Sama-sama Barang Bekas, Ini Dia Perbedaan Preloved dan Thrift

Seorang sedang belanja thrifting
Sama-sama Barang Bekas, Ini Dia Perbedaan Preloved dan Thrift. Photo by Pexels
Waktu baca: 5 menit

Keuntungan dari Membeli Barang Preloved atau Thrift

Cara Mengatasi Krisis Keuangan Rumah Tangga
Keuntungan belanja barang preloved atau thrift. Photo by @dylu

Selain harga yang terjangkau, apa saja keuntungan dari berbelanja barang preloved atau thrift?

  • Menemukan barang yang unik dan langka

“Seperti menemukan harta karun” mungkin ungkapan tersebut sangat tepat untuk menggambarkan bagaimana rasanya berbelanja barang preloved ataupun barang thrift. Pilihan yang beragam dan tidak terbatas dari mana asalnya hingga tahun produksinya membuat kamu akan menemukan barang unik dan langka. Faktor ini yang membuat banyak orang gemar untuk berbelanja barang preloved ataupun barang thrift.

  • Hemat biaya

Harga yang jauh lebih terjangkau sudah menjadi alasan utama seseorang memutuskan untuk berbelanja barang preloved ataupun barang thrift. Bahkan kamu bisa mendapatkan barang dengan jumlah yang sangat banyak dengan harga yang cukup terjangkau.

  • Menjaga kelangsungan lingkungan hidup

Limbah tekstil merupakan salah satu isu lingkungan hidup saat ini. Keberadaan industri fast fashion yang selalu memproduksi barang dengan jumlah banyak memberikan dampak akan meningkatnya daya konsumsi masyarakat yang menyebabkan peningkatan akan limbah tekstil.

Limbah tekstil merupakan salah satu sampah yang sangat sulit untuk terurai. Maka dari itu, hal ini menjadi masalah dunia akan kelangsungan lingkungan hidup. Dengan membudayakan membeli barang bekas seperti preloved dan thrift, tentunya akan mengurangi limbah tekstil itu sendiri. Membeli baju bekas layak pakai yang tidak terpakai lagi dapat memperpanjang usia pemakaian dari baju tersebut.

Tips saat Berbelanja Barang Preloved atau Thrift

ilustrasi chart belanja online
Tips belanja barang preloved atau thrift. Photo by Pixabay

Sebelum hunting barang preloved ataupun barang thrift, ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan, diantaranya;

  • Menentukan jenis pakaian yang akan kamu beli

Banyak opsi barang yang ditawarkan membuat kamu akan merasa bingung dan kewalahan sendiri. Oleh karena itu, sebelum kamu memutuskan untuk membeli barang preloved ataupun melakukan thrifting, pastikan kamu sudah menentukan jenis pakaian yang kamu cari. Apakah kamu mencari outer? celana? Atau hal yang lebih spesifik seperti sepatu boots dan lainnya.

  • Memilih dengan cermat

Opsi yang banyak bukan berarti kamu harus kalap tidak karuan! Kamu harus tetap cermat dalam memilih barang yang akan kamu beli. Pastikan terlebih dahulu apakah dari segi kualitas baik, kondisinya masih bagus, barang inikah yang kamu cari dan apakah harganya terjangkau. Jika kamu belum menemukan yang pas, hendaknya kamu bersabar dalam hunting barang preloved ataupun saat sedang thrifting.

  • Mencuci pakaian dengan bersih

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, kondisi dari barang preloved dan barang thrift bukanlah barang baru. Hal ini berarti barang tersebut sudah melewati berbagai macam proses yang panjang. Kebersihan akan barang tersebut tidak terjamin. Oleh karena itu, pastikan kamu mencucinya dengan bersih.

Bagaimana? Dengan berbagai macam keuntungan yang di dapatkan, apakah kamu sekarang tertarik untuk belanja barang preloved atau barang thrift?

Mungkin Anda juga menyukai