Alasan Mengapa Banyak yang Berbondong-Bondong Investasi Stablecoin

Stablecoin
Alasan Mengapa Banyak yang Berbondong-Bondong Investasi Stablecoin. Photo by Pexels
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Setiap orang yang berinvestasi pasti ingin untung. Namun, bagaimana jika nilai barang yang diinvestasikan bisa naik dan turun? Artinya bisa rugi dan juga bisa untung. Makanya, yang paling tepat adalah berinvestasi di stablecoin. Karena ini merupakan investasi yang nilainya stabil.

Banyak yang menganggap stablecoin ini mirip dengan cryptocurrency atau uang digital kripto. Ada benarnya dan ada juga yang kurang benar sih. Mengapa? Karang uang kripto seperti bitcoin itu nilainnya fluktuatif. Sementara itu, stablecoin itu nilainya stabil.

Untuk lebih jelasnya lagi, kamu bisa baca penjelasan lebih jauh lagi mengenai stablecoin ini.

Mengenal Apa Itu Stablecoin

Berpikiran terbuka dan belajar terus.
Mengenal jenis crypto yang stabil. Photo by Pexels

Dari sisi namanya saja, ini merupakan koin dengan nilai yang stabil. Kok bisa stabil? Karena memang nilai dari koin digital ini stabil. Kenaikannya relatif stabil. Dan ada juga kemungkinan turun namun tingkat penurunannya tidak signifikan. Tidak seperti bitcoin yang mungkin harinya naik tapi satu jam kemudian tiba-tibu turun drastis.

Mungkin kamu bertanya-tanya mengapa stablecoin ini nilainya bisa stabil? Alasannya adalah koin ini berpatokan pada instrument investasi konvensional. Misalnya saja berpatokan pada harga emas atau USD. Kamu tahu sendiri kan harga USD dan emas kenaikannya stabil.

Mungkin kamu akan mengajukan pertanyaan lain. Kalau berpatokan pada instrument lain, apa bedanya dengan uang biasa? Tentu saja beda. Stablecoin ini mirip dengan koin kripto. Tidak ada yang memiliki kewenangan atau yang sering disebut denagn desentralisasi. Jadi, yang berperan penuh adalah komunitas penggunanya itu sendiri. Selain itu, stablecoin juga bisa diperjualbelikan dengan sangat mudah.

Itulah mengapa banyak orang yang menganggap koin digital ini bagian dari cryptocurrency. Akan tetapi, kamu tahu kan ada letak perbedaan. Yaitu adanya instrument yang dijadikan patokan seperti emas atau USD.

Baca juga: 8 Istilah dalam Trading Cryptocurrency yang Terdengar Aneh

Kelebihan Investasi Stablecoin

crypto currency
Kelebihan. Photo by Pexels

Dari penjelasan singkat tersebut di atas, kamu pasti sudah bisa menebak apa saja kelebihan dari investasi stablecoin ini. Namun, agar lebih jelas lagi, berikut ini 4 poin utama yang menjadi kelebihan berinvestasi stablecoin.

  • Nilai Stabil
Nilai tukar dolar Amerika Serikat
Nilai stabil. Photo by Pixabay

Namanya juga investasi. Pasti ada kemungkinan untung dan rugi. Namun, sebisa mungkin kamu pasti ingin mencari jenis investasi yang relatif stabil. Ketika untung yang senang. Tapi risiko kerugian tidak begitu parah. Maka pilihannya adalah stablecoin karena nilainya stabil sesuai instrument konvensional yang dijadikan patokan seperti emas dan USD.

  • Memiliki Manfaat Layaknya Cryptocurrency
Manfaatnya sama dengan crypto. Photo by @silverhousehd

Wajar jika stablecoin ini dianggap sebagai salah satu cryptocurrency. Pasalnya, ada yang sudah memenuhi kaidah kripto seperti berupa uang digital, skalabilitas, dan desentralisasi. Jadi, ketika kamu ingin bertukar atau bertransaksi, kamu tidak perlu melewati bank. Kamu bisa bertransaksi dengan pengguna koin lainnya.

  • Potensial Sebagai Alat Transaksi Internasional
Stablecoin
Sebagai alat transaksi. Photo by Pexels

Cryptocurrency seperti Bitcoin memang diprediksi akan menjadi alat transaksi masa depan. Dan memang sudah ada yang menerima pembayaran Bitcoin. Akan tetapi, masih banyak orang yang was-was. Mengapa? Karena nilainya yang fluktuatif. Bayangkan jika hari ini kamu bisa gunakan 1 koin untuk membeli daging. Karena nilainya turun, tiba-tiba esok hari harga daging menjadi 100 koin.

Lain hal dengan stablecoin. Karena nilainya stabil, maka ini sangat berpotensi dijadikan alat transaksi di dunia internasional.

  • Solusi bagi Underbanked
Stablecoin
Solusi jika tidak memiliki rekening bank. Photo by Pixabay

Ada banyak sekali orang yang tidak memiliki rekening bank. Dan crypto jenis ini ini solusi. Mereka tidak perlu bank. Mereka tidak perlu rekening bank. Akan tetapi, mereka bisa melakukan transaksi dengan sangat mudah, sekalipun itu transaksi antar negara.

Tertarik untuk investasi stablecoin? Ini kemungkinan tidak hanya instrument investasi tapi juga menjadi alat transaksi masa depan yang diterima oleh banyak orang.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai