang ada, kamu akan merasa tersiksa.

Maka dari itu, menghabiskan uang untuk beli sesuatu yang dibutuhkan itu penting. Beberapa contoh kebutuhan utama yang harus dipenuhi antara lain bahan-bahan pokok seperti pangan sehat, sandang, dan papan. Jika semua hal itu sudah terpenuhi, maka langkah untuk mencapai kebahagiaan sudah terlihat jelas.

Gunakan uang untuk hal bermakna

habiskan uang bikin bahagia
Gunakan uang untuk hal yang bermakna. Photo by @katyukawa

Menggunakan uang untuk menyenangkan diri sendiri seperti membeli makanan yang enak dan mahal atau membeli suatu barang mahal yang sudah lama diincar memang menyenangkan. Namun, kamu akan lebih bahagia jika menggunakan uang yang kamu miliki untuk hal-hal bermakna.

Salah satu contoh yang bisa kamu lakukan ialah melakukan #PendanaanBermakna bersama KlikCair. KlikCair merupakan salah satu platform Peer to Peer (P2P) Lending yang ada di Indonesia. Dengan misi menumbuhkan perekonomian yang lebih inklusif melalui pemberdayaan UMKM di Indonesia, KlikCair menjadi penghubung antara UMKM yang berpotensi dan memiliki keinginan untuk mengembangkan kapasitasnya dengan para Pemberi Pinjaman.

Itulah 5 cara yang bisa dilakukan untuk habiskan uang dengan bikin bahagia. Semoga bisa diterapkan dihidupmu ya.

Mungkin Anda juga menyukai