Seputar Investasi Tanah yang Perlu Diketahui

Seputar investasi tanah
Seputar investasi tanah yang perlu diketahui. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Saat ini investasi sudah menjadi hal yang lumrah di kalangan masyarakat. Sebab, berbagai jenis edukasi investasi kini banyak tersedia. Mulai dari media dan platform penyedia investasi sudah menjamur. Selain itu, terdapat banyak jenis investasi yang tersedia saat ini, salah satunya ialah investasi tanah.

Investasi tanah adalah sebuah investasi dengan cara mengembangkan harta atau uangnya dengan cara melakukan pembelian tanah. Investasi jenis ini dilakukan karena harga tanah yang semakin tahun akan semakin naik. Sehingga, dengan semakin naiknya harga tanah tersebut, seseorang yang melakukan hal tersebut akan memperoleh keuntungan dari penjualan tanah yang dimilikinya.

Meski begitu, dalam berinvestasi tanah pasti ada kelebihan dan kekurangan yang akan dirasakan. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan dari investasi tanah.

Kelebihan

Kenaikan Capital Gain yang Tinggi

Investasi tanah
Capital gain tinggi. Photo by Pixabay

Sudah menjadi pengetahuan investor jika tanah memiliki kenaikan capital gain yang tinggi. Umumnya, persentase kenaikan capital gain dari tanah mencapai 20-25%. Namun, angka tersebut tergantung dari lokasi tanah yang dimiliki. Jika tanah tersebut berada di daerah berkembang dengan akses dan infrastruktur yang terus dibangun, kemungkinan kenaikan capital gain pada tanah bisa mencapai 100% – 200% dalam satu tahun. Akan tetapi, jika tanah yang dimiliki berada di daerah yang kurang strategis, kenaikan capital gain  pada tanah tersebut bisa jadi tidak mencapai angka pada umumnya.

Memiliki Nilai Tambah

Investasi tanah.
Memiliki nilai tambah. Photo by Republika

Jika kamu melakukan investasi tanah, makan tanah tersebut dapat menghasilkan nilai tambah bagi kamu. kamu dapat memanfaatkan tanah yang kamu miliki untuk dibangun perumahan. Tentunya harga tanah yang kamu miliki akan dapat menjadi lebih mahal. Selain itu, kamu juga dapat mendapat keuntungan dari menjual beberapa rumah. Akan tetapi, Kamu juga tetap harus memperhatikan infrastruktur pada lingkungan perumahan tersebut. Sehingga, banyak orang yang tertarik untuk membeli rumah yang kamu bangun.

Baca juga: Belajar Tips-Tips Investasi Sederhana untuk Pemula

Dimanfaatkan untuk Bisnis lain

Bekerja sama dengan orang yang ahli.
Berkebun. Photo by @anaya_katlego

Keuntungan selanjutnya ialah kamu dapat memanfaatkan tanah untuk bisnis lain. Jika tanah yang kamu miliki dekat dengan sekolahan atau perkantoran, kamu dapat memanfaatkannya untuk lahan parkir. Kamu akan mendapatkan keuntungan dari lahan parkir tersebut. Bagaimana? Menguntungkan bukan? Selain itu, jika suka berkebun, kamu juga dapat memanfaatknnya sebagai lahan berkebun.

Minim Biaya Perawatan

Mengatur uang dengan disiplin.
Minim biaya perawatan. Photo by Rawpixel

Investasi tanah tidak akan menghabiskan biaya perawatan yang banyak. Tidak seperti ruko, apartemen, atau rumah yang memerlukan biaya untuk perawatan bangunannya. Tanah merupakan investasi yang minim biaya perawatan.

Tidak Akan Hilang

Investasi tanah Tidak akan hilang
Tidak akan hilang. Photo by @mr_williams_photography

Jika kamu memiliki investasi seperti emas, investasi tersebut tidaklah cukup aman karena bisa saja hilang. Entah itu dicuri atau hilang karena bencana. Berbeda dengan tanah yang tidak akan hilang dan tidak bisa dicuri. Selama tanah yang kamu miliki tersebut jelas kepemilikannya dan bukan merupakan tanah sengketa.

Kekurangan

Butuh Modal Besar

Butuh modal besar. Photo by Fox Business

Kamu pasti tahu bahwa harga tanah semakin hari semakin naik. Jadi, jika ingin melakukan investasi tanah, diperlukan modal yang tidak sedikit.

Bisa Tidak Mendapatkan Pemasukan

Punya utang
Tidak memiliki pemasukan. Photo by @christnerfurt

Jika tanah yang kamu miliki dibiarkan kosong begitu saja, maka tanah tersebut tidak akan menghasilkan pemasukan apapun untuk kamu. Bahkan kantong kamu mungkin malah bisa terkuras digunakan untuk membayar pajak dan biaya-biaya lainnya.

Sulit Dicairkan

Mengatur uang dalam waktu singkat.
Sulit dicairkan dalam waktu singkat. Photo by Pexels

Tidak seperti emas atau saham, investasi jenis ini sulit dicairkan. Dalam penjualannya, tanah memerlukan proses yang tidak singkat. Bahkan bisa dikatakan sangat tidak efektif jika akan diperlukan dalam waktu yang mendesak.

Daya Jualnya Tergantung lokasi

Pilih lokasi murah.
Harga tergantung lokasi. Photo by Pexels

Harga tanah memang tinggi dan selalu naik. Akan tetapi, harga tersebut tergantung lokasi dari tanah tersebut. Sehingga daya jual dari tanah tergantung pada lokasinya.

Demikian beberapa informasi seputar investasi tanah, semoga dapat menambah pengetahuan kamu mengenai investasi tanah. Semoga bermanfaat.