5 Cara Dapat Testimoni Pembeli untuk Strategi Pemasaran Bisnismu

testimoni pembeli
5 Cara Dapat Testimoni Pembeli untuk Strategi Pemasaran Bisnismu. Photo by Pexels
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Dalam menjalankan bisnis, tentu butuh menjalankan strategi pemasaran agar bisnismu bisa lebih dikenal dan memiliki banyak pelanggan. Salah satu strategi yang kerap digunakan ialah testimoni pembeli.

Testimoni dari pembeli bisa dikatakan sangat penting untuk pemasaran karena itu menjadi penilaian cepat dari calon pelanggan yang baru melihat produkmu.

Jika pelanggan baru melihat testimoni yang positif, tentu mereka akan makin yakin untuk beli. Dan sebaliknya, jika melihat testimoni yang negatif, tentu pelanggan baru akan pergi tanpa melihat jenis produk yang dijual atau ditawarkan.

Cara Dapat Testimoni Pembeli

testimoni pembeli
Cara dapat testimoni pembeli. Photo by @jontyson

Untuk mendapatkan testimoni, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Dimulai dari pendekatan secara langsung atau dengan cara lain seperti memberikan hadiah tertentu kepada pelanggan yang memberikan testimoni positif.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya di bawah ini ya TemanKlik!

Baca juga: Strategi Bisnis untuk Meningkatkan Omset Usaha Kecil di 2021

  • Hubungi pembeli
menghubungi keluarga saat ada masalah keuangan saat liburan
Hubungi pembeli. Photo by Pixabay

Agar bisa memperoleh testimoni dari pelanggan, kamu bisa melakukannya dengan cara menghubungi pembeli secara langsung. Kamu bisa langsung menghubungi pembeli sesaat setelah mereka selesai melakukan transaksi atau membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Testimoni yang diminta bisa dalam bentuk apa saja, seperti komentar singkat berisi apresiasi atau kritikan, hingga data dari survei singkat yang diisi pembeli. Untuk menghubunginnya, bisa melalui media kontak yang digunakan untuk transaksi, misalnya WhatsApp atau email.

  • Masukan kolom review di website
testimoni pembeli
Masukkan kolom review di website. Photo by Pexels

Selain menghubungi pembeli, kamu juga bisa menyiapkan kolom review di website yang bisa diisi oleh pembeli. Dengan begini, pembeli bisa kapan saja memiliki waktu luang untuk menyampaikan testimoni terkait produk.

  • Buat konten di media sosial
Buat konten di media sosial. Photo by @katerinapavlickova

Hampir dapat dipastikan bahwa semua jenis usaha pasti memiliki media sosialnya sendiri. Hal itu digunakan untuk menjangkau lebih banyak pembeli. Selain itu, media sosial juga bisa digunakan untuk mengumpulkan testimoni.

Kamu bisa menggunakan berbagai fitur interaktif di media sosial untuk dapat testimoni. Kamu juga bisa mengemas konten untuk mengajak pembeli menceritakan pengalaman berbelanja mereka di tempatmu.

  • Berikan reward untuk pembeli yang memberikan testimoni positif
testimoni pembeli
Berikan reward. Photo by Pixabay

Untuk memancing antusiasme, kamu bisa menawarkan reward atau hadiah khusus bagi pelanggan yang memberikan testimoni positif. Reward ini bisa dalam bentuk apa saja yang penting bisa menarik pelanggan untuk memberikan testimoni. Contohnya seperti voucher belanja, cashback, diskon, hingga giveaway salah satu produkmu.

  • Tanggapi testimoni negatif
Jaga hubungan dengan customer.
Tanggapi testimoni negatif. Photo by Rawpixel

Tidak ada yang menjamin bahwa pembeli akan memberikan testimoninya dengan positif. Pasti ada yang memberikan testimoni negatif. Jika kamu mendapatkan testimoni tersebut, tanggapi dengan ramah dan tetap profesional. Tanyakan apa kekurangannya sehingga ke depan kamu bisa memperbaiki kekurangan tersebut.

Baca juga: 7 Cara Menangani Komplain Pelanggan dengan Tepat

Begitu testimoni pembeli sudah didapatkan, segera lanjutkan strategi pemasaran berikutnya. Jangan ragu juga untuk mengembangkan bisnismu jadi lebih baik. Selamat mencoba TemanKlik!


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai