Ingin Jadi Influencer Terkenal dan Dapat Banyak Uang? Simak 11 Tips Ini

jadi influencer sukses
Waktu baca: 5 menit

Jika ditanya mengenai cita-cita saat masih kecil, banyak yang akan menjawab mau menjadi dokter, pilot, insinyur dan beberapa profesi lainnya yang sudah sering terdengar di masyarakat. Itu bukanlah sesuatu hal yang aneh karena memang jawaban-jawaban tersebut sudah menjadi siklus yang terus terulang selama puluhan tahun. Tapi tidak untuk masa kini.

Jika kamu bertanya persoalan cita-cita kepada anak-anak yang masih kecil, maka akan terselip jawaban seperti selebgram, YouTuber hingga influencer. Mungkin ketika mendengar jawaban itu, kamu akan mengernyitkan dahi, tapi perlu diingat. Paparan internet dan media sosial sudah membuat anak-anak masa kini menjadi lebih peka dan tertarik dengan profesi yang berhubungan langsung dengan dunia maya.

Jadi Influencer Supaya Terkenal

Anak-anak masa kini pastinya sudah melihat bagaimana internet bisa membawa ketenaran dan uang secara lebih mudah. Bermodalkan foto indah dan caption yang menarik, followers akan datang dengan sendiri. Tapi jangan salah, tidak hanya anak-anak kecil saja yang mau berprofesi menajdi selebgram, YouTuber atau influencer. Yang sudah terhitung remaja hingga dewasa pun terkadang terselip keinginan untuk bisa terkenal di media sosial. Pada dasarnya, itu bukan sesuatu hal yang aneh.

Menurut artikel Huffington Post, ketenaran adalah budaya dari keinginan warga Amerika Serikat yang melihat bagaimana ada orang-orang “terpilih” yang bisa tenar dan dikenal oleh banyak orang. Dengan budaya Amerika Serikat yang sudah mendunia, itu membuat sebagian besar orang di seluruh dunia ingin tenar dengan caranya masing-masing. Beruntung, berkat kemunculan media sosial, orang-orang bisa tenar lebih mudah. Begitu juga dengan kamu.

Kamu bisa tenar dengan lebih mudah tanpa perlu menggunakan cara old school yang ketika kamu mendengarkannya saja sudah membuat kamu malas. Kalau memang kamu berniat jadi influencer dan menghasilkan banyak uang, maka kamu wajib membawa 12 tips di bawah ini. Dengan membaca tips-tips ini dan mempraktekkannya dalam gaya hidup kamu di media sosial, maka kamu bisa semakin dekat untuk menjadi influencer.

Tentukan platform yang ingin kamu gunakan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan platform yang ingin kamu gunakan. Saat ini, ada dua media sosial yang paling kuat untuk digunakan sebagai ‘pemberi pengaruh’ yaitu Twitter dan Instagram. YouTube pun sebenarnya bisa menjadi platform yang kamu pilih juga.

jadi influencer youtube
Salah satu acara YouTube FanFest sebagai ajang kumpul bareng para kreator via muvila.com

Kamu harus menentukan mana yang menurut kamu paling nyaman dan paling cocok dengan gaya sekaligus kemampuan kamu. Jika kamu suka dengan visual serta memiliki gaya fashion yang menarik, maka Instagram adalah platform yang cocok untuk kamu. Tapi kalau kamu lebih suka menggunakan rangkaian kata-kata menarik, maka Twitter bisa menjadi pilihan yang paling tepat bagi kamu. Sesuaikan pilihan media sosial dengan kesukaan kamu sehingga saat berusaha untuk jadi influencer, kamu menjalaninya dengan nyaman.

Gunakan akun bisnis di media sosial

Biasanya di setiap platform selalu ada opsi untuk menggunakan akun business yang lebih berguna untuk orang-orang yang menggunakan media sosialnya sebagai medium untuk ‘menjual diri’. Dan kamu juga perlu menggunakan akun business ini sehingga kamu bisa terlihat lebih profesional.

Selain itu biasanya disediakan fitur analytic yang bisa berguna dalam melihat pergerakan interaksi antara kamu dengan followers. Dengan fitur ini, kamu bisa melihat bagaimana progres kamu di media sosial. Terkadang ada strategi tersendiri yang muncul untuk menaikkan progres kamu berdasarkan anayltic yang sudah ditampilkan.

Tentukan brand sendiri

Hal kedua yang harus kamu lakukan adalah menentukan brand kamu sendiri. Sebagai influencer, pastinya memiliki brand yang ingin dijual. Misalnya influencer yang berhubungan otomotif, travel atau pun kuliner. Semua punya keunggulan masing-masing sekaligus pasar yang sudah tercipta dengan sendirinya sehingga kamu tidak perlu repot-repot lagi dalam hal menarik followers.

Baca juga: Ketahui Pentingnya Personal Branding Di Era Digital

Untuk itu, kamu perlu tentukan brand apa yang ingin kamu lekatkan ke dalam diri kamu sebagai influncer. Pilihan yang paling mudah tentunya adalah memilih hobi kamu sendiri karena pada dasarnya, nanti apa yang kamu tampilkan adalah apa yang sudah ada di dalam diri kamu sejak dulu.

Be yourself!

Hal ketiga yang harus kamu lakukan adalah menentukan image yang ingin kamu perkenalkan. Kalau di nomor dua berbicara mengenai brand yang nantinya akan berguna untuk klien yang akan bekerja sama dengan kamu, maka yang nomor tiga adalah image yang lebih berhubungan dengan cara berbicara, bersikap, berkomentar hingga berpikir.

Tapi lebih disarankan agar kamu menjadi diri kamu sendiri saja. Jika kamu orang yang cerewet, tunjukkan itu. Jika kamu orang yang humoris, tunjukkan itu juga. Jadi dengan memilih image yang sudah kamu tampilkan sejak dulu, maka kamu tidak perlu berpura-pura di depan publik.

Sediakan konten yang menarik

Hal kelima yang harus kamu lakukan adalah selalu menyediakan konten yang menarik. Apa lagi yang akan kamu jual kalau bukan konten? Maka dari itu, kamu harus selalu berusaha keras dalam membuat konten yang menarik agar banyak orang yang mau follow akun media sosial kamu dan terus bertahan demi bisa melihat konten-konten menarik dari kamu.

konten menarik skinnyindonesian24
SkinnyIndonesian24 dengan parodi Rap Battle dalam rangka Pemilu Presiden 2019 via youtube.com

Jangan lupa untuk mencoba mengikuti tren yang ada. Biasanya ketika satu tren muncul, para influencer lain mencoba mengikutinya. Kamu pun tidak boleh melewatkan kesempatan yang ada. Dengan mengikuti tren, akan ada banyak orang yang mau melihat konten yang kamu buat.

Gunakan hashtag

Hal keenam yang harus kamu lakukan adalah menggunakan hashtag atau tagar (#). Biasanya di setiap postingan, selalu diikuti oleh hashtag, khususnya di Instagram. Maksimalkan penggunaan hashtag karena secara otomatis, jangkauan postingan kamu akan jauh lebih luas lagi. Interaksi dengan para pengguna media sosial akan jauh lebih tinggi juga.

Perhatikan kualitas konten

Hal ketujuh yang harus kamu lakukan adalah memperhatikan kualitas video dan foto yang dibagikan. Untuk masalah konten, kamu tidak bisa bermain-main di bagian ini. Kamu harus selalu memberikan yang terbaik, dari foto maupun video, agar banyak yang melihat akun kamu sekaligus mengagumi apa yang mereka lihat di layar smartphone mereka.

Dengan memiliki kualitas foto dan video yang berkualitas, pundi-pundi uang juga akan datang dengan sendirinya karena klien bisa tertarik untuk menggunakan jasa kamu sebagai influencer.

Sering berinteraksi dengan followers

Hal kedelapan yang harus kamu lakukan adalah sering berinteraksi dengan followers. Kamu harus selalu ingat kalau followers adalah kumpulan orang yang rela mengikuti konten yang kamu buat dan memperhatikan apa yang kamu lakukan karena menurut mereka, kamu itu menarik dan layak untuk di-follow. Untuk itulah kamu harus sering berinteraksi dengan followers karena tanpa mereka, kamu tidak bisa menjadi influencer dengan mudah.

Jadi influencer yang memberikan positive vibes

Hal kesembilan yang harus lakukan adalah memberikan manfaat untuk para followers. Ya, kamu jangan hanya memikirkan estetika saja, tapi juga harus bisa memberikan manfaat untuk para followers. Dari motivasi, semangat hingga ide-ide menarik bisa saja kamu berikan kepada mereka. Dan itu pastinya sangat berarti untuk mereka juga.

Bijak menggunakan media sosial

Sebagai influencer, gerak-gerik kamu pastinya akan diperhatikan, dan untuk memberikan pengaruh yang baik, kamu harus lebih bijak dalam menggunakan media sosial. Jangan sembarangan lagi dalam memberikan komentar atau pandangan karena hal itu bisa sangat berbahaya untuk kelangsungan popularitas kamu di media sosial. Berusaha untuk bijak malah akan membawa pengaruh positif yang berguna juga untuk kamu ke depannya, apalagi jika berbicara mengenai masalah citra yang tentunya sangat menentukan bagi para influencer.

Think before you talk. Sometimes the words you say can only be forgiven, not forgotten.

Jhemina Suarez M.

Bersikap profesional

Hal terakhir yang harus kamu lakukan saat jadi influencer adalah bersikap profesional. Ya, kamu bisa terkenal, bisa punya followers, tapi ketika sikap kamu tidak profesional, apalagi urusan pekerjaan, maka itu tidak akan berarti apa-apa. Satu persatu klien yang ingin memakai jasa kamu akan mundur teratur sehingga merugikan kamu juga. Maka dari itu, bersikaplah profesional dan lakukan apa yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak.

Itulah tips-tips jadi influencer terkenal dan menghasilkan banyak uang. Kamu pastinya perlu melakukan apa yang sudah ditulis di atas agar bisa mendapatkan dampak maksimal di media sosial sekaligus membuat kamu bisa membentuk diri sesuai dengan apa yang kamu inginkan selama ini.

You may also like...

Leave a Reply