Cara Isi CLM, Pengganti SIKM untuk Keluar Masuk Jakarta

Cara isi CLM.
Cara isi CLM. Photo by jaki.jakarta.go.id
Waktu baca: 2 menit

Di era tatanan baru atau new normal ini, banyak hal yang harus dipersiapkan. Salah satunya ialah surat izin keluar masuk atau biasa disebut dengan SIKM yang dijadikan sebagai syarat utama untuk keluar masuk wilayah DKI Jakarta. Namun, saat ini, penggunaan SIKM tersebut sudah dihapuskan. Gantinya, ialah CLM atau Corona Likelihood Metric. Lalu, apakah cara isi CLM ini akan lebih memudahkan masyarkat?

Sebelum masuk ke penjelasan mengenai cara isi CLM tersebut, ada baiknya kamu tahu terlebih dahulu apa itu CLM dan apa fungsi utamanya. CLM merupakan aplikasi online yang digunakan untuk mengecek gejala COVID-19 secara mandiri. Aplikasi online ini menggunakan teknologi berbasis machine learning yang dapat menilai kelayakan seseorang untuk mengikuti tes COVID-19 dengan metode PCR (Polymerase Chain Reaction).

Bagi yang akan mengikuti tes CLM ini, kamu harus menjawab beberapa pertanyaan dengan jujur. Selanjutnya di akhir tes akan muncul skor berdasarkan jawaban. Skor tersebut akan menentukan apakah kamu masuk dalam kontak erat atau kasus suspek sesuai dengan data kasus COVID-19 dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Makin besar skornya maka kamu memiliki risiko tinggi terpapar COVID-19. Dan saat kamu mendapatkan skor yang besar maka kamu akan disarankan untuk melakukan PCR.

Baca juga: Cari Tahu! Dampak Corona Terhadap Kehidupan Manusia

Sebelumnya, CLM hanya digunakan sebagai syarat pembuatan SIKM. Namun, saat ini CLM sudah dialihfungsikan menjadi hal yang wajib dimiliki bagi orang yang akan bepergian ke luar atau memasuki wilayah Jakarta.

Cara mengisi CLM

Cara mengisi CLM melalui aplikasi JAKI.
Cara mengisi CLM melalui aplikasi JAKI. Photo by Beritasatu

Untuk mengisi CLM secara online, kamu harus mengunduh aplikasi JAKI terlebih dahulu. Berikut ini cara mengisi CLM secara online lewat aplikasi JAKI:

  1. Unduh aplikasi JAKI
  2. Buka Aplikasi JAKI lalu pilih menu JakCLM
  3. Klik Ikuti Tes
  4. Klik Selanjutnya lalu ikuti petunjuk yang ada
  5. Isi pernyataan persetujuan, nama lengkap, dan tanggal tes
  6. Klik Mulai Tes
  7. Isi identitas diri
  8. Jawab pertanyaan yang diberikan seputar kondisi dan riwayat kesehatan, riwayat kontak dengan pasien atau suspect COVID-19, dan riwayat bepergian.
  9. Jawab pertanyaan dengan jujur
  10. Setelah itu, muncul rangkuman mengenai data diri dan jawaban yang sudah diisi. Pastikan data tersebut benar.
  11. Klik kotak ceklis Saya telah mengisi tes ini dengan jujur dan benar
  12. Klik Lihat Hasil Tes

Perlu diingat, bahwa dalam pengisiannya kamu harus mengisi identitas diri sejujur-jujurnya. Sebab, jika kamu mendapatkan hasil sebagai orang yang diprioritaskan untuk mengikuti tes PCR, maka data diri yang kamu isi akan dicocokan dengan kartu identitasmu atau KTP.

Adapun jika kamu termasuk sebagai orang yang diprioritaskan untuk tes PCR, maka sistem dari CLM akan memberikanmu jadwal tes di fasilitas kesehatan terdekat dengan alamat tempat tinggalmu. Tapi, jika tidak termasuk prioritas maka CLM akan memberikan rekomendasi kesehatan yang harus dilakukan sesuai dengan gejala yang kamu alami. Dan jika tidak mengalami gejala apapun, pada akhir tes kamu akan dinyatakan aman. Sehingga saat ke bandara atau stasiun, kamu tinggal tunjukkan hasil tes CLOM tanpa perlu membawa dokumen lain.

Demikianlah cara isi CLM online yang bisa digunakan untuk bepergian keluar masuk wilayah DKI Jakarta. Ingat ya TemanKlik, dalam pengisian harus jujur agar dapat membantu pemerintah dalam meredam persebaran virus COVID-19 ini dan pandemi bisa berangsur-angsur menghilang.

Mungkin Anda juga menyukai