6 Pengeluaran yang Banyak dalam Hidup Kelak

Pengeluaran banyak dalam hidup
Waktu baca: 3 menit

Dalam menjalani fase kehidupan pasti ada saja pengeluaran uang yang dilakukan. Bagi yang sudah mempersiapkan diri untuk pengeluaran itu, maka kamu punya potensi untuk bisa merdeka secara finansial di masa yang akan datang. Namun, bagi yang belum punya persiapan, kamu tidak perlu khawatir. Selama masih ada waktu, kamu bisa tetap mencapai merdeka secara finansial.

Adapun jenis-jenis pengeluaran yang cukup banyak nanti dalam tiap fase kehidupan ada banyak. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan terkait pengeluaran yang cukup banyak dalam hidup kelak.

Beli kendaraan

pengeluaran banyak dalam hidup saat beli mobil.
Beli mobil jadi pengeluaran banyak dalam hidup. Photo by Pexels

Meski jalanan di kota besar saat ini macet, namun masih banyak orang yang tetap ingin membeli kendaraan, terutama mobil. Hal itu dikarenakan dengan memiliki mobil sebagai kendaraan pribadi, akan lebih terasa fleksibel dalam mobilitas dan lain sebagainya.

Untuk memiliki mobil, sudah tentu butuh uang yang tidak sedikit. Bahkan, biaya sehari-hari mobil itu bisa dibilang membutuhkan dana yang besar. Contohnya, untuk bensin, servis rutin, pajak bulanan, dan lain sebagainya.

Beli rumah

Beli rumah buat pengeluaran banyak dalam hidup.
Beli rumah butuh dana besar. Photo by Pixabay

saat ini harga properti terus menanjak. Meski ada program KPR yang bisa memudahkan untuk membeli rumah dengan cicilan, tetap saja butuh uang yang besar. Adapun bunga KPR juga bersifat floating atau berubah-ubah.

Setelah rumah terbeli, selanjutnya kamu harus memenuhi perabotan-perabotan rumah tangga yang dibutuhkan. Selain itu, ada pula biaya operasional yang beruba biaya listrik, air, dan sebagainya.

Menikah

Menikah butuh dana yang tidak sedikit.
Menikah butuh dana yang tidak sedikit. Photo by Pixabay

Saat memutuskan untuk menikah, kamu pasti akan menyiapkan banyak hal. Dari mulai mahar hingga resepsi yang sudah pasti membutuhkan dana yang tidak sedikit. Bisa dikatakan, hanya untuk resepsi pernikahan saja kamu akan menghabiskan dana ratusan juta atau bahkan lebih.

Padahal, kalau dipikir-pikir menikah di Kantor Urusan Agama (KUA) saja sudah cukup dan legal. Namun, biasanya orang tua ingin melihat seremonial pernikahan anaknya sehingga mengadakan pesta yang mana butuh dana yang tidak besar. Lalu, sudah siapkah kamu dengan hal yang satu ini?

Memiliki anak

Punya anak.
Punya anak. Photo by @itshoobastank

Memiliki anak merupakan anugerah bagi pasangan suami istri. Namun, perlu diingat bahwa dengan memiliki anak kamu harus menyiapkan dana yang cukup besar. Di awali dari saat proses persalinan. Meski dicover oleh asuransi, namun setelah sang anak lahir maka bersiaplah untuk memiliki pengeluaran tambahan. Kebutuhan yang harus disiapkan untuk anak antara lain popok, susu, dan lain sebagainya. Belum lagi jika sang anak sudah tumbuh dewasa, sudah pasti kebutuhannya akan bertambah.

Biaya pendidikan

Biaya pendidikan anak tidak sedikit.
Biaya pendidikan anak tidak sedikit. Photo by Pixabay

Dengan bertambah usianya anak, pasti anak sudah waktunya untuk mengenyam pendidikan. Saat ini, biaya pendidikan anak terbilang tidak murah. Apalagi jika kamu ingin menyekolahkan anakmu di lembaga atau sekolahan yang mutunya bagus. Tak jarang saat ini sudah banyak calon pasangan yang akan menikah mulai menyisihkan dana untuk biaya pendidikan anaknya kelak. Biasanya, mereka akan menggunakan dana tersebut untuk investasi saham atau reksa dana.

Masa tua

Masa tua butuh pengeluaran banyak dalam hidup
Masa tua sangat mempengaruhi kondisi keuangan. Photo by Pixabay

Saat sudah memasuki masa pensiun, sudah tentu kamu akan sulit untuk mendapatkan penghasilan tetap per bulannya. Apalagi jika kamu tidak memiliki investasi yang bisa dinikmati di masa tuamu. Yang ada, saat masa tua kamu malah tetap bekerja keras demi memenuhi kebutuhan hari-harimu.

Baca: Jenis Investasi Jangka Panjang yang Menjanjikan di Hari Tua

Nah agar hal itu tidak terjadi, sedini mungkin kamu juga harus menyisihkan dana untuk masa tuamu. Dengan begitu, masa tuamu akan lebih santai dan kamu bisa menikmatinya.

Itulah beberapa pengeluaran yang banyak dalam hidup yang akan kamu hadapi di masa yang akan datang. Nah, daripada nantinya kamu keteteran dalam menyiapkannya, maka lebih baik mulai sedini mungkin bukan?

You may also like...

Leave a Reply