Yuk Cari Tahu Tips Hemat untuk Mahasiswa

Tips hemat untuk mahasiswa.
Tips hemat untuk mahasiswa. Photo by Pixabay
Waktu baca: 3 menit

Sepertinya mahasiswa dan uang merupakan dua hal yang tidak bisa bersatu. Sebagian besar orang mungkin akan setuju jika mahasiswa sering kali mengalami kesulitan dalam keuangan. Terlebih, ada saatnya keadaan tiba-tiba tidak sesuai dengan keinginan. Kebutuhan mendadak ini bisa datang kapan saja. Mulai dari iuran tugas, biaya makan, biaya kos, biaya praktik, dan lain sebagainya. Maka dari itu, sebagai mahasiwa kamu harus tahu tips hemat untuk mahasiswa.

Jika kamu sebagi mahasiswa tidak mau belajar untuk berhemat, maka kamu tidak dapat mengontrol keuangan. Terlebih, selain banyak pengeluaran, kehidupan kampus juga sering kali berpengaruh pada kantong. Misalnya, kegiatan nongkrong dengan teman-teman di café. Atau mungkin sekedar melepas penat di tempat karaoke. Jika lagi-lagi kamu tidak mengetahui bagaimana cara berhemat bagi seorang mahasiswa, maka kauangan Kamu akan terancam. Lalu bagaimana caranya berhemat untuk mahasiswa? Berikut ini ulasan mengenai tips hemat untuk mahasiswa:

Membeli Barang-Barang sesuai Kebutuhuan

Tips hemat untuk mahasiswa
Beli barang sesuai kebutuhan. Photo by Pexels

Biasakan untuk membeli barang-barang sesuai dengan kebutuhan saja. Kenapa? Jika hal ini tidak dibiasakan, maka kamu akan terbiasa untuk hidup dengan tingkat konsumtif yang tinggi sehingga hal ini akan membahayakan keuangan kamu sebagai mahasiswa. Apa lagi jika dihadapkan dengan kebutuhan yang mendadak. Jadi, jangan buang uang kamu untuk hal-hal yang tidak penting ya.

Mulai Menabung Jika Ada Uang Lebih

Menabung.
Menabung. Photo by Pexels

Jika kamu sebagai mahasiswa memiliki uang lebih setelah dapat memenuhi semua kebutuhan, maka sisihkan uang lebih untuk ditabung. Jangan malah digunakan untuk foya-foya untuk hal yang tidak perlu. Syukur-syukur jika kamu rajin mengikuti berbagai macam kagiatan seperti perlombaan dan ajang pencarian bakat lainnya.

Baca juga: Intip Yuk! Inilah Cara Menabung yang Tepat

Kamu dapat memasukkan reward dari hasil lomba tersebut untuk memenuhi kebutuhan atau dapat pula untuk dijadikan sebagai tabungan untuk kebutuhan yang akan datang. Nah, sesekali kamu juga boleh tuh membantu teman-teman atau orang lain yang membutukan jika kamu memiliki uang lebih. Dengan begitu, larinya uang kamu akan lebih jelas dan lebih bermanfaat. Kamu pun akan merasakan kepuasan tersendiri.

Membuat Daftar Kebutuhan

Buat daftar belanja
Buat daftar belanja agar membeli barang yang dibutuhkan. Photo by Pixabay

Kenapa kita sebagai mahasiswa harus membuat daftar kebutuhan? Hal ini supaya kamu dapat memprediksi pengeluaran yang nantinya kamu keluarkan untuk memenuhi kebutuhan sebagai seorang mahasiswa. Membuat daftar kebutuhan juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan ketika kamu hendak membeli barang lain di luar kebutuhan kamu. Daftar tersebut pun akan membantu kamu dalam menentukan skala prioritas. Di awal-awal mungkin cukup sulit melakukannya. Namun lama kelamaan, kamu akan terbiasa dan ini pun akan menjadi kebiasaan baik untuk kamu. Saat sampai di akhir bulan, kamu bisa melakukan evaluasi. Apakah ada pengeluaran yang tidak penting namun memiliki budget yang cukup tinggi? Jika iya, kurangilah pengeluran tersebut atau kalau bisa hilangkan.

Kurangi Nongkrong yang Tidak Memiliki Kepentingan Cukup Jelas

Kurangi nongkrong
Kurangi nongkrong. Photo by Pexels

Jika memang kegiatan nongkrong yang kamu lakukan tidak memiliki dasar alasan kepentingan yang jelas, maka usahakan untuk menghindarinya. Meskipun kamu dapat mengobrol asik dengan teman-teman nongkrong kamu, tetap saja kamu tidak akan bisa untuk berperilaku hemat. Kamu tentu tahu dengan pasti, perilaku nongkrong mendorong kamu untuk mengeluarkan uang guna keperluan yang tidak penting. Sesekali tidak masalah untuk kumpul dengan teman-teman sembari diskusi kecil mengenai tugas sekaligus refreshing. Asalkan Kamu masih dapat mengendalikan pengeluaran yang kamu lakukan tersbut.

Selesai sudah pembahasan berkaitan dengan tips hemat untuk mahasiswa. Yuk mulai dicoba dari sekarang. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

You may also like...