Sudah Tahu Belum Puasa 2022 Tanggal Berapa?

lentera bulan Ramadan
Sudah Tahu Belum Puasa 2022 Tanggal Berapa? Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Sebentar lagi akan datang Bulan Suci Ramadhan. Namun, apakah kamu tahu tepatnya puasa 2022 tanggal berapa?

Yang pasti, semakin umat Islam, kita harus mempersiapkan diri untuk menyambut bulan yang penuh berkah ini. Jangan sampai di bulan Ramadhan tahun ini sama dengan Bulan Ramadhan di tahun yang lalu ya. Harusnya, kamu bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik lagi sehingga bisa mendapatkan berkah yang lebih banyak lagi di Ramadhan tahun ini. Dan tentunya kamu memiliki keimanan yang lebih kuat lagi.

Kapan Puasa Tahun 2022 Dimulai?

Lalu, sebenarnya bulan puasa 2022 tanggal berapa? Biasanya, ada dua versi. Yang pertama, versi dari organisasi Islam Nahdlatul Ulama (NU). Organisasi ini menggunakan metode ru’yatul hilal. Ini metode di mana penentuan awal bulan, termasuk bulan Ramadhan, dengan melihat hilal. Dan itu artinya kita harus menunggu hingga akhir bulan nanti. Makanya, organisasi yang satu ini biasanya mengumumkan awal bulan suci Ramadhan di detik-detik akhir. Tepatnya di hari akhir bulan sya’ban.

Lain hal dengan organisasi Islam besar lainnya, yaitu Muhammadiyah. Mereka menggunakan metode hisab atau yang juga disebut dengan perhitungan astronomi. Karena menggunakan metode hisab, mereka sudah bisa menentukan kapan awal puasa tahun 2022. Menurut Muhammadiyah berdasarkan metode hisab, awal bulan puasa tahun 2022 adalah pada hari Sabtu tanggal 2 April.

Terkadang, metode ru’yatul hilal dan hisab itu menghasilkan sebuah hasil yang berbeda lho. Makanya, beberapa kali awal Ramadhan versi Muhammadiyah dan NU berbeda.

Bagaimana kita harus bersikap? Tentu tidak masalah apakah mengikuti versi Muhammadiyah atau NU. Yang pasti, keduanya menggunakan metode yang valid dan sesuai dengan syariat Islam. Jadi, kamu boleh memilih antara ikut Ramadhan versi Muhammadiyah atau NU.

Namun, pernah juga NU dan Muhammadiyah memulai bulan puasa di hari yang sama. Hal ini disebabkan hasil dari hisab dan juga ru’yatul hilal sama. Bagaimana dengan tahun 2022? Apakah keduanya sama dalam menentukan awal bulan puasa?

Baca juga: Tips Jalankan Bisnis Musiman Bulan Puasa Agar Sukses

Yuk Hafalkan Niat Puasa, Buka Puasa dan Sahur

Yang pasti, April akan menjadi bulan di mana umat Islam akan mulai berpuasa tahun ini. Untuk itu, kamu harus mempersiapkan diri. Di antara persiapan yang penting untuk dilakukan adalah mempersiapkan kondisi tubuh. Jangan sampai kondisi tubuh drop sehingga kamu tidak bisa menjalankan puasa mulai dari awal.

Selain itu, persiapan lainnya juga tak kalah penting. Misalnya saja mempersiapkan agar puasa kamu tahun ini memiliki kualitas yang jauh lebih baik. Kamu harus tahu niat puasa karena niat puasa ini bagian dari yang wajib dilakukan. Tanpa niat puasa yang benar, puasa kamu tidak diterima.

Lalu, bagaimana niat puasa Ramadhan? Berikut ini niatnya:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Artinya: Saya berniat puasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di Bulan Ramadhan tahun ini hanya karena Allah SWT.

Niat sebenarnya boleh hanya diucapkan dalam hati. Akan tetapi, lebih baik lagi jika niat juga diucapkan dengan menggunakan mulut. Yang pasti, dalam hati juga harus memiliki getaran bahwa kamu benar-benar berniat menjalankan puasa esok hari karena Allah.

Setelah berpuasa selama 1 hari penuh, ada yang kemudian disebut dengan berbuka puasa di saat maghrib tiba. Saat berbuka puasa, ada niat berbuka puasa yang juga harus kamu ucapkan. Memang doa berbuka puasa ini tidak harus diucapkan. Namun, agar menambah fadhilah puasa, sebaiknya kamu ucapkan doa berbuka puasa setiap kali berbuka puasa.

Berikut ini doa berbuka puasa beserta artinya:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Artinya: Ya Allah, saya berpuasa hanya untukMu, saya beriman kepadaMu, dan saya berbuka dengan rejekiMu. Dengan rahmatMu wahai zat yang maha Pengasih dan Penyayang.

Setelah shalat Isya’, ada ibadah lain yang sangat dianjurkan, yaitu menunaikan shalat tarawih. Setelah itu, kamu bisa tidur dan bangun sebelum subuh. Saat itulah kamu bisa melakukan ibadah sahur.

Sahur memang tidak wajib namun sangat dianjurkan. Hukumnya sunnah. Maka dari itu, sekali pun kamu mampu berpuasa selama satu hari tanpa sahur, sebaiknya tetap makan sahur.

Setelah selesai sahur, kamu bisa mengucapkan doa puasa. Satu hal harus diperhatikan. Niat puasa harus diucapkan sebelum subuh tiba.

Nah, itulah beberapa hal utama yang perlu kamu ketahui tentang ibadah puasa. Semoga ibadah puasa tahun ini memberikan berkah yang jauh lebih baik lagi. Ini menjadi pertanda bahwa puasa kamu di tahun ini jauh lebih baik dan jauh lebih berkualitas dibandingkan dengan puasa tahun-tahun yang lalu. Dan ini menjadi tanda bahwa kualitas keimanan kamu jauh lebih baik lagi.

Artikel Lainnya