Tips Tingkatkan Daya Saing Bisnis UMKM

UMKM tingkatkan daya saing bisnis
Waktu baca: 3 menit

Hampir sebagian besar masyarakat ingin membuka bisnis untuk menunjang kehidupannya. Namun, mereka merasa belum mampu untuk bersaing akibat dari banyaknya pesaing bisnis yang sudah lebih besar dan menguasai pasar. Selain itu, bisnis yang sudah besar biasanya sudah memanfaatkan teknologi terkini dalam proses produksi. Sebagai contoh, Indomaret akan lebih unggul daripada warung-warung tradisional karena mereka sudah memanfaatkan teknologi yang lebih bagus dalam hal pembayaran.

Sebenarnya, untuk pelaku usaha yang baru atau akan mendirikan bisnis UMKM tidak perlu berkecil hati. Sebab bisnis yang masih kecil bisa berkembang lebih baik daripada bisnis yang sudah besar jika mampu meningkatkan daya saing bisnis. Nah bagi kamu pelaku bisnis UMKM, kamu bisa ikuti tips di bawah ini untuk meningkatkan daya saing bisnis agar mampu bersaing.

Bergerak lebih cepat

Bergerak cepat ikuti kemauan konsumen.
Pebisnis UMKM harus bisa bergerak cepat menyesuaikan kebutuhan konsumen. Photo by Pexels

Keunggulan dari bisnis kecil atau UMKM ialah mereka bisa bergerak lebih cepat daripada perusahaan besar. Bergerak lebih cepat di sini maksudnya bisa menyesuaikan kebutuhan pasar yang berubah dengan cepat. Contohnya, bisnis pakaian yang masih kecil dapat dengan mudah dan cepat menyesuaikan dengan trend terkini. Maka dari itu wajib bagi kamu untuk memahami pasar dengan cepat dan benar agar bisnismu dapat terus melaju.

Lakukan inovasi

Inovasi untuk bersaing dengan kompetitor
Lakukan inovasi untuk bisa bersaing dengan kompetitor. Photo by Pixabay

Inovasi wajib dilakukan oleh pengusaha. Jika tidak, cepat atau lambat bisnis yang dijalankan akan mengalami kerugian. Kamu harus bisa membuat gebrakan baru yang bisa memenuhi kebutuhan konsumen yang selama ini belum ditawarkan oleh bisnis lain. Dengan begitu, bisnismu akan menciptakan tren yang baru, bukan hanya sekadar mengikuti tren saja.

Manfaatkan teknologi yang murah tapi efektif

Sosial media untuk meningkatkan daya saing bisnis
Gunakan media sosial untuk membantu promo bisnismu. Photo by Pexels

Jika dilihat dari modal, sudah pasti bisnis kecil akan kalah dengan bisnis besar dalam hal memanfaatkan teknologi. Namun, jangan berkecil hati. Saat ini sudah banyak teknologi yang murah bahkan gratis yang bisa dimanfaatkan, salah satunya ialah pemasaran melalui media sosial. Selain media sosial, kamu juga bisa memanfaatkan website marketplace agar lebih kredibel dan dipercaya oleh konsumen. Dengan go digital, bisnismu sudah siap untuk bersaing.

Perlakukan pelanggan dengan baik

Jaga hubungan baik dengan pelanggan
Jaga hubungan yang baik dengan pelanggan. Photo by @squareinc

Pelanggan adalah sumber penghasilan dari bisnis yang kamu jalankan. Maka dari itu, kamu perlu meperlakukan pelanggan dengan baik agar bisa bertahan atau bahkan meningkat. Dengan begitu, penghasilanmu bisa bertambah. Salah satu cara memperlakukan pelanggan dengan baik ialah layani mereka dengan profesional. Perhatikan kepuasan pelanggan. Dengan begitu, bisnismu bisa terjamin ke depannya.

Selain itu, kamu juga bisa meminta kritik dan saran dari pelangganmu. Hal itu dilakukan agar bisnismu bisa berkembang sesuai dengan keinginan pasar dan bisa menjaga hubungan baik dengan mereka.

Belajar manajemen bisnis

Pelajari ilmu manajemen
Pelajari ilmu manajemen bisnis untuk mendukung perkembangan bisnis yang kamu jalankan. Photo by Pixabay

Tidak ada kata terlambat dalam belajar suatu hal, apalagi yang menunjang bisnismu ke depannya. Salah satu skill yang harus dipelajari ialah manajemen bisnis, yang mencakup beberapa hal seperti manajemen sumber daya manusia, keuangan, pemasaran, produksi, dan informasi. Dengan mempelajari manajemen bisnis, kamu bisa merencanakan jalannya bisnismu agar bisa berhasil mencapai tujuan.

Memang untuk melakukan hal di atas, butuh waktu dan ketekunan yang lebih. Namun, perlu diingat, dengan meningkatnya daya saing yang kamu ciptakan, maka semakin besar peluang bisnismu memenangkan persaingan pasar. Semoga dapat menjadi tips yang bermanfaat buat para pebisnis untuk mengembangkan bisnisnya.

You may also like...

Leave a Reply