Wujudkan 3 Resolusi Keuangan Ini Agar Banyak Duit di 2020

Resolusi keuangan agar banyak duit di 2020.
Wujudkan 3 Resolusi Keuangan Ini Agar Banyak Duit di 2020. Photo by @esteejanssens
Waktu baca: 2 menit

Menjelang pergantian tahun, tidak ada salahnya untuk mengingat apa yang sudah kamu capai dalam setahun terakhir. Setelah itu, kamu juga harus sudah mulai membuat resolusi yang ingin kamu capai di tahun depan. Salah satunya ialah resolusi keuangan agar banyak duit di 2020.

Agar kamu bisa memiliki banyak duit, berikut ini resolusi keuangan yang bisa diwujudkan pada 2020 mendatang.

Mulai investasi

resolusi keuangan 2020
Mulai investasi untuk resolusi keuangan 2020. Photo by Okezone

Jika pada tahun sebelumnya belum mulai berinvestasi, maka di tahun depan kamu harus memulainya. Sebab, dengan investasi, asetmu bisa bertumbuh tanpa khawatir tergerus inflasi. Maka dari itu, masukkan investasi di urutan pertama dalam daftar resolusi keuanganmu di tahun depan.

Jangan pernah menunda untuk mulai berinvestasi agar kamu bisa cepat kaya. Apalagi, saat ini untuk memulai investasi kamu tidak perlu merogoh kocek yang sangat dalam. Sebagai contoh, saat kamu ingin investasi reksa dana, kamu bisa menyiapkan dana dengan minimal Rp 10.000. Lalu, platform untuk mulai investasi pun sudah sangat banyak. Jadi, sudah mudah dan menguntungkan, segera yuk investasi!

Cari penghasilan tambahan

Cari penghasilan tambahan.
Jadi Youtuber untuk dapat penghasilan tambahan. Photo by @visualsbyroyalz

Resolusi keuangan kedua yang bisa buat kamu makin cepat banyak uang ialah dengan mencari penghasilan tambahan. Saatnya mulai berpikir kreatif dan mengubah hobimu bisa jadi penghasil uang. Beberapa alternatif yang bisa jadi pilihan untuk menambah penghasilan tambahan ialah freelancer, guru les, reseller, youtuber, bisnis online, dan lain-lain.

Jangan lupa, jika sudah berhasil menambah penghasilan kamu harus hindari sifat konsumtif. Bijaklah dalam mengelola uang agar masa depan keuanganmu lebih baik. Selanjutnya, alokasikan uang dari penghasilan tambahanmu untuk berinvestasi.

Baca juga: Pekerjaan Online yang Bisa Dipilih untuk Penghasilan Tambahan

Batasi pengeluaran kecil

Batasi pengeluaran receh.
Batasi pengeluaran receh. Photo by Pixabay

Jika kamu berpikir bahwa uangmu cepat habis karena pengeluaran yang besar itu tentu sebuah kesalahan besar. Padahal, yang menyebabkan uangmu cepat habis ialah pengeluaran yang kecil. Misalnya, untuk jajan kopi, beli air mineral, beli rokok, biaya parkir, biaya transfer antar bank, hingga belanja camilan. Jika ditotal-total, pengeluaran kecil yang kamu lakukan setiap harinya jika ditotal bisa lebih dari Rp 100.000 loh.

Maka dari itu, segera batasi pengeluaran kecilmu. Cara memulainya bisa dengan membuat kopi sendiri, bawa botol minum, kurangi merokok, hingga pilih naik kendaraan umum. Nantinya, uang yang berhasil kamu hemat bisa dialokasikan untuk investasi.

Itulah resolusi keuangan agar memiliki banyak duit di 2020. Ingat, jangan lupa untuk mulai berinvestasi agar masa tuamu bisa tenang.

Mungkin Anda juga menyukai