Kesalahan Umum yang Kerap Dilakukan Saat Berinvestasi

Kesalahan umum yang selalu dilakukan oleh investor
Waktu baca: 3 menit

Banyak orang yang mulai berinvestasi untuk bisa memperoleh keuntungan yang besar di masa yang akan datang. Memang, tujuan utama investasi adalah memperoleh keuntungan di masa depan. Namun, kebanyakan masih banyak orang yang awam dan tidak memiliki pengetahuan terkait investasi.

Perlu diingat, dalam investasi tidak ada hal yang pasti 100 persen. Terkadang ada investor yang melakukan kesalahan-kesalahan yang umum terjadi dalam berinvestasi. Hal itu dianggap wajar karena bisa jadi pengalaman belajar dalam hal investasi. Namun, jika kesalahan tersebut selalu dilakukan maka yang ada kamu tidak akan mendapatkan keuntungan yang kamu inginkan.

Nah berikut kesalahan-kesalahan umum yang sering dilakukan banyak orang saat berinvestasi dikutip dari Etnonews.com.

Tak peduli dengan risiko

Tidak peduli dengan risiko
Tidak memperdulikan risiko investasi yang terjadi. Photo by Pixabay

Orang-orang berinvestasi biasanya menyampingkan risiko yang akan terjadi. Biasanya hanya terfokus pada keuntungan-keuntungan yang akan didapatkan. Hal itu tidaklah baik karena bisa membuatmu menggelontorkan dana yang terbilang cukup menguras kantong untuk investasi yang kamu tidak paham risikonya. Jadi sebelum mulai investasi, ketahuilah terlebih dahulu risikonya. Dengan begitu, kamu bisa makin siap secara emosional jika kehilangan uang.

Baca juga: Skema Ponzi: Pengertian, Ciri-ciri, Serta Contohnya

Tidak memiliki tujuan yang jelas

Tidak punya kesalahan
Tidak punya tujuan yang jelas untuk berinvestasi. Photo by Pixabay

Sebelum berinvestasi, alangkah baiknya kamu menentukan tujuan yang akan dicapai terlebih dahulu. Apalagi semua investasi tidak menghasilkan return yang sama.

Jika kamu sudah menentukan tujuanmu berinvestasi, maka kamu bisa memilih instrumen investasi dengan hati-hati. Namun, jika kamu belum tahu berapa banyak dan sampai kapan kamu berinvestasi untuk mencapai tujuan, maka kemungkinan besar kamu tidak dapat memilih investasi dengan tepat.

Mempersempit portofolio investasi

Kesalahan umum saat berinvestasi
Kesalahan yang kerap dilakukan adalah mempersempit portofolio yang dimiliki. Photo by Pexels

Dengan mempersempit portofolio, hal itu membuatmu jadi lebih rentan kehilangan uang. Maka dari itu, penting bagimu untuk diversifikasi portofolio dengan berinvestasi dalam berbagai aset seperti reksa dana, saham ekuitas, real estate, dan lain-lain.

Ingin cepat untung

Fokus untung sat investasi
Hanya fokus untuk untung saat investasi. Photo by Pexels

Saat berinvestasi di pasar saham, banyak orang yang mengharapkan imbal hasil dengan segera. Padahal, bisa saja keuntungan yang kamu dapat akan besar dalam waktu yang tepat. Jangan lupa untuk mempelajari dasar-dasar pasar saham sebelum berinvestasi di pasar saham.

Lupa evaluasi

Evaluasi
Evaluasi saat investasi penting. Photo by Pexels

Meninjau investasi sangat penting buatmu. Khususnya bagi yang berinvestasi di reksa dana, investasi pasar saham, real estate, atau deposito berjangka. Disarankan kamu meninjau investasimu sekali atau dua kali setahun untuk mengetahui apakah sudah sesuai jalan menuju tujuanmu atau belum.

Itulah beberapa kesalahan umum yang dilakukan oleh investor baik itu pemula atau yang sudah lama. Maka dari itu kamu harus menghindari beberapa kesalahan di atas agar kamu mengetahui manfaat investasi seperti yang ada di artikel manfaat investasi di masa depan yang bisa kamu rasakan.

You may also like...

Leave a Reply