Sekuritas Adalah: Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis-jenisnya

Situasi perusahaan sekuritas
Sekuritas Adalah: Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis-jenisnya. Photo by Pixabay
Waktu baca: 5 menit

Berinvestasi saham melalui Perusahaan sekuritas adalah salah satu cara berinvestasi yang menjanjikan keuntungan yang cukup tinggi. Jika kamu saat ini sedang bingung untuk memilih investasi yang aman dan menguntungkan, gunakan cara berikut ini.

Akan tetapi tentu saja sebelumnya kamu harus pandai memilih mana perusahaan sekuritas terbaik untuk digunakan. Untuk itu pastikan jika kamu hanya menggunakan jasa perusahaan sekuritas yang terdaftar di OJK. 

Jika kamu ingin tahu lebih detail tentang segala hal yang berkaitan dengan sekuritas, yuk simak uraiannya secara mendalam berikut ini. 

Mengenal Apa Itu Sekuritas

Sebenarnya Sekuritas merupakan surat utang yang dapat dicairkan untuk dirupakan sebagai bentuk uang atau kas dengan cepat. Sedangkan Perusahaan Sekuritas adalah sebuah lembaga keuangan yang ada di dalam pasar modal, yang membantu transaksi sekuritas berjalan. 

Nantinya Perusahaan Sekuritas akan menjadi wakil bagi kepemilikan seseorang atau badan usaha atas saham di sebuah perusahaan publik dengan nilai tertentu. 

Jadi bisa dibilang jika Perusahaan Sekuritas Saham adalah semacam alat yang dapat kamu manfaatkan guna mendapatkan keuntungan. Keuntungan yang akan kamu peroleh adalah sesuai dengan persentase kepemilikan atas sebuah saham pada perusahaan tertentu. 

Sifat dari akun sekuritas adalah mudah untuk diperjual belikan. Sehingga tidak akan sulit bagi siapa saja untuk bisa mendapatkan Sekuritas tersebut. Dua cara teraman untuk mendapatkan sekuritas adalah membelinya pada Perusahaan sekuritas, atau pada Pasar Sekuritas.

dari uraian di atas yang dimaksud dengan sekuritas tentu sangatlah rumit. Akan tetapi pada prakteknya kamu pasti sudah tahu dan paham apa yang dimaksud dengan saham, obligasi, dan produk investasi lainnya bukan?

Bagaimana Cara Kerja Sekuritas?

Cara kerja dari Sekuritas atau Perusahaan Sekuritas adalah dan contohnya sebagai berikut:

1. Penawaran

Langkah pertama yang dilakukan oleh perusahaan yang bergerak di bidang sekuritas terlebih dahulu adalah membuat penawaran kepada masyarakat sebagai calon investor. 

Penawaran tersebut dapat berupa simulasi yang menggambarkan keuntungan yang dapat diraih dalam jangka waktu tertentu. Tentu keuntungan tersebut harus memperhatikan beberapa elemen yang akan menjadi pengaruh besar kecilnya keuntungan yang diperoleh.

2. Penanaman Modal

Nah apabila ternyata dari presentasi tersebut kamu sebagai calon investor tertarik untuk membeli, maka ada dua hal yang dapat dilakukan, yaitu:

  • Menanamkan modal melalui Perusahaan Sekuritas yang kamu pilih.
  • Atau bisa juga langsung terjun sendiri ke dalam pasar Sekuritas.

Sebagai tambahan informasi, Perusahaan sekuritas dapat berwujud sebagai lembaga negeri atau swasta. 

Perusahaan Sekuritas ini akan menyediakan fasilitas pengelolaan atas modal yang telah kamu tanamkan melalui jasa mereka. BNI Sekuritas adalah salah satu contoh Perusahaan Sekuritas yang ada di tanah air.

Lantas apa yang dimaksud dengan pasar sekuritas? Pasar Sekuritas merupakan suatu lembaga khusus yang mewadahi semua proses jual beli sekuritas yang terjadi. Di dalam proses tersebut, pasar sekuritas wajib untuk mengawasi jalannya transaksi sekuritas yang ada di wilayahnya.

Baca juga: Mau Jadi Investor Profesional? Pahami Dulu Apa Itu Internal Rate of Return

Kegiatan yang Dilakukan Perusahaan Sekuritas

Secara garis besar kegiatan yang dilakukan oleh sebuah Perusahaan Sekuritas yaitu sebagai berikut:

1. Menjadi Perantara Perdagangan Efek 

Kegiatan utama dan pertama dari Perusahaan Sekuritas yaitu bertindak sebagai broker dealer. Sebagai broker dealer, Perusahaan Sekuritas harus bertanggung jawab atas dua hal, yaitu:

  • Melakukan proses kegiatan jual beli Sekuritas atas nama dan untuk kepentingan dirinya sendiri.
  • Sedangkan tanggung jawab yang kedua adalah melaksanakan jual beli berbagai surat berharga yaitu saham dan obligasi melalui Bursa Efek Indonesia atau di luar bursa efek (transaksi OTC, yaitu transaksi Over the Counter). 

2. Menjadi Penjamin Emisi Efek (underwriter) 

Kegiatan Perusahaan Sekuritas lainnya adalah membantu calon emiten (yaitu Pihak yang melakukan Penawaran Umum). Yang dimaksud dengan membantu di sini adalah membantu pelaksanaan penawaran saham kepada publik.

Kegiatan ini tanpa ada kewajiban yang melekat pada Perusahaan Sekuritas untuk membeli efek yang tidak terjual. 

Satu hal yang harus dipahami, apabila kamu berniat ingin membeli saham, maka harus membuka rekening sekuritas terlebih dahulu.  Rekening Sekuritas adalah rekening pada perusahaan Sekuritas yang akan digunakan sebagai sarana jual beli sekuritas. 

Jenis-jenis Sekuritas

Nah sekarang kamu pasti sudah paham arti sekuritas adalah seperti uraian di atas, termasuk cara kerja serta kegiatan yang dilaksanakan. Untuk selanjutnya pahamilah jenis Sekuritas yang ada agar tahu perbedaan Broker dan Sekuritas.

  1. Obligasi

Obligasi atau yang mungkin kamu kenal sebagai surat utang adalah suatu jenis surat berharga yang dapat diperjual belikan. Tujuan dari penjualan adalah untuk mendapatkan pinjaman dari para investor dengan bunga yang sudah ditetapkan.

Contoh sekuritas yang semacam ini adalah Sekuritas Syariah berupa Sukuk, Saving Bond Ritel, Surat Utang Negara, dan lain sebagainya.

  1. Ekuitas

Ekuitas atau yang lebih dikenal dengan istilah Saham adalah sebuah prosentase kepemilikan investor atas sebuah badan usaha. Bentuk atau wujud dari Ekuitas adalah lembar saham atau yang sering disebut dengan istilah lot. 

Contoh bentuk Sekuritas ini adalah Deviden, Dana Investasi Real eState (DIRE) atau Reksadana.

Tips Memilih Perusahaan Efek Untuk Investasi

Nah jika kamu tertarik untuk terjun kedalam dunia investasi model Sekuritas ini, maka ada beberapa tips untuk memilih Perusahaan Sekuritas yang terbaik, yaitu:

  1. Memiliki Pelayanan Dan Fasilitas Yang Baik 

Hal pertama yang harus menjadi pertimbanganmu dalam memilih adalah Perusahaan Sekuritas tersebut memiliki pelayanan yang baik. Jangan pernah sepelekan hal yang satu ini, terutama jika kamu adalah pemain pemula di dunia investasi.

Dengan memiliki pelayanan yang ramah, maka kamu akan dapat banyak informasi serta solusi atas berbagai hal yang akan dihadapi dalam proses pelaksanaan. Selain aman, tentu saja kamu juga akan lebih aman dalam berinvestasi, bukan?

Selain itu, pastika juga jika Perusahaan tersebut memiliki fitur pelayanan lengkap. Dengan fitur tersebut, maka kamu akan terbantu di dalam memantau pergerakan saham di mana saja dan kapan saja, serta tentu akan dapat menghemat waktu.

  1. Pastikan Biaya Yang Dibebankan

Sebelum bergabung, kamu sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu berapa jumlah setoran awal pada saat harus membuka Rekening Dana Nasabah (RDN). Hal ini sangat penting karena setiap Perusahaan Sekuritas memiliki kebijaksanaannya masing-masing.

Pelajari dan pastikan jika biaya yang harus kamu setor telah sesuai dengan kemampuan finansial yang ada. Selain itu, pastikan juga jika kamu tahu berapa tarif pelayanan yang akan dikenakan.

  1. Terdaftar Pada OJK & Memiliki MKBD Tinggi

Tips selanjutnya, pastikan jika Perusahaan Sekuritas yang akan kamu pilih tersebut memiliki kredibilitas tinggi dan legal. Caranya, pastikan telah terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI).

Selain itu periksalah track record perusahaan dan pastikan jika Perusahaan Sekuritas tersebut memiliki Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) yang bernilai tinggi. 

  1. Riset Terkait Kondisi Pasar

Tips terakhir, pastikan juga Perusahaan Sekuritas memiliki analis yang kredibilitasnya mumpuni. Mengapa? Agar data analisa mengenai kondisi pasar yang diberikan oleh para Analisa Sekuritas adalah valid.

Dengan analisa yang valid maka kamu akan dapat dan mampu untuk meminimalisasi risiko kerugian yang bakal terjadi. Sekaligus tentu saja akan mampu menghitung jumlah keuntungan yang akan didapatkan secara akurat. 

Contoh Perusahaan Sekuritas Yang Terdaftar Di OJK

Dalam melakukan investasi modal, maka kamu harus mampu untuk memilih Perusahaan Sekuritas terbaik, aman dan terpercaya. Berikut ini beberapa Perusahaan Sekuritas terbaik di tahun 2022 yang ada di tanah air. Yuk, cek pada daftar di bawah ini!

  1. BNI Sekuritas

Tahukah kamu jika PT Bank Negara Indonesia juga memiliki sebuah Perusahaan Sekuritas? Perusahaan Sekuritas milik PT Bank Negara Indonesia ini dinamakan BNI Sekuritas. Dalam kegiatannya, platform yang digunakan oleh BNI Sekuritas ada 3 sistem.

Ketiga sistem tersebut adalah Web Based, Mobile, dan DSN Desktop. Sedangkan untuk jenis rekening sahamnya ada 3 buah yaitu reguler, syariah, dan margin.

  1. BCA Sekuritas

Tak mau kalah dengan PT Bank Negara Indonesia yang memiliki BNI Sekuritas, BCA Group pun mendirikan Perusahaan Sekuritas yang diberi nama BCA Sekuritas. Luasan wilayah dari BCA Sekuritas meliputi nasabah saham dari luar dan dalam negeri.

Dengan bergabung pada BCA Sekuritas maka kamu akan dibantu untuk mendapatkan nasihat keuangan di bidang investasi. 

  1. Maybank Kim Eng Sekuritas

Masih dari perusahaan perbankan, kamu juga dapat mempertimbangkan Maybank Kim Eng Sekuritas, yang merupakan Perusahaan Sekuritas dari MayBank. 

Perusahaan Sekuritas yang satu ini terkenal handal karena memiliki dealer yang berpengalaman tinggi serta akses khusus ke berbagai perusahaan.

  1. Mandiri Sekuritas

Perusahaan Sekuritas terbaik berikutnya yang dapat kamu pertimbangkan adalah Mandiri Sekuritas. Dengan bergabung melalui Mandiri Sekuritas maka kamu akan berhak atas akses ke dalam pelatihan kelas investasi secara gratis dan Cuma-Cuma.

Tentu saja hal ini akan sangat membantu kamu di dalam membuat gambaran atau proyeksi atas investasi yang ingin dikembangkan bukan? Kelebihan lain yang dimiliki oleh Mandiri Sekuritas yaitu penggunaan yang sangat luas di berbagai platform.

  1. MNC Sekuritas

Tak ketinggalan, di tanah air juga ada MNC Group yang ikut mendirikan sebuah perusahaan sekuritas terbaik. Nama dari Perusahaan Sekuritas milik MNC Group tersebut adalah MNC Sekuritas. 

MNC Sekuritas bisa dikategorikan sebagai salah satu Perusahaan Sekuritas terbaik karena adanya kemudahan pada setoran awal yang sangat rendah. Nilai yang dibanderol hanyalah Rp100 ribu saja. 

Untuk prosentase biaya transaksi beli yang dibebankan adalah sebesar 0,18%. Kemudian pada transaksi jual, biaya yang dikenakan pada kamu adalah sebesar 0,28%. Kemudahan tidak berhenti di situ saja lho.

Nantinya jika kamu berminat dan akan melakukan pembukaan rekening saham di MNC Sekuritas, prosesnya dapat dilakukan secara online. Selain itu MNC Sekuritas juga memberi kemudahan bagi kamu yang memiliki rekening pada Bank BCA.Melalui uraian di atas, pastinya sekarang kamu telah paham bukan mengenai apa yang dimaksud dengan Sekuritas. Jadi secara garis besar menanamkan modal pada Perusahaan Sekuritas adalah salah satu jalan pintas yang aman dan nyaman untuk kamu lakukan.

Artikel Lainnya