Tak Harus Boros, Inilah Tips Hemat Selama Puasa

Tips agar hemat selama puasa
Waktu baca: 2 menit

Bulan puasa telah tiba sehingga sudah waktunya bagi umat muslim untuk menjalani ibadah puasa. Selama menjalani puasa, bukan hanya mental dan spiritual saja yang harus disiapkan. Namun, masalah finansial juga harus dipersiapkan dengan baik. Pasalnya, selama puasa biasanya pengeluaran membengkak. Apalagi, banyak jajanan yang dengan mudah bisa ditemukan di pinggir jalan. Belum lagi kalau mendapat ajakan dari teman dan kerabat untuk buka bersama.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengatur keuangan agar bisa hemat selama puasa berlangsung. Memang akan sedikit susah dalam mengatur keuangan, pasalnya terkadang ada saja biaya mendadak yang memang harus dikeluarkan ditambah biasanya harga sembako saat memasuki bulan puasa akan meningkat dan puncaknya akan terjadi pada mingggu terakhir.

Maka dari itu agar kamu tidak boros, berikut tips hemat selama puasa:

Belanja kebutuhan untuk satu bulan ke depan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, biasanya harga sembako pada bulan puasa akan merangkak naik. Kenaikan itu sudah pasti akan berbanding lurus dengan biaya pengeluaran bulananmu. Maka dari itu, agar bisa hemat selama puasa, kamu harus belanja bahan-bahan dan kebutuhan pokok untuk sebulan ke depan. Namun, jika tidak terbiasa belanja bulanan, kamu bisa belanja mingguan dan jangan lupa untuk membawa catatan belanja. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan promo-promo yang tersedia.

Buat menu makanan selama bulan puasa

Jangan lupa untuk menyusun menu yang akan dihidangkan selama bulan puasa berlangsung agar biaya pengeluaran dapat terkontrol dengan baik. Pastikan menu makanan itu beragam untuk memberikan variasi. Atur menu-menu yang akan disajikan di rumah agar tidak cepat bosan dan tetap menjaga keseruan buka puasa dan sahur di rumah.

Atur jadwal buka puasa di luar

Sudah jadi hal yang lazim saat menjalani bulan puasa, kamu akan mendapat ajakan buka bersama dari teman kerja, teman kecil, teman semasa sekolah, bahkan keluarga besar. Namun, alangkah baiknya kamu jangan terlalu sering untuk buka puasa di luar, pasalnya biaya yang dikeluarkan biasanya lebih besar. Tipsnya, kamu bisa mengatur jadwal buka puasa di luar dan usahakan untuk memilih makanan sesuai dengan budget yang kamu miliki. Lebih baik lagi, jika buka bersama diadakan di rumah salah satu temanmu, maka dipastikan bisa menekan biaya pengeluaran.

Baca juga: Perhatikan Hal-Hal Ini untuk Gerakan Hemat 2019

Bawa bekal jika terpaksa lembur di kantor

Jangan malu untuk membawa bekal ke kantor jika dipastikan akan lembur hingga malam. Cukup bawa makanan yang tahan lama seperti roti, kurma, atau makanan ringan yang kira-kira bisa mengganjal perut selama lembur di kantor. Sebuah keuntungan jika kantormu juga menyediakan ta’jil hingga makanan berat untuk karyawannya yang sedang lembur.

Jangan mudah tergoda untuk jajan

Banyaknya jajanan selama bulan puasa jangan membuat kamu kalap, kamu harus tetap fokus untuk hemat selama puasa.
Jajanan yang tersedia saat bulan puasa banyak jenisnya. Photo by pexels.com

Selama bulan puasa, dipastikan banyak pedagang jajanan dadakan yang ada di pinggir jalan. Bahkan, di gang-gang yang sempit pun biasanya ada yang jualan jajanan, entah itu ta’jil atau bahkan makanan berat. Maka dari itu, kamu harus mengendalikan diri untuk tidak mudah tergoda jajan.

Selalu ingat bahwa puasa juga melatih kita untuk hemat

Puasa harus dilakukan dengan niat yang baik dan jangan lupa untuk menjaga diri dari hal-hal yang membatalkan puasa. Selain itu, puasa juga bisa dikatakan jadi ajang melatih kamu untuk mengatur keuanganmu agar lebih hemat dan stabil setelah puasa berlalu.

You may also like...

Leave a Reply