Strategi Hadapi Diskon Agar Tetap Hemat

Strategi untuk hadapi diskon
Waktu baca: 2 menit

Menjelang hari raya besar seperti Idul Fitri biasanya banyak toko-toko yang ingin memberikan diskon besar-besaran. Tidak hanya toko yang ada di pasar tradisional saja, tapi beberapa toko online biasanya juga memberikan diskon. Maka tidak heran jika saat membuka media sosial, banyak sekali promosi mengenai diskon. Dengan banyaknya diskon itu, jika kamu tidak bisa mengontrol diri besar kemungkinan kamu akan mengalami pembengkakan dalam pengeluaran. Maka dari itu, kamu perlu cerdas dalam mengatur dan menahan nafsu belanja saat banyak diskon bertebaran di mana-mana.

Berikut beberapa strategi yang bisa diterapkan kamu untuk hadapi diskon yang bertebaran agar kamu tetap hemat.

Lihat kebutuhan

Supaya tidak kebablasan, pastikan kamu membuat daftar belanja terlebih dahulu. Dengan daftar belanja ini, kamu bisa memperhitungkan biaya yang akan keluar sehingga kamu bisa menyiapkan dana yang harus disediakan.

Kuasai diri

Setelah membuat daftar belanja, kamu harus bisa menguasai diri. Jika sudah mulai tergoda dengan besarnya diskon suatu barang, kamu bisa melihat di daftar belanjamu apakah barang tersebut termasuk dalam barang yang penting bagimu. Jika masih belum berpengaruh, kamu bisa melihat dana yang kamu bawa saat itu juga. Jika dananya pas-pasan, jangan memaksakan diri.

Kuasai dirimu agar tidak gegabah dalam menghadapi diskon
Harap bersabar jangan khilaf belanjanya ya Teman Klik. Photo via digitalspyuk.com

Jangan lupa bandingkan harga

Jika kamu belanja online, kamu bisa melihat dan membandingkan terlebih dahulu dengan harga toko yang lainnya. Dengan begitu, kesempatan untuk mendapatkan barang yang sama dengan harga yang lebih murah jadi lebih besar. Namun, kamu juga harus memastikan dengan harga yang lebih murah itu tidak ada embel-embel dana tambahan lain ya.

Teliti kondisi barang

Sudah bukan rahasia lagi jika barang yang sudah out of date akan dijual dengan harga miring atau diberikan diskon. Oleh karena itu, kamu harus jadi orang yang super teliti agar tidak membeli barang yang sudah tak lagi masuk kualitas standar. Jadi meskipun barang tersebut diskon, tapi nilai jual barang tersebut tidak menurun.

Periksa kembali harga diskon yang tertera

Beberapa toko atau produk sering kali menjebak dengan menyebut diskon besar-besaran, padahal sebelumnya toko tersebut telah menaikkan nilai jual awal agar barang tersebut terlihat memiliki diskon yang besar. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar cermat dalam melihat persenan diskon yang ditawarkan apakah memang benar besar-besaran atau hanya manipulatif.

Itulah beberapa tips untuk hadapi diskon agar kamu tetap hemat. Pastikan kamu tidak perlu berlebihan saat melihat promo diskon besar-besaran di manapun ya.

You may also like...

Leave a Reply