5 Cara Agar Dapat Hemat Biaya Kesehatan di Masa Pandemi

hemat biaya kesehatan
Cara hemat biaya kesehatan di masa pandemi. Photo by @impulsq
Waktu baca: 3 menit

Di masa pandemi virus corona atau COVID-19 ini, mengalokasikan biaya kesehatan sangat penting. Namun, tetap perlu hemat biaya kesehatan apalagi di masa pandemi. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya kesehatan ialah dengan memiliki asuransi.

Pahami bahwa asuransi kesehatan dapat membantu meringankan beban finansial saat kamu sakit atau butuh melakukan cek kesehatan rutin. Tentunya kamu tidak perlu bingung kapan sebaiknya membeli asuransi kesehatan. Semakin cepat mengupayakan pembelian asuransi maka semakin hemat juga biaya yang harus dikeluarkan.

Nah, bagi kamu yang sedang berencana membeli produk asuransi, berikut cara memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan agar dapat hemat biaya kesehatan apalagi di masa pandemi.

Cari informasi seakurat mungkin

Begini tips KPR di masa pandemi.
Cari informasi seakurat mungkin. Photo by @dadaben_

Saat kamu berminat untuk mengajukan produk asuransi kesehatan swasta, pastikan untuk tidak terburu-buru dalam menentukan pilihan. Sebab, ada banyak perusahaan asuransi yang menyediakan layanan ini. Sehingga kamu tidak perlu terburu-buru dalam memilihnya.

Pastikan kamu mencari informasi seakurat mungkin mengenai produk asuransi kesehatan. Beberapa hal yang harus dicermati di antaranya ialah besaran premi, syarat klaim, prosedur klaim, cakupan biaya yang ditanggung dan sebagainya. Selain itu, cobalah untuk membandingkan satu produk asuransi kesehatan dengan produk lainnya sehingga kamu dapat menemukan produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Perhatikan sistem pertanggungan yang diterapkan

Kualitas barang atau jasa diperhatikan
Perhatikan sistem pertanggungan yang diterapkan. Photo by Pixabay

Sebelum menentukan asuransi kesehatan yang akan digunakan, tanyakan terlebih dahulu layanan apa saja yang ditanggung oleh asuransi tersebut serta bagaimana mekanismenya. Ada beberapa perusahaan yang menanggung semua rawat jalan, rawat inap, dan beberapa layanan kesehatan lainnya. Namun, ada pula yang tidak penuh.

Maka dari itu, kamu harus tahu dan memahami detail sistem pertanggungannya seperti apa agar tidak menyesal nantinya.

Baca juga: 5 Cara Tepat Memilih Asuransi Kesehatan untuk Anak

Manfaatkan diskon premi untuk pembayaran selama 1 tahun

Pengertian cashback dan diskon
Manfaatkan diskon premi tahunan. Photo by Pixabay

Biasanya dalam pembayaran premi asuransi ada banyak pilihan berupa bulanan, tahunan, bahkan ada semesteran atau 6 bulanan. Nah jika kamu punya uang, lebih baik bayarkan sekaligus untuk satu tahun penuh. Barangkali ada diskon yang bisa kamu dapatkan. Yang pasti, kamu harus tanyakan terlebih dahulu kepada pihak asuransi apakah ada diskon jika membayar dengan mekanisme tahunan.

Cermati biaya obat sebelum menebusnya

hemat biaya kesehatan
Cermati biaya obat. Photo by Pixabay

Pembelian obat menjadi hal yang pasti dilakukan jika kamu dirawat di rumah sakit. Dengan begitu, biaya pembelian obat perlu ditangani dengan baik meskipun kamu sudah menggunakan asuransi kesehatan. Pastikan kamu tanyakan terlebih dahulu mengenai informasi biaya pembelian obat kepada pihak perusahaan asuransi sehingga tidak ada kendala di kemudian hari.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya obat. Salah satunya ialah memilih obat generik. Obat generik ini dapat didapatkan dengan harga yang lebih murah daripada obat non-generik namun manfaat yang diberikan sama saja.

Bangun hubungan baik dengan pihak rumah sakit

hemat biaya kesehatan
Jalin hubungan baik dengan pihak rumah sakit. Photo by Pexels

Jangan lupa untuk membangun hubungan yang baik dengan pihak rumah sakit. Dengan begitu kamu bisa selalu mendapatkan perawatan bahkan bisa saja memudahkanmu dalam menyelesaikan masalah atau hal lainnya yang berkaitan dengan layanan kesehatan dan asuransi kesehatan yang digunakan.

Demikian 5 cara yang bisa dilakukan agar hemat biaya kesehatan apalagi di masa pandemi. Jika ingin menggunakan layanan asuransi kesehatan, apstikan pilih produk asuransi yang tepat dan menguntungkan. Manfaatkan asuransi semaksimal mungkin agar dapat menghemat biaya kesehatan.

Mungkin Anda juga menyukai