4 Alasan Kamu Sulit Menabung Meski Gaji Gede

Alasan gaji besar sulit menabung.
Alasan gaji besar sulit menabung. Photo by Pixabay
Waktu baca: 3 menit

Seiring perkembangan zaman dalam dunia kerja, pasti posisi tertentu di perusahaan memperoleh gaji besar. Terlebih jika kamu menempati posisi manajer, sudah tentu mengantongi gaji puluhan juta rupiah setiap bulannya. Sudah tentu dengan gaji besar seharusnya bisa menabung. Namun ternyata, kamu tetap merasa sulit menabung meski gaji gede.

Seperti dikutip dari Qerja.com, ada beberapa alasan karyawan yang punya gaji besar tetap sulit menabung. Inilah beberapa alasannya yang perlu kamu ketahui.

Pengeluaran meningkat tajam

Pengeluaran meningkat tajam.
Pengeluaran meningkat tajam. Photo by Pixabay

Saat memiliki penghasilan yang besar, gaya hidupmu pasti berubah. Tidak heran jika gaya hidup yang dijalani itu bikin kamu sulit menabung. Hal itu terjadi karena setelah mendapat penghasilan yang luar biasa, maka kesempatan untuk memenuhi keinginan pasti ada saja. Misalnya saja, saat kamu melihat gadget model terbaru dan harganya ternyata tidak lebih dari gajimu, maka pasti ada keinginan untuk membelinya.

Jika hal itu terus terjadi setiap bulannya, maka pengeluaranmu pasti akan meledak. Padahal kamu sudah kerja keras banget di kantor untuk mendapat penghasilan yang cukup besar, namun uang tersebut ternyata habis untuk hal-hal yang tidak diperlukan. Dan akhirnya kamu tidak bisa menyisihkan gajimu untuk ditabung.

Baca juga: Ini Kebiasaan Buruk yang Bikin Uang Bulanan Habis

Mengutamakan gengsi

Mengutamakan gengsi.
Mengutamakan gengsi. Photo by @jeremybeadle

Jika kamu terus menerus mengikuti rasa gengsi, maka dipastikan gajimu akan terkuras dan malah bisa jadi kamu berutang. Misalnya saja kamu lebih memilih beli baju-baju bermerek daripada merek lokal padahal kualitas bisa dikatakan sama saja.

Memang sebenarnya boleh-boleh saja sesekali mengenakan outfit yang mahal karena posisi pekerjaan. Namun, jika sudah mengganggu uang bulananmu lebih baik tidak perlu. Mending kamu belajar dalam mengombinasikan outfit kantor yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu bisa lebih menghemat pengeluaranmu.

Menunda untuk mulai menabung

Menunda untuk menabung sulit menabung gaji gede.
Menunda untuk menabung. Photo by Pexels

Menunda-nuda untuk mulai menabung memang biasanya jadi kebiasaan orang-orang yang memiliki penghasilan besar. Pasalnya mereka memiliki keyakinan akan menyisakan uang di akhir bulan nanti. Padahal hal itu tidaklah pasti terjadi. Sebab, banyak godaan belanja hal-hal yang tidak penting. Jika kamu terus seperti itu, maka kamu akan kesulitan untuk menabung setiap bulannya.

Salah dalam berutang

Salah dalam berutang sulit menabung gaji gede.
Salah dalam berutang. Photo by Pexels

Meski memiliki penghasilan yang tinggi, pasti kamu tetap memiliki keinginan untuk berutang. Boleh saja berutang, asal tidak disalahgunakan. Kamu harus memperhatikan rasio utang terhadap pendapatan tetapmu yaitu berada di kisaran 35 persen. Angka itu diyakini sudah cukup dan ideal untuk arus keuanganmu. Dengan begitu kamu lebih bisa membayar utang tepat waktu.

Itulah beberapa hal yang membuat kamu sulit menabung meski memiliki gaji gede. Semoga artikel ini bisa jadi pedomanmu dalam mengelola keuangan dan gajimu setiap bulannya ya TemanKlik.

Mungkin Anda juga menyukai