3 Manfaat Tabungan Pendidikan Anak dan Tips Menyiapkannya

Tabungan Pendidikan Anak
3 Manfaat Tabungan Pendidikan Anak dan Tips Menyiapkannya. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Setiap orang tua pasti ingin merancang masa depan anaknya sebaik mungkin. Terutama dalam hal pendidikan, mereka pasti ingin memberikan support yang terbaik. Untuk itu, tabungan pendidikan anak penting disiapkan. Kenapa begitu?

Tabungan pendidikan merupakan simpanan dana untuk membiayai pendidikan anak di masa mendatang. Di mana kita tahu, biaya pendidikan sekarang ini semakin mahal. Jika tidak disiapkan, bisa saja dapat memberatkan ke depannya.

Manfaat Memiliki Tabungan Pendidikan Anak

Tidak memikirkan tabungan dan investasi.
Manfaat memiliki tabungan pendidikan untuk anak. Photo by Pexels

Tak dipungkiri, biaya pendidikan sekolah anak tidaklah sedikit. Besar biaya ini bahkan selalu bertambah setiap tahunnya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memiliki tabungan dana pendidikan anak. Apalagi dengan pentingnya manfaat berikut ini:

  • Jaminan Biaya Saat Dibutuhkan

Biaya sekolah dari tahun ke tahun semakin tinggi. Kalau kamu tidak menyiapkan semua sejak awal, tanggungan biayanya pasti akan berat. Karena itu, tabungan pendidikan anak penting dimiliki secepat mungkin.

Karena dengan begitu, dana pendidikan anak ke depannya dapat terjamin. Orang tua pun tidak akan terlalu terbebani. Dan anak bisa mendapat sekolah terbaik.

  • Persiapan Untuk Pendidikan Anak yang Lebih Tinggi

Semua orang tua pasti ingin pendidikan anaknya sampai ke jenjang lebih tinggi. Tapi kenyataannya, masalah biaya kerap menjadi kendala. Untuk itu, tabungan pendidikan ini bisa dijadikan solusi mendatang. Sebab dana sudah dipersiapkan, sehingga soal masalah biaya kedepannya dapat diminimalisir.

  • Minim Risiko

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Bisa saja apa yang kini sudah kamu rancang untuk pendidikan anak terkendala. Tapi dengan menabung di bank, setidaknya dana untuk pendidikan itu bisa aman.

Baik menabung di rekening biasa atau khusus tabungan anak, keduanya minim risiko. Jadi uang itu akan terjamin untuk kebutuhan anak nantinya.

Baca juga: Ketahui! Ini 5 Tips Memilih Tabungan Anak Terbaik di Indonesia

Tips Mempersiapkan Tabungan Pendidikan Anak

Asuransi pendidikan bisa menjadi pilihan untuk persiapkan dana pendidikan untuk anak.
Tips mempersiapkan tabungan pendidikan anak. Photo by Pixabay

Secara umum, menabung dana pendidikan anak dapat dilakukan di mana saja. Namun yang terbaik, sebaiknya bukalah rekening tabungan di bank. Selain itu, perhatikan juga beberapa tips mempersiapkannya berikut ini:

  • Perkirakan Sejak Awal Kebutuhan Biaya Pendidikan

Tips pertama, hitunglah kira-kira anggaran awal yang diperlukan. Dengan begitu, kamu bisa tahu berapa target dana yang harus terkumpul.

Hal ini memang tidak mudah mengingat biaya pendidikan yang selalu berubah setiap tahunnya. Tetapi kamu bisa memulainya dengan mencari tahu data biaya saat ini. Seperti untuk uang pangkal, SPP, buku, seragam dan lainnya.

Selanjutnya kamu bisa kalkulasikan nilainya itu di masa mendatang. Dari situlah kamu bisa memperhitungkan berapa uang yang perlu ditabung setiap bulannya.

  • Buka Tabungan Untuk Pendidikan Anak Sedini Mungkin

Tidak perlu menunggu waktu tertentu untuk membuka tabungan ini. Akan lebih baik bila kamu memulainya sedini mungkin. Semakin cepat semakin baik.

Karena dengan begitu, dana pendidikan anak dapat lebih siap dipakai. Kamu pun tidak perlu terlalu mengkhawatirkan hal itu nantinya. Yang penting diperhatikan adalah pilih tabungan pendidikan yang tepat dan terbaik.

  • Ikut Libatkan Anak Dalam Membuat Rencana

Sejatinya, tabungan ini dibuat demi masa depan anak. Untuk itu, jangan lupa ikut libatkan ia dalam perencanaannya. Tanyakanlah pada anak tentang minat yang disukai. Lalu lakukan riset biaya pendidikan sesuai minatnya tersebut.

Selain itu, ajari juga anak agar menyisihkan uangnya untuk ditabung. Berikan ia pemahaman tentang komitmen menabung demi rencana masa depannya.

  • Lakukan Penghematan

Menyisihkan penghasilan untuk ditabung memang bagus. Tapi akan lebih bagus lagi jika kamu mengubah gaya hidup lebih hemat.

Seperti tidak merayakan ulang tahun anak besar-besaran. Juga membatasi uang jajan serta pembelian barang yang tidak begitu diperlukan. Meski terlihat sepele, tapi ini dapat sangat membantu orang tua tidak keberatan menabung.

Baca juga: 3 Tips Cerdas Mencegah Masalah Keuangan dalam Rumah Tangga

  • Lakukan Evaluasi Keuangan

Maksudnya ialah periksa kembali kondisi keuangan yang kamu miliki sekarang. Berapa besar penghasilan yang didapat per bulan. Lalu berapa uang yang harus disisihkan untuk tabungan pendidikan anak. Keduanya perlu disesuaikan.

Pastikan uang yang kamu sisihkan itu tidak menyebabkan pengeluaran lainnya terganggu. Jangan sampai karena untuk ditabung, keperluan lain jadi terabaikan. Kamu harus memperhitungkannya dengan tepat.

Jadi, sudahkah kamu mempersiapkan tabungan pendidikan anak? Dengan tabungan ini, ada banyak keuntungan mendatang yang bisa didapat. Jadi kamu tidak perlu ragu. Yang terpenting, kamu harus disiplin selama menabungnya.

Mungkin Anda juga menyukai