Seberapa Besar Peluang Bisnis Produk Halal di Indonesia?

peluang bisnis produk halal
peluang bisnis produk halal. Photo by Kompasiana
Waktu baca: 3 menit

Berbagai macam bisnis produk halal kini mulai banyak diminati oleh para pebisnis. Bisnis produk halal dinilai akan menjadi sebuah bisnis yang memiliki prospek yang baik kedepannya. Namun, apa itu sebenarnya produk halal? Produk halal adalah sebuah produk yang tidak melanggar ketentuan syariat Islam. Seluruh proses pembuatan produk halal sesuai dengan ketentuan syariat Islam, seperti bahannya, proses pengolahannya dan lain sebagainya. Kemudian, produk halal juga sebuah produk yang ketika digunakan atau difungsikan tidak melanggar syariat Islam. Jadi, inti dari produk halal adalah produk yang dibuat untuk memberikan kenyamanan, dan ketenangan bagi para penggunaanya karena sudah sesuai dengan syariat Islam. Lantas bagaimana dengan peluang bisnis produk halal itu sendiri?

Pada saat ini, istilah produk halal tidak hanya menggambarkan sebuah produk yang sesuai dengan syariat Islam. Akan tetapi, sebuah produk yang memiliki sertifikasi halal juga menunjukkan bahwa produk tersebut aman dan nyaman untuk digunakan. Ini membuat pemerintah mulai mewajibkan sertifikasi untuk setiap produk halal yang ada di Indonesia. Dengan adanya sertifikasi produk halal, diharapkan dapat meningkatkan nilai jual dari produk tersebut karena konsumen tidak lagi kuatir mengenai kehalalan sebuah produk.

Ada berbagai macam produk halal yang bisa dijadikan sebagai peluang bisnis produk halal khususnya di Indonesia. Dengan mayoritas penduduk Muslim, permintaan terhadap produk halal di Indonesia tentunya begitu besar. Ini tentu menjadi peluang untuk berbisnis produk halal di Indonesia. Berikut beberapa macam produk halal yang bisa dijadikan alternatif dalam berbisnis produk halal:

Makanan Halal

Bisnis produk halal
Bisnis makanan halal. Photo by Dream

Makanan merupakan sebuah kebutuhan yang ada di masyarakat. Semua orang membutuhkan makan untuk menyambung hidupnya. Akan tetapi, masyarakat Muslim di Indonesia tidak melihat makanan hanya dari fungsinya saja yang bisa mengenyangkan. Kebersihan dan kehalalan sebuah makanan juga selalu menjadi pertimbangan ketika membelinya. Sebagai masyarakat Muslim, makanan tersebut haruslah halal. Mulai dari bahan yang digunakan, proses pembuatan hingga penyajian semuanya harus menggunakan ketentuan yang tidak melanggar syariat Islam. Oleh karena, bisnis makanan halal merupakan bisnis yang cukup menjanjikan di Indonesia.

Make-up Halal

Bisnis kosmetik halal
Make-up halal. Photo by @elementdigital

Bisnis halal yang mempunyai peluang menjanjikan selanjutnya adalah bisnis make-up halal. Sudah menjadi hal yang lumrah bagi kaum wanita untuk merias dirinya dengan berbagai macam make-up. Akan tetapi, kadang kala make-up yang mereka gunakan belum tentu sah ketika terkena air wudhu. Banyak make-up dengan water resitant yang beredar di masyarakat. Sehingga, ketika akan melakukan wudhu, pengguna make-up tersebut harus menghapusnya terlebih dahulu. Oleh karena itu, bisnis make-up halal dinilai dapat menjadi solusi dari masalah tersebut.

Baca juga: Ulasan Bisnis Produk Halal yang Harus Anda Tahu

Wisata Halal

Pengertian wisata syariah.
Wisata halal. Photo by @_imkiran

Wisata halal dapat menjadi alternatif bisnis berikutnya yang dijadikan sebagai peluang bisnis produk halal di Indonesia. Kekayaan Indonesia yang berlimpah dapat dijadikan sebagai wisata halal guna memberikan kenyamanan bagi para wisatawan Muslim. Wisata halal tersebut mencakup penginapan, makanan yang disediakan, akomodasi, tempat ibadah dan lain sebagainya.

Investasi Halal

peluang bisnis produk halal
Investasi halal. Photo by Okezone

Investasi merupakan sebuah aktivitas pengelolaan uang yang menguntungkan. Akan tetapi, terkadang prinsip yang digunakan dalam investasi konvensional tidak sesuai dengan syariat Islam. Oleh karena itu, bisnis investasi halal dapat menjadi solusinya. Dengan bisnis ini diharapkan para investor Muslim dapat melakukan investasi tanpa melanggar syariat Islam.

Dari beberapa penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa bisnis produk halal di Indonesia mempunyai peluang yang sangat besar. Selain pasar yang sudah tersedia, bisnis produk halal juga sesuai dengan regulasi pemerintah. Sehingga, pengembangan ini akan lebih mudah karena didukung oleh pemerintah. Selain itu, bisnis produk halal juga diharapkan bisa menarik pasar para Muslim yang ada di dunia. Sehingga, hal tersebut nantinya kan membantu perekonomian Indonesia jauh menjadi lebih baik.

Demikian beberapa informasi mengenai peluang bisnis produk halal. Semoga dapat dijadikan referensi untuk kita semua.

Mungkin Anda juga menyukai