Tips Hemat Mudik Lebaran Meskipun Pakai Kendaraan Pribadi

Tips Hemat Mudik Lebaran
Tips Hemat Mudik Lebaran Meskipun Pakai Kendaraan Pribadi. Photo by @deffyall
Waktu baca: 3 menit

Kamu berencana untuk mudik menggunakan kendaraan sendiri? Jangan khawatir dengan biaya. Ikuti tips hemat mudik lebaran berikut ini agar kamu tidak perlu menghabiskan isi tabungan hanya untuk pulang berlebaran di kampung halaman.

Banyak orang yang menganggap mudik pakai kendaraan pribadi itu boros. Harus ada budget khusus mulai dari BBM, tol jika menggunakan jalan tol, biaya untuk parkir, dan lain sebagainya. 

Belum lagi biasanya menggunakan mobil pribadi itu lebih lama daripada menggunakan kereta atau bahkan pesawat. Itu artinya ada biaya tambahan yang harus disiapkan, yaitu biaya untuk membeli makanan saat perjalanan.

Memang hitung-hitungannya seperti itu. Dan ada kemungkinan biaya mudik itu besar sekali. Namun, dengan menerapkan tips hemat mudik lebaran berikut ini, kamu bisa benar-benar berhemat lho. 

Tidak percaya?

Mengapa Mudik Pakai Kendaraan Pribadi Lebih Boros

Sebelum membahas mengenai cara hemat mudik lebaran, tahukah kamu apa yang membuat biaya mudik pakai mobil sendiri boros? Ternyata, penyebab itu satu. Atau setidaknya faktor yang benar-benar menyebabkan borosnya biaya mudik itu satu, yaitu persiapan yang kurang matang.

Mungkin kamu sudah pernah mudik pakai mobil sendiri di tahun-tahun lalu. Kamu juga sudah menyiapkan semua hal. Tapi, mengapa masih boros? Jika masih boros, itu artinya kamu tidak melakukan persiapan dengan sebaik mungkin.

Kebanyakan biaya tak terduga yang harus dikeluarkan saat mudik itu disebabkan kurangnya persiapan sebelum melakukan perjalanan. Misalnya saja lupa membawa makanan untuk dimakan di perjalanan. Ini yang menyebabkan kamu harus berhenti dan membeli makanan di luar. Jelas boros, kan? 

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu mempelajari tips hemat mudik lebaran. Kuncinya adalah persiapan matang. Itu saja.

Persiapan Matang agar Mudik Lebaran Lebih Hemat

Lalu, persiapan seperti apa yang harus dilakukan agar lebih hemat saat mudik lebaran? Setidaknya berikut hal yang perlu kamu lakukan:

  1. Cek Kondisi Kendaraan 

Persiapan pertama dan utama tentunya saja terkait dengan kondisi kendaraan yang akan kamu bawa mudik. Apakah kondisinya baik? Kamu perlu cek dulu kondisi aki. Pasalnya, seringkali mobil mogok karena aki yang sudah tua. Dan kamu pasti bisa tebak berapa harga aki ketika kepepet di jalan harus ganti aki. Apalagi waktu mudik. Sudah bisa dipastikan harganya naik.

Cek juga kondisi ban. Jika ban sudah botak, ganti dengan yang baru. Cek kondisi mesin secara keseluruhan agar tidak terjadi masalah saat perjalanan mudik.

  1. Jaga Kondisi Fisik

Tips hemat mudik lebaran berikutnya adalah bahwa kamu harus pastikan kondisi fisik sehat. Ingat. Kamu menyetir sendiri. Jika kondisi fisik kurang bagus, perjalanan bisa lebih lambat dari biasanya. Ketika kamu tidak sehat, kemungkinan akan lebih mudah cepat lelah lalu akhirnya sering berhenti. Semakin lama di perjalanan, semakin banyak biaya yang harus kamu keluarkan. 

Oleh sebab itu, 1 minggu sebelum mudik, ada baiknya kamu olahraga ringan dulu. Hindari kerja sampai larut malam. Atur waktu tidur. Ini yang akan membuat tubuh kamu fit dan siap untuk mudik menggunakan mobil sendiri.

  1. Bawa Bekal dari Rumah

Kira-kira, apa yang membuat kamu boros saat mudik? Jawabannya adalah makanan. Untuk itu, ada baiknya kamu bawa bekal dari rumah.

Tentu tidak semua jenis makanan dijadikan bekal. Pilih makanan yang bisa disajikan saat perjalanan seperti mie gelas. Dengan hanya menyeduh menggunakan air panas, ini bisa jadi makanan yang cukup mengenyangkan.

Bawa juga bekal berupa minuman. Siapkan botol yang besar untuk air putih. Daripada membeli air mineral saat perjalanan, akan sangat hemat jika kamu bawa sendiri dari rumah.

Begitu juga dengan snack atau makanan ringan lainnya. Siapkan dan bawa dari rumah karena snack di toko dekat rumah jauh lebih murah dibandingkan kamu beli di minimarket saat perjalanan mudik.

  1. Cari Waktu yang Tepat 

Kemacetan membuat BBM lebih boros. Belum lagi jika kemacetan sampai panjang. Ini membuat kamu lelah lalu akhirnya menepikan mobil. Kamu mulai cari tempat makan. Dan itu artinya kamu harus keluar lebih banyak lagi budget untuk mudik.

Untuk itu, salah satu tips hemat mudik lebaran adalah mencari waktu yang tepat. Tujuannya apa? Agar kamu tidak terkena kemacetan yang panjang. Misalnya saja kamu memulai perjalanan jam 3 pagi menjelang subuh. Biasanya, jalanan masih sangat lengang pada saat itu.

Baca juga: Ini 4 Kebiasaan yang Bikin Mobilmu Boros Bahan Bakar

  1. Cari Jalur yang Kemungkinan Tidak Macet

Selain waktu yang tepat, cari juga jalur yang kemungkinan tidak macet. Kamu bisa cek dulu kemacetan jalan melalui aplikasi Google Map.

  1. Bergantian Menjadi Driver 

Perjalanan yang terlalu lama cenderung akan membuat kamu merogoh kocek lebih dalam. Kok bisa? Tentu saja bisa. Bayangkan saja ketika perjalanan harus ditempuh selama 2 hari, maka kamu harus istirahat. Kamu harus membeli makan di jalan. Itu kan bisa membuat kamu boros.

Agar perjalanan lebih cepat, kamu bisa bergantian dengan pasangan untuk menyetir. Saat pasanganmu menyetir, kamu bisa tidur sebentar. Lalu, kamu ganti yang menyetir lagi. Dengan tidak terlalu sering dan tidak terlalu lama berhenti, perjalanan mudik akan jauh lebih singkat. Dan kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang di perjalanan mudik lebaran nanti.

Menurut kamu, apakah tips hemat mudik lebaran layak untuk dicoba? Silakan coba dan buktikan sendiri. Yang pasti, mudik dengan kendaraan pribadi jauh lebih nyaman karena lebih fleksibel untuk menentukan kapan mulai perjalanan atau mau lewat jalur yang mana. Antisipasi boros dengan cara menerapkan tips tersebut di atas.

Mungkin Anda juga menyukai