Sayuran Pagi, Bisnis Sayuran Hidroponik yang Berawal dari Iseng

Sayuran Pagi, Bisnis Sayuran Hidroponik yang Berawal dari Iseng
Sayuran Pagi, Bisnis Sayuran Hidroponik yang Berawal dari Iseng. Photo by KlikCair
Waktu baca: 2 menit

Bisnis hidroponik dalam beberapa tahun ke belakang sempat menjadi tren di kalangan masyarakat Indonesia. Lalu, apa itu hidroponik? Hidroponik adalah sebuah teknologi dalam bidang pertanian yang memiliki sistem tanam tumbuhan tanpa menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Meski begitu, hidroponik juga lebih mengedepankan dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi untuk tanaman.

Salah satu usaha hidroponik yang akan kita bahas yakni Sayuran Pagi. Sayuran Pagi merupakan bisnis sayuran hidroponik yang dikelola oleh 6 orang termasuk di dalamnya ada Abdul Choliq sebagai pendiri dan Munjin sebagai penanggungjawab kebun.

Berawal dari iseng

Dalam memulai suatu usaha, memang terkadang diawali dengan hal yang terduga. Seperti halnya bisnis ini. Awalnya, Abdul Choliq dan Munjin “iseng” membeli starter kit hidroponik. Dan semenjak saat itu, mereka berdua belajar sistem pertanian, mulai dari semai, tanam, hingga pasca panen.

Tanaman Sayuran Pagi.
Tanaman yang ada di Sayuran Pagi. Photo by KlikCair

Setelah berhasil panen beberapa kali dan hasilnya memuaskan, keduanya berinisiatif untuk membangun bisnis hidroponik dan diberi nama Sayuran Pagi.

Namun, ada alasan lain yang membuat Munjin memutuskan fokus dalam bisnis sayuran hidroponik ini. Penggemar Navicula ini menyebutkan bahwa bisnis sayuran hidroponik ini memiliki prospek yang menjanjikan ke depannya. Selain itu, menurutnya, dengan menjalankan bisnis sayuran hidroponik ini menjadi jawaban dari isu-isu lingkungan yang sedang hangat.

Keuntungan bisnis hidroponik

Dalam menjalankan suatu bisnis, pasti orang-orang ingin mencari keuntungan, entah dalam segi finansial atau dalam pengelolaannya. Sementara, untuk bisnis hidroponik ini keuntungannya terletak dalam segi pengelolaan. Metode tanam hidroponik tidak perlu lahan yang luas karena memang tidak ditanam menggunakan tanah.

Sementara, menurut Munjin, sayuran yang ditanam dengan cara hidroponik itu memiliki keunggulan dari segi produksi.

Produk Sayuran Pagi.
Salah satu produk dari Sayuran Pagi. Photo by KlikCair

“Memang dari segi produksi, metode tanam hidroponik memiliki sejumlah keuntungan daripada cara tanam konvensional, seperti masa panen yang cepat, tidak menggunakan pestida, perawatan lebih mudah, dan sayuran lebih segar,” kata penanggungjawab kebun tersebut.

Inovasi Sayuran Pagi

Dalam menjalankan suatu bisnis, inovasi sangat diperlukan agar bisa bertahan lama. Begitu pula yang dilakukan oleh Sayuran Pagi. Sebagai bisnis yang fokus untuk menjual sayuran, Sayuran Pagi menyediakan produk yang benar-benar segar dan tahan lama karena dipetik dan langsung dikirim saat itu juga ketika ada request order.

Selain itu, mereka juga memiliki program yang seru, seperti memersilakan pelanggan untuk memanen sayuran secara langsung di kebun Sayuran Pagi. Bahkan, tiap weekend mereka juga melakukan open garden di mana siapapun bisa datang sekadar berkunjung atau berbincang dan berdiskusi seputar hidroponik.

Baca juga: Tips Tingkatkan Daya Saing Bisnis UMKM

Ke depannya, Sayuran Pagi berencana untuk mengembangkan sistem dengan internet of thing untuk perkebunan sehingga diharapkan akan ada otomatisasi pada kebun. Dengan begitu, hasil panen akan lebih bagus karena ukuran nutrisi yang dibutuhkan tanaman bisa presisi.

Jaga konsistensi Anda, dan nikmati prosesnya!

Informasi lebih lanjut:
Alamat: Jalan Terong No. 01, RT.06/RW.12, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat
No. Telp: 081286012698 (WA)
Socmed: @sayuranpagi_ (instagram)
Website: www.sayuranpagi.com

Mungkin Anda juga menyukai