Ketahui Pentingnya Personal Branding Di Era Digital

personal branding
Waktu baca: 3 menit

Personal branding di era digital seperti sekarang ini penting untuk diperhatikan. Terlebih siapa saja akan dengan mudah menemukan informasi tentang dirimu hanya dengan mengetikkan nama melalui fitur pencarian pada search engine. Oleh karena itulah, baik dalam kehidupan sehari-hari hingga urusan profesionalitas pekerjaan, personal branding berperan penting sebagai tolak ukur penilaian seseorang terhadap citra dirimu sendiri.

Personal branding mampu meningkatkan kepercayaan

Personal branding yang dibangun dengan baik dapat meningkatkan kepercayaan orang lain, sehingga kamu bisa lebih mudah mendapat kesempatan-kesempatan menarik. Termasuk dalam hal pencarian pekerjaan maupun pengembangan bisnis. Dilansir dari Forbes, 40% pimpinan HR akan memilih calon karyawan yang aktif menggunakan media sosial secara profesional untuk memenangkan proses rekrutmen. Namun demikian, pastikan kamu sudah mencantumkan foto profil dan informasi identitas yang sebenarnya, ya!

Lebih mudah diingat orang lain

Dengan personal branding yang terbentuk secara kuat, maka kehadiranmu lebih mudah diingat orang lain. Terlebih apabila kamu sudah menemukan karakter unik yang membuatmu berbeda daripada teman-teman yang lain. Jadikan keunikan tersebut sebagai ‘nilai jual’ tersendiri yang akan membuatmu memenangkan persaingan, baik dalam berbisnis maupun dalam bersaing meningkatkan jenjang karir di dalam dunia kerja.

Baca juga: Yuk Kenali Bisnis Jasa Keuangan Berbasis Teknologi: Fintech Center

Memperluas jaringan relasi

Kamu pasti tidak menyadari bahwa personal branding di era digital juga dapat membantumu dalam memperluas jaringan relasi. Hal ini didapatkan sebagai pengaruh positif dari banyaknya orang yang mengenal dan terkesan dengan kehadiranmu. Dengan begitu, kamu bisa memiliki kesempatan lebih besar untuk bertemu dengan orang-orang penting dan berpengaruh di luar sana melalui jaringan relasi yang berhasil dibangun dengan baik.

memperluas jaringan
Personal Branding sebagai salah satu cara memperluas jaringan kalian via pexels.com

Peluang karir lebih baik

Personal branding yang kuat juga secara efektif memupuk jiwa kepemimpinan yang cukup kuat di dalam dirimu. Melalui konsistensi personal branding inilah kamu juga berkesempatan memperoleh peluang karir yang lebih baik di kemudian hari. Kamu selalu terlihat lebih menonjol dibandingkan dengan karyawan lainnya. Ide-ide cemerlang yang kamu sampaikan cenderung lebih mudah dikomunikasikan ketika orang lain sudah tertarik dengan kepribadian yang kamu miliki.

Memiliki pemahaman yang baik atas diri sendiri

Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, termasuk kamu. Dengan berupaya keras membangun personal branding di era digital, maka secara otomatis kamu dapat memahami kelebihan dan kekurangan atas dirimu sendiri. Artinya, kamu bisa menemukan jati diri yang sebenar-benarnya. Hal ini tentu baik agar kamu terhindar dari depresi atau stres ketika gagal mencapai target tertentu. Dengan pemahaman yang baik atas diri sendiri, kamu pun lebih mudah melakukan evaluasi terhadap apa yang perlu diperbaiki dan dipertahankan dari dalam dirimu.

Ketahui kelebihan dan kekuranganmu untuk Personal Branding via pexels.com

Membangun rasa percaya diri dan optimisme

Terakhir, pentingnya personal branding di era digital yaitu dapat memudahkan kamu memiliki rasa percaya diri dan optimisme yang lebih baik. Tentu saja dua hal positif ini dapat menjadi modal yang kuat untuk kamu meraih segala target ataupun hal-hal yang dicita-citakan. Karakter yang kuat ini juga akan membuatmu memenangkan persaingan dengan mudah. Kalau pun gagal, kamu tidak mudah terpuruk dan bisa segera mengevaluasi kekurangan untuk menjadi lebih baik lagi.

***

Jadi, bagaimana dengan personal branding yang kamu miliki? Mulailah membangun personal branding yang baik di media sosial. Gunakan secara aktif dan bagikan konten-konten positif yang menginspirasi. Hindari untuk membagikan hal-hal yang justru dapat menurunkan kredibilitas dirimu sendiri. Biarkan orang lain yang selanjutnya menilai kepribadian yang kamu miliki.

You may also like...

Leave a Reply