4 Cara Jalankan Bisnis Online Shop Hanya dengan Andalkan Facebook Saja

Seorang wanita sedang mengoperasikan facebook
4 Cara Jalankan Bisnis Online Shop Hanya dengan Andalkan Facebook Saja. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Apakah ada cara bisnis online shop dengan hanya menggunakan Facebook? Tentu saja ada. Dan jangan salah. Banyak pengusaha online shop yang sukses dengan hanya berjualan mengandalkan Facebook saja.

Tidak percaya? Memang sulit dipercaya. Bagaimana bisa berjualan online hanya di satu media sosial saja. Yang pasti, trik jualan di Facebook ini masih sangat efektif asalkan kamu tahu apa yang harus dilakukan. 

Siapkan Dua Akun di Media Sosial Facebook 

Tampilan dua akun facebook
Siapkan dua akun. Photo by @austindistel

Hal utama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun. Ada dua akun yang harus kamu buat. Apa saja itu?

  1. Akun Personal

Akun yang pertama adalah akun personal. Ini bisa dikatakan sebagai akun yang membuat orang tahu siapa kamu. 

Kebanyakan orang memiliki akun personal ini, entah itu untuk mencari teman baru atau berinteraksi dengan teman-teman lama yang berada di tempat yang jauh. Namun, kali ini akun personal harus digunakan untuk memperlancar kamu dalam melakukan promosi online.

Pastikan kamu membuat akun personal yang jelas, seperti nama asli kamu, alamat, email, nomor telepon, dan deskripsi singkat tentang siapa kamu. Akan lebih baik jika kamu menuliskan bahwa kamu penjual online yang menawarkan produk tertentu. 

  1. Fanpage

Beda dengan akun personal. Fanpage ini lebih digunakan sebagai toko online. Fanpage inilah yang harus kamu pakai untuk mengumpulkan calon customer atau orang-orang yang sudah pernah membeli produk kamu nanti.

Buat fanpage kamu semenarik mungkin. Misalnya saja posting foto dan juga cover berupa foto produk kamu. Isi juga fanpage dengan postingan foto produk yang bagus. Jadi, ketika ada calon pembeli yang mengunjungi fanpage kamu ini, mereka akan semakin yakin untuk membeli.

Jika dua akun tersebut sudah kamu buat, langkah selanjutnya adalah menerapkan cara promosi di Facebook.

Baca juga: Tutorial dari Nol Mengenai Cara Bisnis Online di Shopee

Cara Menjalankan Bisnis Online Shop di Facebook 

Tampilan facebook di layar komputer
Menjalankan bisnis. Photo by Pixabay

Yang terpenting dari cara bisnis online shop di Facebook adalah bagaimana kamu mendatangkan trafik atau pengunjung. Makanya, ada langkah-langkah yang harus dilakukan.

  1. Posting Konten Awareness di Akun Personal

Pertama-tama, kamu harus memaksimalkan akun personal yang kamu sudah miliki. Postinglah hal-hal yang terkait dengan produk. Postingan tidak harus selalu tentang jualan tapi yang ada kaitannya dengan produk.

Misalnya saja kamu jualan kue. Kamu bisa share konten tentang bagaimana cara membuat kue atau tutorial yang terkait dengan kue. Konten bisa berupa tulisan ataupun video. Silakan mana yang paling efektif untuk kamu pilih.

Yang pasti, konten seperti itu bertujuan untuk meningkatkan awareness bahwa kamu adalah seorang pengusaha online di bidang tertentu. 

  1. Arahkan Pembaca untuk Mengunjungi Fanpage 

Awareness sudah bagus? Apakah sudah banyak yang tahu siapa kamu sekarang? Jika sudah, langkah selanjutnya adalah mengarahkan follower untuk mengunjungi Fanpage. Kamu bisa membuat tulisan CTA atau call to action yang persuasive yang membuat orang mau klik dan mengunjungi Fanpage kamu. Di sanalah diharapkan terjadi sales. 

  1. Beriklan 

Tidak ada salahnya jika kamu sesekali beriklan. Tentukan budgetnya terlebih dahulu. Dan sebaiknya beriklan di Facebook ini kamu lakukan ketika ada tawaran menarik yang sulit untuk ditolak oleh target konsumen kamu, misalnya saja promo terbatas, produk limited edition, dan lain sebagainya.

  1. Posting Jualan di Facebook Marketplace 

Sekarang, sudah ada fitur Facebook Marketplace. Ini fitur yang disediakan oleh Facebook yang memudahkan penjual untuk bertemu dengan calon customer. Posting foto dan deskripsi yang jelas di Facebook Marketplace. 

Nah, itulah 4 cara bisnis online shop di Facebook yang bisa kamu lakukan. Yang terpenting adalah bagaimana kamu bisa membuat orang suka, yakin, dan percaya dengan produk yang kamu jual. Jadi, jangan hanya fokus jualan. Fokus juga untuk membuat orang tertarik, yakin, lalu percaya. Saat itulah orang tidak akan ragu untuk membeli produk kamu.

Artikel Lainnya