Sudah Cukupkah Tabunganmu untuk Liburan Akhir Tahun?

Liburan Akhir Tahun via kathysisson.com
Waktu baca: 3 menit

Bagi Teman Klik yang mempunyai rutinitas yang super duper padat, liburan panjang seperti momen liburan akhir tahun tentunya adalah hari-hari yang kamu tunggu. Liburan kemanapun bakal bikin happy. Ditambah jika kamu liburan bersama pasangan, keluarga, atau sahabat, bakalan jadi momen yang tak terlupakan.

Nah, momen liburan akhir tahun tinggal sebentar lagi, kamu sudah siap-siap belum? Yang belum keep calm, relax, nggak perlu panik. Kali ini kami akan memberikan tips mempersiapkan akhir tahun untukmu yang baru banget mempersiapkan liburan atau bahkan belum sama sekali persiapan.

Nah, tips yang akan kami berikan kali ini terkhusus agar kantong kamu nggak jebol. Ya tahu lah ya, akhir tahun adalah puncak-puncaknya orang-orang berlibur jadi semua kebutuhan liburan jadi lebih mahal dari biasanya.

 

Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun

Jadi kemana liburan akhir tahun ini? via pixabay.com

Jadi kemana liburan akhir tahun ini? via pixabay.com

1. Tentukan Tanggal Liburan

Nah, pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah menentukan waktu liburan. Tentukan kapan kamu berangkat dan berapa lama kamu akan liburan. Ini sangat penting dikarenakan biaya transportasi dan akomodasi akan berbeda harga jika berbeda tanggal. Bila kamu beli tiket hotel dan pesawatnya dadakan, dijamin kamu bakalan kelabakan. Ya, gimana nggak kelabakan harga tiket dan hotel sudah pasti akan mahal. Belum lagi jika kamu kehabisan tiket, liburanmu terancam kandas. So, ya untuk itu tentukan waktu liburanmu sekarang. Ambilah kalender dan sesuaikan dengan cuti dan hari libur kantor.

2. Tentukan Tujuan Wisata

Agar liburanmu seru, pastikan kamu memilih tempat wisata yang asik. Kamu bisa melakukan riset sederhana untuk menentukan tujuan wisata, bisa dengan browsing di internet, menelusuri foto-foto kece dari travel blogger di Instagram atau dengan cara tradisional yaitu bertanya atau berkonsultasi dengan teman atau keluarga.

Oiya, dalam menentukan lokasi wisata ini pastikan juga sesuai dengan minatmu ya! Sebagai contoh kamu sangat menyukai pantai, kamu suka snorkling, atau gunung yang akrab dengan suasana sejuk pegunungan nan hijau. Jangan lupa untuk tetap berpikir secara rasional dalam menentukan lokasi wisatanya ya! Jika kamu memiliki dana lebih, kamu bisa memilih lokasi wisata yang agak jauh dari tempat tinggalmu. Tetapi jika budget mu minim carilah lokasi wisata terbaik yang tidak terlalu jauh dari rumah untuk menghemat budget perjalanan.

3. Susun Perencanaan Keuangan Perjalanan

Setelah kamu menentukan tanggal keberangkatan, kepulangan, lamanya liburan, dan lokasi wisata yang ingin kamu tuju. Selanjutnya kamu harus menyusun rencana budget perjalanan yang dibutuhkan. Kamu harus mulai merincikan dimulai dari biaya tiket perjalanan, biaya akomodasi, konsumsi, tiket masuk wisata, sampai dengan budget untuk oleh-oleh.

Baca juga: Liburan Murah Tapi Tetap Seru? Ini Dia 4 Kuncinya!

Jangan lupa untuk memperhitungkan biaya tak terduga yang mungkin saja terjadi selama perjalanan.
Selain itu, usahakan tidak melebihi total anggaran piknik yang sudah ditentukan. Hal ini sangat penting agar kamu ngga kelimpungan karena kekurangan dana pasca liburan.

4. Eksekusi Sekarang Juga, Jangan Tunda!

Mengingat waktu liburan yang tinggal sebentar lagi, segera eksekusi rencanamu. Mulailah menyusun anggaran, memesan tiket pesawat dan hotel sampai dengan mempersiapkan peralatan selama perjalanan seperti tas, baju berlibur, dan lain-lain.

Jangan lupa juga untuk tetap menjaga kesehatan ya. Jangan sampai pas nanti mau berangkat liburan kamu malah sakit. Bisa-bisa liburan indahmu hanya rencana belaka. Oiya hal sepele yang harus kamu pertimbangkan adalah membawa teman saat berlibur. Selain sebagai backup mu ketika kelelahan, kamu bisa saling membantu jika suatu hal buruk atau hal yang tidak diinginkan terjadi.

Yuk berlibur! Selamat hunting tiket, selamat menyiapkan liburan akhir tahun.

You may also like...

Leave a Reply