Tips Mempunyai Gaya Hidup Sehat di Kantor

Gaya hidup sehati di kantor
Waktu baca: 3 menit

Sebagai karyawan kantoran, sudah pasti kamu diharuskan untuk sering duduk mengerjakan pekerjaanmu seharian. Setidaknya, kamu menghabiskan waktu sekitar 8-9 jam setiap harinya untuk menyelesaikan pekerjaan di kantor. Meskipun saat ini sudah banyak perusahaan yang menerapkan sistem jam kerja fleksibel, namun kamu harus tetap diwajibkan untuk berhadapan dengan layar komputer selama berjam-jam. Oleh karena itu kamu akan sulit menjalani gaya hidup yang sehat.

Sebenarnya bisa saja kamu menjalani gaya hidup sehat itu dengan berolahraga saat pagi hari atau malam hari sepulang dari kantor. Tapi, hal itu pasti sulit dijalankan, apalagi saat pulang kantor ingin segera buru-buru pulang untuk istirahat.

Seharusnya, kesibukan jangan jadi penghambatmu untuk menjalankan gaya hidup sehat. Selain berolahraga, kamu bisa menemukan banyak cara untuk menjadi sehat di antaranya bisa melalui asupan makanan dan kebiasaan-kebiasaan kecil di kantor. Berikut beberapa hal yang bisa kamu terapkan agar bisa menjalani gaya hidup sehat di kantor seperti yang dilansir dari Forbes.

Makanlah makanan yang bergizi

Makanan sehat agar menjalani gaya hidup sehat di kantor.
Kamu harus mengonsumsi makanan sehat atau biasa disebut clean food. Photo by @jeztimms

Sebagai pekerja kantoran, kamu jangan suka makan junk food. Walaupun terkesan lebih praktis, tapi hal itu malah membuatmu makin tidak sehat. Lebih baik kamu makanlah makanan yang bergizi. Apalagi ada istilah “kamu adalah apa yang kamu makan” yang artinya segala hal yang masuk ke tubuhmu pasti akan mempengaruhi kondisi fisikmu. Jika kamu benar-benar meresapi istilah tersebut, maka pasti kamu akan menjalankan gaya hidup sehat di kantor.

Penerapannya cukup mudah, kamu hanya perlu makan makanan yang bergizi seimbang dan tidak berlebihan. Makanan dengan gizi seimbang seharusnya memenuhi beberapa unsur di antaranya karbohidrat, protein, serat, dan vitamin. Selain itu, makan juga harus secukupnya, intinya jangan terlalu berlebihan agar berat badanmu juga terjaga.

Selain membuat kamu sehat, makan yang bergizi juga bisa bikin kamu makin irit kalau di bawa dari rumah. Kelebihannya, bekal menunya bisa kamu kreasikan sendiri dan yang pasti kebersihannya lebih terjaga.

Baca juga: Cara Seimbangkan Hidup dan Karier Agar Tidak Alami Burn Out

Perhatikan apa yang kamu minum

Minum air putih
Perbanyak minum air putih agar bisa menjalani gaya hidup sehat. Photo by Pixabay

Selain makanan, minuman yang kamu konsumsi juga penting untuk diperhatikan karena bisa mempengaruhi kondisi kesehatanmu. Jangan terlalu banyak mengonsumsi minuman yang mengandung gula. misalnya pagi hari minum kopi manis, siangnya minum es teh manis lalu sorenya minum minuman kemasan. Karena terlalu banyak jumlah gula yang masuk ke tubuhmu, hal ini bisa menambah risiko terkena diabetes akan semakin tinggi.

Maka dari itu, sebaiknya kamu minum manis secukupnya, sehari satu kali saja cukup. Jangan lupa minum air mineral dan jangan sampai dehidrasi.

Perbanyak bergerak

Duduk di kursi
Jangan terlalu sering duduk saat di kantor. Photo by Pexels

Kebiasaan terlalu lama duduk menjadi salah satu kebiasaan yang buruk untuk kesehatan. Berbagai penyakit berbahaya bisa muncul akibat dari kebanyakan duduk di antaranya diabetes, jantung, dan hipertensi. Dikutip dari Forbes, kebanyakan duduk lebih dari 30 menit bisa mengakibatkan metabolisme melambat hingga 90 persen. Sementara, jika duduk lebih dari dua jam, maka akan membuat kolesterol baik berkurang sebesar 20 persen.

Maka dari itu, agar kamu lebih sehat maka bergeraklah setiap setelah 60 menit duduk. Selain meregangkan otot, matamu juga bisa kembali jadi fresh setelah menatap layar komputer dalam waktu yang cukup lama.

Manfaatkan teknologi yang ada

Memanfaatkan teknologi
Manfaatkan teknologi untuk memantau kondisimu saat di kantor. Photo by Pixabay

Demi mendukung gaya hidup sehat di kantor, kamu perlu memaksimalkan teknologi yang kamu punya. Kini, sudah banyak aplikasi di smartphone yang bisa membantu mengukur jumlah kalori yang kamu makan. Atau, kamu bisa menambahkan salah satu teknologi yang saat ini sedang tren yaitu smartwatch yang bisa menghitung berapa langkah kaki kamu dan tekanan jantungmu saat itu juga.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan di kantor. Hidup sehat adalah investasi terbesar di masa depan. Jangan jadikan keterbatasan waktu sebagai penghalang untuk hidup sehat agar kamu gak menyesal kemudian.

You may also like...

Leave a Reply