Tips Membuat Tulisan Promosi yang Menarik di Medsos

Tips membuat tulisan promosi yang menarik.
Tips membuat tulisan promosi yang menarik. Photo by @willfrancis
Waktu baca: 3 menit

Salah satu alasan mengapa penjualan produkmu di sosial media tidak meningkat bisa jadi karena tulisan promosi atau caption tidak menarik. Untuk kamu yang hingga saat ini masih merasa bingung untuk membuat tulisan promosi yang menarik, maka berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kami berikan. 

Riset hal yang membuat konsumen tertarik

Riset untuk bisnis hijab
Lakukan riset untuk beberapa hal yang menarik pelanggan. Photo by @dandimmock

Salah satu hal yang harus dilakukan sebelum membuat caption untuk produk yang kamu miliki adalah melakukan riset. Perlu diketahui, setiap produk memiliki target pasar yang berbeda-beda. Dengan target pasar yang berbeda-beda ini membuat audience dan calon konsumen memiliki ketertarikan yang berbeda-beda. 

Untuk membuat konsumen lebih tertarik dengan lebih mudah menemukan produk bisnismu di sosial media, salah satu hal yang harus dilakukan adalah membuat caption yang menarik untuk calon konsumen. Jika kamu berhasil membuat konten yang sesuai dengan konten yang menarik untuk audience, maka tidak perlu melakukan banyak usaha untuk ditemukan secara otomatis oleh calon konsumen secara organik. 

Lebih baik buat caption yang singkat 

Inilah usaha rumahan modal kecil.
Buat caption singkat. Photo by Pixabay

Hal lain yang harus diperhatikan ketika ingin membuat caption promosi di sosial media adalah menjaga caption agar tetap singkat. Banyak orang yang membuat pernyataan bahwa caption yang baik biasanya memiliki karakter antara 138 karakter hingga 150 karakter. Akan tetapi ada juga yang berpendapat bahwa makin pendek caption yang kamu miliki, maka akan makin impactfull.

Buat internal link di caption

Buat internal link berupa hashtag. Photo by @garybpt

Tulisan promosi yang menarik juga bisa dibuat dengan memberikan internal link di halaman media sosialmu. Internal link dalam sosial media ini bisa dilakukan dengan memberikan hashtag di postinganmu. Hashtag adalah sebuah link yang akan membantu konsumen untuk menemukan produk serupa dengan posting yang kamu berikan. 

Memberikan internal link ini merupakan salah satu hal yang penting ketika kamu akan menggunakan media sosial sebagai media promosi. Hal ini disebabkan karena kamu bisa menghubungkan post satu dengan post yang lain untuk memudahkan belanja konsumen. 

Contohnya hari ini kamu membuat posting mengenai pemesanan salah satu produk dan memberikan hashtag. Besoknya, kamu bisa memberikan informasi mengenai review dari produk yang sudah diposting sebelumnya. 

Untuk memudahkan konsumen mengenai cara pemesanan atau untuk menemukan posting asli untuk promosi dan penjualan produk milikmu bisa memberikan link berupa hashtag yang sama dengan hashtag yang sudah diberikan dalam posting sebelumnya. 

Menggunakan internal link akan sangat membantu konsumen untuk menemukan ragam variasi yang disediakan untuk sebuah produk. Intinya, makin mudah konsumen menemukan informasi mengenai produk yang mereka inginkan, maka akan makin baik untuk brand milikmu. 

Pastikan ejaanmu benar

Tulisan promosi yang menarik
Pastikan ejaan benar. Photo by Pexels

Hal terakhir yang harus diperhatikan saat akan membuat caption untuk postingan adalah mengenai ejaan yang akan kami gunakan. Ejaan yang digunakan untuk membuat caption sangat penting. Hal ini digunakan untuk memastikan brand dikelola oleh orang yang profesional dan cerdas. Jika menggunakan ejaan yang salah pada caption, maka kamu sendiri akan malu dan membuat konsumen kurang yakin dengan profesionalitas dan brand milikmu. 

Baik kamu akan menggunakan Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia semua ejaan harus diperhatikan. Jika kamu menggunakan admin untuk membuat tulisan promosi yang menarik, maka juga harus pastikan admin akun media sosialmu adalah admin yang memiliki pendidikan yang cukup baik. 

Demikian tips membuat tulisan promosi yang menarik di media sosial milikmu. Dengan begitu, produkmu bisa dikenal banyak orang dan bisa menambah pelanggan.

Mungkin Anda juga menyukai