4 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Utang Lunas

hal yang dilakukan setelah utang lunas.
Waktu baca: 3 menit

Saat kamu berutang, ada baiknya untuk segera melunasinya. Sebab, utang adalah beban bagi keuangan terutama jika jumlahnya terbilang banyak. Dengan begitu, utang bisa saja membuat keuanganmu malah menjadi kacau. Maka dari itu, kamu harus segera melunasi utangmu itu.

Setelah utang yang kamu miliki lunas, jangan merasa tenang terlebih dahulu. Sebaiknya, kamu harus segera membenahi kembali keuanganmu sehingga menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya. Dengan begitu, nanti keuanganmu di masa yang akan datang bisa terbantu untuk mencapai berbagai tujuan yang diinginkan.

Agar hal tersebut bisa tergapai, lakukan beberapa langkah penting setelah utang yang kamu miliki lunas.

Hitung dan atur anggaran kembali

Hitung dan atur kembali keuanganmu setelah utang lunas.
Hitung dan atur kembali keuanganmu. Photo by Pixabay

Setelah selesai melunasi utang, bisa dikatakn kondisi keuangan akan membaik. Meski begitu, bukan berarti kamu bisa berbelanja sesuka hati. Sebab hal itu memiliki risiko membuat keuanganmu jadi bermasalah kembali di kemudian hari.

Agar hal itu tidak terjadi, langkah pertama yang harus dilakukan ialah menghitung dan mengatur kembali anggaran keuangan dengan baik dan tepat. Catat dan susun pengeluaran dengan ketat, agar kamu bisa melakukan penghematan namun kebutuhan pokok tetap terpenuhi. Jangan lupa untuk menyisihkan uang untuk ditabung ya.

Baca juga: 5 Tips Agar Bebas Utang Sejak Usia Muda

Kumpulkan dana darurat

Kumpulkan dana darurat.
Kumpulkan dana darurat. Photo by Pexels

Setelah menghitung dan menyusun anggaran keuanganmu, mulailah untuk mengumpulkan dana darurat. Hal itu dilakukan agar kamu siap menghadapi keadaan-keadaan darurat atau kejadian yang tidak diinginkan di masa yang akan datang.

Setidaknya, kamu harus memiliki dana darurat dengan jumlah minimal 6 kali dari pengeluaranmu setiap bulan. Jadikan dana darurat sebagai prioritas dalam keuangan agar kamu lebih fokus mengumpulkannya dalam jumlah yang tepat dengan cepat dan cermat.

Mulai berinvestasi

Mulai berinvestasi untuk masa depan.
Mulai berinvestasi untuk masa depan. Photo by @kredit

Selanjutnya, kamu harus mulai berinvestasi. Sebab, investasi akan membantu keuanganmu jadi lebih mapan dan tetap berjalan dengan lancar hingga masa yang akan datang. Saat ini sudah banyak jenis investasi yang ada. Di antaranya ialah investasi saham, reksa dana, emas, peer to peer lending, properti, dan sebagainya.

Selain itu, untuk memulainya pun kamu tidak perlu mengeluarkan jumlah uang yang besar. Kamu bisa memulai investasi dengan biaya Rp 100 ribu. Adapun prosesnya juga terbilang mudah karena kamu bisa mulai investasi secara online.

Fokus jadikan investasi sebagai prioritas

Fokus untuk melakukan investasi.
Fokus untuk melakukan investasi. Photo by @adeolueletu

Setelah diketahui bahwa investasi akan membantu keuanganmu jadi lebih mapan di masa yang akan datang, kamu harus jadikan investasi sebagai prioritas. Selalu sisihkan sebagian uangmu untuk investasi agar kelak bisa dapat imbal hasil yang maksimal.

Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan setelah utang yang kamu miliki lunas. Dengan melakukan itu, kamu akan merasa aman dan tenang hingga hari tua nanti.

You may also like...

Leave a Reply