Tips Bedakan Aplikasi Pinjam Uang Online yang Aman dan Tidak

aplikasi pinjam uang online
Tips bedakan aplikasi pinjam uang online yang aman dan tidak. Photo by Pixabay
Waktu baca: 3 menit

Aplikasi pinjam uang online saat ini memang sangat populer. Hal ini disebabkan karena jasa peminjaman uang online memang menawarkan banyak keuntungan dan kemudahan sehingga pinjaman lebih cepat cair. 

Sayangnya tidak semua peminjaman uang online merupakan jasa yang terpercaya dan merupakan jasa yang aman digunakan untuk transaksi. Bagi Kamu yang ingin tahu cara membedakan peminjaman uang online yang terpercaya dan yang tidak, berikut ini ulasannya. 

Asal informasi pinjaman dana 

Gali informasi di internet.
Informasi pinjaman dana. Photo by Pixabay

Ketika kamu ingin meminjam uang online, hal pertama yang kamu harus perhatikan adalah dimana pertama kali kamu mengenai jasa peminjaman uang online yang akan kamu gunakan untuk meminjam dana ini. Jika peminjaman uang online tersebut kamu kenal dari iklan resmi, maka kamu bisa lebih berlega hati. 

Akan tetapi jika kamu mengenal jasa peminjaman uang online ini dari iklan yang tidak resmi dari selebaran yang tidak jelas atau iklan yang dikirimkan melalui ponsel yaitu dengan menggunakan SMS, maka kamu sebaiknya lebih berhati-hati. 

Pasalnya informasi mengenai jasa peminjaman uang online yang berasal dari sumber yang tidak jelas bisa menjadi salah satu ciri pertama dari peminjaman uang online yang tidak terpercaya. Jasa peminjaman uang online yang baik tidak akan takut melakukan pemasaran secara resmi dan besar-besaran sebagai salah satu bukti bahwa mereka adalah lembaga keuangan yang kuat dan memiliki modal untuk promosi. 

Jika jasa peminjaman uang online yang Kamu temukan melakukan pemasaran dengan sistem SMS, maka jasa ini sudah pasti tidak memiliki modal untuk promosi sehingga mereka memanfaatkan SMS broadcast yang gratis. 

Syarat yang harus dipenuhi 

Perbandingan syarat pinjam uang di bank dan pinjaman online.
Syarat yang harus dipenuhi. Photo by Pixabay

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika kamu akan meminjam dana di jasa aplikasi pinjam uang online adalah mengenai syarat yang harus dipenuhi. Untuk membedakan jasa peminjaman uang online yang terpercaya dan yang tidak paling mudah dilakukan dengan melihat syarat yang harus dipenuhi oleh konsumen jika ingin mendapatkan pinjaman. 

Sebuah aplikasi atau jasa peminjaman uang online yang terpercaya hanya akan membutuhkan informasi dasar yang Kamu miliki seperti nomor dan fotokopi yang Kamu miliki sebagai syarat wajib. Beda dengan jasa peminjaman uang online yang memiliki tujuan untuk scamming. 

Biasanya sebuah jasa peminjaman uang online scammer akan membuat kamu memberikan informasi yang sensitif, mulai dari nama ibu kamu, nomor atau fotokopi dari kartu ATM kamu, nomor hp dan juga mengenai kode OTP. 

Jika jasa peminjaman uang online yang akan kamu gunakan untuk transaksi meminta kamu untuk menyerahkan syarat yang mencurigakan tersebut, maka jasa peminjaman uang online yang kamu temukan tersebut sudah pasti merupakan jasa peminjaman uang online penipu. 

Baca juga: Cara Pinjam Uang Online dengan Aman yang Perlu Diketahui

Reputasi dari jasa pinjaman 

Reputasi dari jasa pinjaman. Photo by Pixabay

Jika bisa cari jasa pinjaman uang online terpercaya yang memiliki reputasi yang baik. Reputasi dari sebuah jasa pinjaman online ini bisa dilihat dari banyaknya review baik dari jasa yang akan kamu gunakan. 

Jika jasa peminjaman uang online yang kamu akan gunakan ini memiliki banyak review buruk, maka sebaiknya hindari jasa tersebut. Beberapa review yang bisa dianggap buruk dari sebuah jasa peminjaman uang online contohnya adalah 

  • Suku bunga tinggi 
  • Penagihan yang tidak berperikemanusiaan 
  • Melakukan penipuan 
  • Dan menggunakan data pribadi dari konsumen untuk hal yang membahayakan seperti untuk melakukan penipuan konsumen lain. 

Untuk mendapatkan informasi mengenai review dan reputasi dari sebuah jasa, saat ini kamu bisa mencarinya dengan mudah karena saat ini semua informasi mengenai aplikasi pinjam uang online bisa kamu temukan melalui internet.

Mungkin Anda juga menyukai