Jangan Lewatkan, Internet of Things Adalah Hal Penting yang Harus Kamu Tahu

Internet of things
Jangan Lewatkan, Internet of Things Adalah Hal Penting yang Harus Kamu Tahu. Photo by Pixabay
Waktu baca: 4 menit

Apakah kamu pernah mendengar istilah internet of things? Hal ini menjadi suatu hal yang menarik untuk dibahas. Artikel ini akan memberikan penjelasan terkait dengan internet of things adalah hal penting yang harus kamu ketahui.

Apa Itu Internet of Things?

Jika kamu baru pertama kali mendengarkan istilah ini, maka penting untuk mengetahui apa itu internet of things. Internet of things adalah suatu konsep yang meletakkan objek sebagai sesuatu yang memiliki kemampuan untuk mengirimkan data tanpa bantuan.

Bantuan yang dimaksud adalah bantuan dari perangkat komputer dan manusia. Apa yang menjadi perangkat internet of things atau IoT ini? Perangkat utamanya adalah jaringan nirkabel, internet, QR (Quick Responses) Code, dan microelectromechanical (MEMS). 

Perkembangan IoT saat ini semakin pesat, sehingga menggunakan RFID (Radio Frequency Identification) sebagai metode komunikasi. Kamu bisa menemukan penggunaan teknologi ini pada sensor cahaya, sensor suara, dan berbagai jenis perkembangan teknologi lainnya.

Bahkan, perkembangan terbarunya telah memunculkan teknologi Smart City yang sudah diterapkan di beberapa negara maju. Hal ini memungkinkan segala hal yang dilakukan dalam kota tersebut dapat dimonitoring dengan sistem yang canggih dan berskala besar.

Alasan Internet of Things Penting

Setelah memahami tentang pengertian internet of things, maka kita akan membahas mengenai pentingnya keberadaan Iot dalam kehidupan manusia. Secara umum IoT memiliki peranan penting dalam memudahkan kehidupan manusia.

Pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan cepat karena berbagai perangkat teknologi IoT. Kamu bisa menggunakan berbagai perangkat tersebut dengan mudah dengan menggunakan sensor cahaya dan sensor suara.

Misalnya, kamu bisa melakukan pencarian dengan mudah di mesin pencarian Google dengan menerapkan sensor suara. Kamu hanya perlu menyebutkan tanpa mengetik, sistem Google akan menangkap perintah kamu dari sistem sensor suara tersebut.

Selain itu, alasan pentingnya keberadaan IoT adalah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat dengan menggunakan berbagai unsur-unsur IoT. Kamu bisa mengembangkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk membuat teknologi yang canggih.

Kamu tidak perlu mengendalikan perangkat komputer secara manual karena semuanya sudah terprogram oleh sistem IoT. Sehingga, kamu bisa mengerjakan pekerjaan yang lain yang bisa kamu lakukan.

Lalu muncul pertanyaan, apakah IoT akan menggantikan peranan manusia? Tentu saja, tidak. Peranan Iot adalah sebagai program yang membantu kehidupan manusia supaya lebih mudah dan praktis dalam menyelesaikan pekerjaan.

Manfaat Internet of Things untuk Bisnis

IoT juga memiliki peranan yang penting dalam dunia bisnis. Internet of things adalah salah satu program canggih yang sangat bermanfaat bagi perkembangan dunia industri. Penggunaan IoT dapat memberikan kemudahan dalam mengelola bisnis kamu.

Beberapa manfaat dari penggunaan IoT dalam perkembangan bisnis, sebagai berikut:

  • Meningkatkan Keamanan

Teknologi IoT dapat membantu kamu mengamankan data bisnis dengan baik. Kamu bisa menggunakan teknologi IoT untuk memantau tempat kerja. Sehingga, kamu bisa mengetahui kinerja karyawan dan menjaga keamanan karyawan saat bekerja.

Menariknya teknologi keamanan IoT yang dipasang dapat membantu mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Jika kecelakaan kerja terjadi, maka wilayah tersebut akan disiagakan. Teknologi keamanan IoT ini dapat difungsikan untuk melindungi pekerja di segala sudut kantor kamu.

  • Mengurangi Kesalahan Inventarisasi

Penggunaan teknologi IoT dapat membantu kamu menghindari kesalahan inventarisasi data kantor. Perangkat dapat memantau menggunakan sensor mengenai inventaris yang ada di kantor kamu. Sehingga, sistemnya langsung mencatat secara otomatis apa yang diterima oleh sensor.

Jika terjadi perubahan set inventaris, maka sistem akan memberitahu pembaruan tersebut. Hal ini dapat membantu mencegah kehilangan inventaris. Bahkan, teknologi ini dapat membantu merekomendasikan manajemen biaya hingga menunjukkan proses produksi perusahaan.

  • Menyajikan Data Real-time

Teknologi IoT dapat membantu kamu untuk melacak persediaan produk. Kamu bisa dengan mudah mengetahui jika terjadi keterlambatan produksi. Bahkan, kamu bisa menghubungkan semua pihak yang terlibat dalam proses produksi sehingga mereka bisa melacak persediaan material.

Penggunaan teknologi dapat memudahkan kamu memantau kegiatan produksi dari jarak jauh. Kamu tidak perlu datang ke lokasi untuk memantaunya secara langsung. Tetapi, perlu diingat bahwa teknologi ini hanya bisa berfungsi dengan adanya jaringan internet.

Kamu perlu tahu yang dimaksud dengan internet adalah sistem global yang memuat seluruh jaringan komputer yang saling terhubung dengan sistem internet protocol suite. Tanpa keberadaan internet IoT tidak akan berfungsi dengan baik. Jadi, pastikan keberadaan internet kamu aman.

  • Meningkatkan Efisiensi Kerja

Manfaat yang paling utama dari keberadaan IoT di dunia bisnis adalah memberikan efisiensi kerja. Kamu bisa menciptakan dunia kerja yang efisien dan mudah untuk diterapkan. Pengoperasian bisnis pun dapat berjalan secara maksimal.

Bahkan, kamu bisa meningkatkan produksi produk secara maksimal dan dapat membantu menjaga efisiensi kerja karyawan. Sehingga, keberadaan IoT ini dapat membantu kamu untuk menjalankan bisnis dengan lancar dan efisien.

Bisnis-bisnis yang Menggunakan IoT

Perkembangan teknologi IoT memang semakin pesat. Hal ini dapat terlihat dari penggunaanya di berbagai bidang kehidupan. Salah satunya yang populer adalah penggunaan di bidang industri.

Beberapa bisnis mulai menggunakan sistem IoT untuk membantu proses produksi dan pemantauan kerja supaya berjalan lebih mudah. Terdapat berbagai peranan teknologi IoT yang sudah diterapkan dalam dunia bisnis, sebagai berikut:

  • E-commerce

Salah satu jenis bisnis populer saat ini adalah bertransaksi online. Keberadaan E-commerce sangat membantu bagi kehidupan manusia yang tidak memiliki waktu untuk membeli barang secara langsung.

Keberadaan E-commerce adalah satu bentuk penggunaan teknologi IoT. Hal ini dapat terlihat jelas dari jangkauan pemasaran yang bersifat global tanpa batas. IoT dapat membantu kamu untuk mengembangkan E-commerce mengembangkan bisnis secara lebih meluas dan lebih mudah.

Baca juga: Mengenal tentang Marketplace, Jenis-jenis dan Perbedaannya dengan Toko Online

  • Inventarisasi Pabrik

Teknologi IoT juga banyak digunakan untuk melakukan pencatatan inventaris alat-alat pabrik. Sehingga, dapat tercatat secara benar dan tidak mudah hilang. Bahkan, teknologi ini bisa membantu menjaga keamanan pekerja saat bekerja di lapangan.

Penggunaan teknologi Iot di pabrik juga dapat berfungsi untuk memantau produktivitas karyawan. Selain itu, berguna untuk menjaga proses produksi agar berjalan dengan maksimal dan sesuai dengan target yang diinginkan.

Bahkan, kamu bisa memantau kegiatan pabrik dengan pemasok secara bersamaan dengan menggunakan teknologi IoT. Pekerjaan kamu akan menjadi lebih mudah dengan menerapkan teknologi IoT di pabrik perusahaan kamu.

  • Aplikasi Keuangan

Salah satu aplikasi yang sedang banyak digunakan adalah aplikasi keuangan. Jenis aplikasi ini menggunakan teknologi IoT untuk mencatat setiap transaksi yang terjadi. Sehingga, keamanan data dan keamanan transaksi dapat terjamin dengan baik.

Demikianlah, pembahasan mengenai internet of things adalah hal yang penting dalam pegembangan bisnis. Hal ini perlu kamu ketahui supaya bisa mengembangkan ide-ide bisnis yang lebih mudah dan praktis. Selamat belajar dan memulai bisnis.

Artikel Lainnya