Tools Instagram Gratis yang Mempermudah Kamu dalam Online Marketing

Tools Instagram
Tools Instagram Gratis yang Mempermudah Kamu dalam Online Marketing. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Kamu pebisnis online yang sangat mengandalkan Instagram untuk marketing? Atau kamu sedang memulai marketing online dengan memanfaatkan Instagram? Kamu perlu tahu tools Instagram gratis ini untuk memaksimalkan marketing yang kamu lakukan.

Sampai saat ini, Instagram masih menjadi media sosial yang sangat powerful untuk online marketing. Hal ini disebabkan terus bertambahnya pengguna Instagram. Di Indonesia saja, kabarnya sudah ada 99 juta pengguna Instagram. Angka ini setara dengan 35,7 persen penduduk Indonesia.

Sampai kapan Instagram akan begitu populer? Mungkin pertanyaan ini yang ada di benak kamu. Memang berbagai jenis media sosial bermunculan. Misalnya saja TikTok sebagai pendatang baru platform media sosial. Penggunanya semakin bertambah. Akan tetapi, hal tersebut tidak lantas menggeser Instagram. Selalu ada inovasi yang dilakukan agar pengguna IG tidak pindah ke platform lain. Sekarang ada video reels yang mirip dengan fitur video pendek di TikTok. Ini dilakukan oleh pihak Instagram untuk memenuhi keinginan dan ketertarikan jenis konten para pengguna.

Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu masih menggunakan Instagram untuk marketing. Kamu hanya perlu menggunakan tools Instagram marketing agar penggunaan IG semakin optimal. 

Baca juga: 5 Fitur Instagram yang Bisa Dimanfaatkan Agar Produk Laris

7 Tools Instagram Gratis yang Bisa Kamu Andalkan 

Ketika para developer software tahu bahwa banyak pebisnis online yang menggunakan Instagram, mereka berlomba-lomba membuat tool. Tool ini semacam alat yang bisa mempermudah atau menyelesaikan masalah yang dihadapi pebisnis ketika memanfaatkan Instagram marketing.

Berikut ini 7 tools Instagram gratis dan terpercaya yang mungkin kamu sangat butuhkan saat ini:

  1. Linktree 

Ada beberapa pebisnis online yang menggunakan Instagram untuk mendapatkan trafik atau pengunjung. Jadi, fokus utamanya adalah mendapatkan pengunjung sebanyak mungkin. Diharapkan mereka akhirnya suka lalu menjadi follower.

Di sisi lain, ada juga yang sekaligus berjualan melalui akun Instagram. Biasanya, mereka tidak hanya membuat konten marketing yang menarik tapi juga menaruh link penjualan. Pengunjung diarahkan untuk lebih mudah menuju ke tempat jualan online seperti marketplace atau website.

Untuk membuat link tersebut, kamu membutuhkan Linktree. Ini link yang bisa kamu pasang di profit bagian depan Instagram kamu. Orang akan lebih mudah untuk mengunjungi web atau marketplace jualan kamu ketika kamu memasang Linktree. Apalagi jika ada banyak channel penjualan yang kamu miliki, mulai dari Shopee, Tokopedia, website, WhatsApp dan lain sebagainya. Ini semua bisa kamu gabungkan dalam Linktree.

  1. All-Hashtag

Apakah kamu tahu bagaimana cara menjangkau lebih banyak penonton konten Instagram? Salah satu yang sangat mempengaruhi jumlah penonton adalah hashtag. Orang cenderung akan diarahkan oleh Instagram untuk menemukan konten di Instagram dengan hashtag yang sama-sama sering digunakan. 

Untuk itu, kamu perlu melakukan riset hashtag apa yang banyak orang gunakan. Akan lebih baik lagi ketika kamu bisa menemukan hashtag apa yang sering target market kamu gunakan. Dalam hal ini, kamu membutuhkan tools Instagram marketing yang disebut dengan All-Hashtag.

Cara penggunaannya sangat mudah. Kamu hanya perlu memasukkan satu hashtag. Kemudian, kamu akan mendapatkan beberapa hashtag sejenis yang direkomendasikan. Kamu tinggal memilih hashtag apa yang menurut kamu tepat untuk digunakan. Yang pasti, hashtag yang direkomendasikan itu adalah hashtag yang banyak orang gunakan.

  1. Hootsuite

Terkadang, internet marketer itu tidak punya waktu untuk posting. Padahal, mereka tahu waktu yang tepat untuk posting, seperti jam makan siang dan jam makan malam ketika banyak orang scrolling Instagram.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa menggunakan Hootsuit. Ini tools Instagram gratis yang bisa kamu gunakan untuk schedule atau menjadwalkan konten IG kamu. Jadi, kamu hanya perlu siapkan konten lalu jadwalkan kapan masing-masing konten akan posting secara otomatis.

  1. Later.com

Tool Instagram Later.com ini memiliki fungsi yang sama dengan Hootsuite. Kamu bisa menggunakan tool Instagram ini untuk menjadwalkan konten. Tinggal kamu pilih mana yang paling nyaman digunakan, apakah Hootsuite atau Later.com.

  1. Buzzsumo

Ada yang bilang content is a king. Konten itu raja. Pasalnya, konten yang paling menarik itu yang paling potensial di share orang sehingga konten tersebut menjadi viral.

Oleh sebab itu, kamu harus melakukan riset mengenai konten apa yang sedang viral. Lakukan riset menggunakan Buzzsumo. Ini adalah tools Instagram gratis dan terpercaya yang bisa mempermudah kamu untuk menemukan ide konten yang sebaiknya kamu buat.

Konten viral itu terus berubah. Ini tergantung situasi dan kondisi. Sebagai internet marketer, tujuan utama kamu dalam membuat konten adalah bagaimana konten kamu disukai penonton. Semakin banyak like, comment, dan share, semakin potensial juga konten kamu menjadi viral. Jadi, penting sekali untuk dilakukan riset mengenai ide konten apa yang paling disukai oleh target market kamu.

  1. Canva 

Sekarang ini, tidak perlu seorang expert di bidang video atau desain grafis untuk bisa menghasilkan konten yang menarik. Kamu yang mungkin tidak memiliki skill di bidang edit video atau grafis juga bisa. Pasalnya, sekarang sudah ada tools Instagram gratis yang bisa mempermudah proses pembuatan konten IG. Namanya Canva.

Canva ini tools yang menyediakan template desain grafis untuk media sosial seperti Instagram. Dengan adanya template ini, kamu tidak perlu membuat desain konten IG dari nol. Sudah ada desainnya. Kamu hanya perlu melakukan editing saja.

Sekarang fitur Canva sudah ditambah dengan template video reels. Hal ini disebabkan saat ini yang sedang disukai adalah video reels IG. Jadi, kamu tinggal pilih template video lalu edit dengan memasukkan video marketing yang kamu miliki.

  1. Socialblade

Sebagai seorang internet marketer, kamu harus melakukan analisis. Jangan sampai kamu sudah membuat ribuan konten tapi tidak ada peningkatan jumlah pengunjung atau follower. Apalagi sama sekali tidak ada penjualan.

Setelah kamu membuat beberapa konten, kamu harus melakukan analisis. Setidaknya kamu harus mengetahui konten seperti apa yang target market kamu suka, kapan waktu terbanyak konten ditonton, dan lain sebagainya. Dengan analisis ini, ke depannya kamu akan lebih tepat dalam menentukan konten.

Analisis ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan Socialblade. Ada beberapa informasi yang akan ditampilkan oleh tools Instagram gratis ini, seperti tingginya juga penonton, tingkat engagement, penambahan follower, dan lain sebagainya.

Nah, itulah 7 tools Instagram yang wajib kamu ketahui. Kamu tidak perlu menggunakan semuanya. Gunakan saja tool yang sekiranya kamu butuhkan dalam proses internet marketing.

Ada banyak sekali jenis jenis konten Instagram yang bisa kamu buat. Ada konten untuk Story, Feed, Reels, dan Live Video. Kamu bisa membuat konten semacam itu secara bergantian. Kemudian, kamu bisa melakukan analisis sendiri mana jenis konten yang tepat untuk bisnis kamu.

Yang jelas, tools Instagram gratis tersebut memberikan solusi ketika kamu ingin benar-benar memanfaatkan IG untuk berbisnis. Banyak sekali orang gagal dalam menjalankan bisnis online lantaran mereka tidak begitu mampu memanfaatkan media online yang ada, seperti platform Instagram ini. 

Artikel Lainnya