3 Cara Mengelola Keuangan Dengan Baik

Cara mengelola keuangan dengan baik.
Cara mengelola keuangan dengan baik. Photo by Pexels
Waktu baca: 2 menit

Mengatur keuangan sebenarnya bisa dibilang susah, bisa juga dibilang gampang. Tips cara mengelola keuangan dengan baik harus diketahui semua orang yang telah memiliki penghasilan. Mengatur keuangan banyak sekali manfaatnya bagi kamu, bukan hanya untuk memperhitungkan berapa besar pendapatan dan pengeluaran yang dilakukan, namun juga untuk menyeimbangkan keduanya agar tidak defisit.

Apalagi jika ada rencana yang akan dilakukan dalam jangka waktu yang panjang yang membutuhkan cukup uang. Sehingga kamu sudah mulai mengatur dan merencanakan sejak awal. Berikut akan dibahas beberapa cara ampuh yang dapat ditempuh dalam pengaturan keuangan agar keuangan lebih stabil.

Menggunakan prinsip 50-20-30 untuk mengatur gaji

Mengatur uang dalam waktu singkat.
Mengatur gaji dengan prinsip 50-20-30. Photo by Pexels

Prinsip 50-20-30 adalah sistem pengaturan keuangan yang tidak banyak orang tahu. Prinsip ini dapat diaplikasikan untuk mengalokasikan gajimu pada hal yang tepat. Gaji yang diterima setiap bulan harus dibagi 50% untuk biaya kehidupan sehari–hari seperti sewa rumah, transportasi, makan dan tagihan bulanan. 20% dari total gaji dialokasikan pada investasi atau tabungan. Uang ini dapat digunakan jika keperluan yang mendadak seperti jatuh sakit atau kejadian lain yang tidak terduga. Investasi dana pensiun juga perlu untuk tabungan masa depan. Jika ingin memiliki usaha kecil dan menengah, kamu juga dapat menggunakan uang ini. Kemudian 30% yang merupakan sisanya digunakan untuk keperluan liburan dan keperluan lain seperti membeli barang–barang yang diinginkanmu.

Baca juga: Yuk Mulai Lakukan Cara Mengatur Uang Bulanan

Bayangkan kamu di usia 80 tahun

Masa tua
Bayangkan kamu sudah memasuki masa tua. Photo by Pixabay

Mungkin saat ini, saat usia baru 20-30 tahun, kamu masih merasa bahwa keuangan pasti akan baik–baik saja. Hal itu karena kamu masih bisa bekerja untuk menghasilkan uang. Namun bayangkan jika kamu sudah berusia 80 tahun. Tentunya kamu masih ingin memegang cukup uang di usia itu. Bayangkan jika sudah matang secara finansial di umur itu, sudah memiliki rumah dan kendaraan, sudah menyekolahkan dan menikahkan anak-anak, sudah tidak bekerja tapi masih memiliki cukup uang untuk berlibur. Tentu hal ini sangat indah untuk dibayangkan.

Nah, untuk mewujudkannya, kamu haruslah belajar cara mengelola keuangan dengan baik, korbankanlah gaya hidup yang tidak penting saat ini untuk kebahagiaanmu di masa tua nanti.

Gunakan kartu kredit dengan sebijak mungkin

Penggunaan kartu kredit yang sembarangan.
Gunakan kartu kredit dengan bijak. Photo by Pixabay

Meskipun sedang berusaha untuk mengetahui cara mengelola keuangan dengan baik dan berusaha untuk mengaplikasikannya, kamu tidak perlu sampai menutup kartu kredit. Tetap gunakan kartu kredit namun dengan bijak, sesuaikan dengan kondisi dan lakukan pada tempatnya. Kamu dapat gunakan kartu kredit saat ada diskon atau digunakan untuk mencicil sesuatu yang memang dibutuhkan. Selain itu kartu kredit juga berguna saat muncul keperluan yang mendadak.

Mungkin Anda juga menyukai