Emas Kuning vs Emas Putih: Mana yang Lebih Baik untuk Dijadikan Investasi?

Emas
Emas Kuning vs Emas Putih: Mana yang Lebih Baik untuk Dijadikan Investasi? Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Jika ditanya mana yang lebih baik antara emas kuning atau emas putih, sudah pasti jawaban setiap orang tidak akan sama. Walaupun keduanya sama-sama emas, namun semuanya balik lagi ke selera orang masing-masing.

Namun, bagaimana jika emas tersebut dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Apakah keduanya masih memiliki nilai yang sama? Atau ada yang lebih unggul diantara keduanya jika dijadikan investasi jangka panjang?

Baca Juga: Sebelum Berinvestasi, Kenali Harga Emas Terkini dan Faktor yang Mempengaruhinya

Emas Kuning

Emas kuning biasanya berbentuk perhiasaan dan juga emas batangan seperti logam mulia. Pada umunya emas kuning sangat mudah ditemui. Bahkan emas pada umumnya identik dengan emas kuning. Dari segi daya tahan terhadap kerusakan, emas kuning dapat dikatakan cukup kuat walaupun wujudnya lunak. Maka dari itu, harus sedikit berhati-hati saat menggunakan perhiasaan yang berbahan dasar emas kuning. Karena wujudnya yang lunak memudahkannya untuk tergores.

Emas kuning juga cocok untuk digunakan sehari-hari dan tidak perlunya perawatan khusus saat kamu menggunakannya berulang-ulang. Bahkan jika terjadi kerusakan, emas kuning sangat mudah untuk diperbaiki.

Namun di sisi lain, dengan beriringnya waktu, warna dari emas kuning akan pudar di makan usia. Untuk menjaga warnanya, kamu perlu memoleskan emas kuning secara rutin. Kamu tidak perlu khawatir! Biaya perawatan untuk mas kuning tidak memakan banyak biaya dan prosesnya juga tidak memakan waktu banyak.

Emas Putih

Emas putih biasanya berbentuk dalam bentuk perhiasaan. Dibandingkan dengan emas kuning,  perhiasaan yang terbuat dari emas putih memiliki kesan yang anggun dan juga terlihat lebih mahal. Daya tahan terhadap kerusakan dari emas putih jauh lebih kuat dibandingkan dengan emas kuning. Wujud dari emas putih juga lebih keras dibandingkan dengan emas kuning.

Berbeda dengan emas kuning, biaya perawatan untuk mas putih relatif lebih mahal dibandingkan dengan emas kuning. Namun, sama hal nya dengan emas kuning, warna dari emas putih juga akan pudar. Hal ini dikarenakan emas putih dilapisi oleh lapisan rhodium yang membuat emas putih bisa pudar dan tidak bersinar lagi. Maka saat kamu memutuskan untuk menggunakan emas putih sebagai perhiasaan sehari-hari, pastikan untuk selalu melapisi ulang lapisan rhodiumnya.

Harga Jual Emas Kuning dan Emas Putih

Salah satu alasan seseorang memutuskan untuk menyimpan emas yaitu adanya harapan untuk mendapatkan keuntungan saat menjualnya kembali. Lalu, bagaimana harga jual emas kuning dan emas putih? Apakah keduanya memiliki harga jual yang setara?

Seperti yang diketahui bahwa harga jual beli emas setiap harinya tidak menentu. Sama halnya dengan harga jual emas putih dan emas kuning yang tidak menentu. Namun jika dibandingkan antara keduanya, emas putih memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan emas kuning. Lapisan rhodium yang ada dalam emas putih membuat nilainya menjadi lebih tinggi dibandingkan emas kuning. Bahkan harga dari lapisan rhodium bisa berlipat- lipat dibandingkan harga emas itu sendiri.

Seperti penjelasan sebelumnya, dari segi daya tahan dan biaya perawatan, emas putih relatif jauh lebih mahal dibandingkan emas kuning. Maka dari itu, nilai emang putih lebih tinggi dibandingkan emas kuning.

Keuntungan dari Emas Putih dan Emas Kuning

Setelah mengetahui perbedaan akan emas kuning dan emas putih, kini saat mengetahui keuntungan dari keduanya. Berikut ini adalah keuntungan dari emas putih dan emas kuning, diantaranya;

Emas Putih:

  • Emas putih lebih kuat dan lebih tahan lama dibandingkan dengan emas kuning
  • Emas putih mudah dibentuk dan terasa ringan walapun lebih kuat dibandingkan emas kuning
  • Harga emas putih dibandingkan platinum dan titanium relatif jauh lebih murah
  • Emas putih lebih dapat membuat berlian bersinar dibandingkan emas kuning

Emas Kuning:

  • Emas kuning merupakan campuran emas murni
  • Tidak perlu ada lapisan seperti emas putih
  • Harganya lebih murah dibandingkan emas putih

Kekurangan dari Emas Putih dan Emas Kuning

Dibalik kelebihannya, emas putih dan emas kuning juga memiliki kekurangan. Pastikan kamu tahu betul kekurangan dari emas putih dan emas kuning sebelum memutuskan untuk membelinya. Kekurangan dari emas putih dan emas kuning diantaranya;

Emas Putih:

  • Adanya lapisan rhodium yang membuat emas putih akan pudar dengan seiring berjalannya waktu
  • Harga beli emas putih relatif mahal dibandingkan emas kuning
  • Biaya perawatan emas putih tinggi

Emas Kuning:

  • Wujud yang lunak memudahkannya untuk tergores
  • Warnanya akan pudar dan harus dipoles

Mana yang lebih Baik untuk Investasi, Emas kuning atau Emas Putih?

Selain untuk mempercantik diri dan menaikkan status sosial, emas juga kerap dijadikan investasi jangka panjang. Namun, dibandingkan emas kuning dan emas putih, manakah yang lebih baik untuk dijadikan investasi jangka panjang?

Pada umumnya, nilai emas dinilai dari kandungan yang ada di dalamnya. Oleh sebab itu, banyak orang yang memutuskan untuk menyimpan logam mulia untuk dijadikan investasi. Kandungan emas yang terdapat pada logam mulia lebih tinggi dibandingkan emas dalam bentuk perhiasaan.

Logam mulia, emas murni dan batangan pada umumnya berbahan dasar emas kuning. Emas murni memiliki kadar hingga 99.9% logam mulia. Oleh karena itu harganya pun juga tinggi.

Emas putih pada dasarnya tidak terlalu cocok untuk dijadikan investasi jika dibandingkan dengan emas kuning. Hal ini dikarenakan harga emas putih akan turun disaat kualitas lapisan rhodiumnya menurun. Kamu harus mengeluarkan biaya yang tidak murah untuk menjaga dan memoles ulang lapisan rhodium tersebut.

Maka dari itu, jika berbicara masalah investasi jangka panjang, emas putih bukan jadi pilihan yang tepat untuk dijadikan investasi.

Artikel Lainnya