Inilah 8 Kota Terbaik untuk Investasi Properti Saat Ini

kota terbaik untuk mulai investasi properti.
Waktu baca: 4 menit

Sebelum memutuskan untuk investasi properti, kamu harus bisa menentukan kota terbaik. Sebab, kota terbaik untuk investasi properti akan menjadi acuan seberapa besar keuntungan yang kamu peroleh. Apalagi, properti menjadi salah satu investasi yang paling menjanjikan.

Potensi keuntungan yang didapatkan jika berinvestasi properti ialah cenderung meningkat. Maka dari itu, kini banyak peminat dari investasi properti. Biasanya, mereka terpusat pada kota-kota besar dan yang memiliki daya tarik wisatawan tersendiri seperti kota Jakarta dan Bali.

Padahal, masih banyak lokasi lain yang terbaik untukmu memulai investasi properti. Apalagi dengan sudah ditentukannya perpindahan ibu kota negara Indonesia. Lalu di manakah kota-kota yang menjadi lokasi terbaik untuk investasi properti? Berikut daftarnya dilansir dari Kompas.com.

Samarinda

Kota Samarinda jadi salah satu kota terbaik investasi properti.
Sungai Mahakam, Samarinda. Photo by Getborneo.com

Kota Samarinda merupakan salah satu kota terbesar yang ada di Pulau Kalimantan. Saat ini, Samarinda memiliki banyak potensi ekonomi yang menjanjikan. Pertumbuhan ekonomi di Samarinda bisa dikatakan sangat pesat. Hal itu dikarenakan dukungan dari berbagai sektor industri yang berkembang, seperti pertambangan, minyak bumi, perdagangan, dan lain sebagainya.

Adapun nilai investasi kota yang memiliki julukan Kota Tepian ini setiap tahunnya selalu meningkat. Maka wajar saja jika menjadi daya tarik yang menjanjikan, apalagi bagi kamu yang ingin melakukan investasi properti.

Baca juga: Ingin Investasi Tanah Kebun? Ketahui 10 Hal Ini Dahulu

Makassar

Monumen Mandala, kota Makassar
Monumen Mandala, kota Makassar. Photo by Tribun Makassar

Makassar merupakan salah satu kota yang perkembangan ekonominya terbilang pesat. Bahkan, bisa dikatakan meningkat tajam setiap tahunnya. Hal itu disebabkan banyaknya sektor yang menjanjikan. Maka tak heran jika banyak investor yang berinvestasi di Makassar dalam sektor perikanan, energi, transportasi, pariwisata, dan lain-lain.

Adapun perkembangan infrastruktur kota Makassar cukup menjanjikan. Jika dilihat perkembangannya, Makassar sangat layak untuk jadi pilihan lokasi investasi properti.

Pekanbaru

Kota Pekanbaru
Kota Pekanbaru, salah satu kota untuk investasi properti. Photo by Riausky

Selama 3 tahun berturut-turut, kota Pekanbaru menjadi salah satu kota terbaik di Indonesia untuk berinvestasi. Apalagi, kota Pekanbaru menjadi salah satu pusat berkumpulnya perusahaan asing bidang tertentu seperti industri kayu, minyak bumi, sawit, dan lainnya.

Maka dari itu, bisa dikatakan kota Pekanbaru menjadi kota yang sangat layak dipertimbangkan oleh kamu untuk memulai investasi properti.

Medan

Kota Medan, Sumatera Utara
Kota Medan, Sumatera Utara. Photo by Sumutinvest

Kota Medan menjadi salah satu kota yang layak untuk dipertimbangkan bagi investor pasalnya kota ini memiliki pelabuhan utama yang mendukung aktifitas ekonominya. Selain itu, Medan juga memiliki potensi alam yang kaya.

Ada banyak sekali sektor yang berkembang di Medan, antara lain pertanian, industri, perkebunan, pariwisata, dan lainnya. Semua hal tersebut sudah pasti akan mendukung pesatnya perkembangan investasi properti di kota terbesar ketiga di Indonesia ini.

Bandung

Kota Bandung sebagai salah satu kota terbaik investasi properti
Alun-alun kota Bandung. Photo by Mybandung.id

Bandung menjadi salah satu kota yang kaya akan potensi industri dan juga pariwisatanya. Hal itu dikarenakan berbagai industri kreatif tumbuh pesat di berbagai penjuru kota Bandung. Sehingga tidak heran jika kota yang dijuluki Kota Kembang ini selalu ramai.

Maka dari itu, kota Bandung menjadi salah satu pilihan yang paling layak dijadikan lokasi investasi properti. Apalagi geliat ekonomi di berbagai bidang tampak bergairah, seperti di industri fashion, kuliner, seni, dan lainnya.

Yogyakarta

Kawasan Tugu, Yogyakarta.
Kawasan Tugu, Yogyakarta. Photo by Koran Bernas

Dikenal sebagai Kota Pendidikan, Yogyakarta memang selalu ramai oleh pendatang sepanjang tahun. Tidak hanya untuk menempuh pendidikan saja, pendatang juga banyak yang memilih untuk berlibur di kota Yogyakarta.

Potensi industri kreatif dan pertumbuhan pariwisatanya bisa dikatakan begitu pesat. Dengan alasan itulah Yogyakarta menjadi pilihan sebagai tempat berinvestasi properti.

Semarang

Tugu Muda, Kota Semarang
Tugu Muda, Kota Semarang. Photo by Wikipedia

Kota Semarang menjadi salah satu kawasan industri yang berpotensi di pulau Jawa. Kota ini juga memiliki nilai investasi yang tinggi setiap tahun, terutama dari investor asing.

Saat ini, ada banyak industri besar yang berkembang di Semarang, seperti di tekstil, mesin, dan lainnya. Adapun lokasi dari kota ini juga sangat berpotensi untuk investasi properti.

Surabaya

Patung icon kota Surabaya.
Patung icon kota Surabaya. Photo by Intisari

Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya memiliki pergerakan bisnis yang menjanjikan. Kota yang dijuluki sebagai Kota Pahlawan ini memiliki sektor perdagangan dan industri yang berkembang dengan pesat. Bahkan, diprediksi akan terus berkembang ke depannya. Maka dari itu, wajar saja jika potensi keuntungan investasi properti di Surabaya sangat menjanjikan.

Baca juga: Strategi Bikin Bisnis Sewa Apartemen Hasilkan Banyak Uang

Setelah mengetahui beberapa kota yang berpotensi untuk investasi properti, sekarang giliran kamu untuk mempertimbangkan dengan matang. Setelah itu, kamu bisa menentukan pilihan, kota mana yang akan kamu pilih untuk memulai investasi propertimu. Selamat berinvestasi.

You may also like...

Leave a Reply