Perbandingan Mobil Baru dan Bekas yang Perlu Diketahui

Perbandingan beli mobil baru dan bekas yang perlu kalian tahu
Waktu baca: 3 menit

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang saat ini jadi penting dan dibutuhkan untuk membantu dalam mobilitas sehari-hari. Selain melindungi pengemudi dari terik panas atau deras hujan di jalanan, mobil juga memiliki kenyamanan yang tinggi daripada kendaraan umum lainnya.

Dengan makin banyak orang yang berminat memiliki mobil, maka saat ini tersedia pilihan untuk membeli mobil baru atau bekas. Namun, sebelum memutuskan untuk membelinya, kamu harus tahu perbandingan antara beli mobil baru dan bekas. Hal itu agar kamu bisa menyesuaikan budget yang kamu miliki.

Lalu, apa saja perbandingan antara beli mobil baru dan bekas? Ini penjelasannya,

Harga

Perbandingan harga mobil baru dan bekas.
Perbandingan harga mobil baru dan bekas. Photo by Pixabay

Saat memutuskan untuk membeli mobil baru, sudah pasti kamu harus menggelontorkan dana yang tidak sedikit. Apalagi jika kamu memilih mobil yang memiliki fitur terbaru. Makin hebat fiturnya, makin mahal pula harganya. Dengan begitu, saat memutuskan untuk membeli pasti akah menggunakan layanan kredit.

Sementara, saat memilih membeli mobil bekas kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah namun punya kualitas yang bagus. Apalagi saat ini banyak perusahaan perakit mobil yang meluncurkan mobil keluaran baru sehingga jumlah mobil bekas banyak dan kamu dengan mudah bisa memilihnya.

Perawatan

Perawatan mobil baru dan bekas.
Perawatan untuk mobil bekas berbeda dengan mobil baru. Photo by Pexels

Saat membeli mobil baru, sudah pasti kamu tidak perlu menggelontorkan dana tambahan lagi untuk perawatan setelah keluar dari dealer. Kamu cukup menyiapkan dana untuk melakukan perawatan rutin tiap bulan.

Untuk mobil bekas, kamu harus menyiapkan dana ekstra untuk perawatan dan pengecekan di awal. Sebab, kondisi mobil bekas itu berbeda-beda. Bisa saja kamu mendapatkan mobil yang sudah agar rusak karena harganya sangat miring. Atau mungkin jika kamu sedang beruntung malah mobil bekas yang didapatkan seperti mobil yang baru keluar dari pabrik.

Baca juga: Ini 4 Kebiasaan yang Bikin Mobilmu Boros Bahan Bakar

Penggunaan

Perbedaan penggunaan mobil baru dan bekas.
Perbedaan penggunaan mobil bekas dan baru yang baru saja dibeli. Photo by @matthewhenry

Setelah membeli mobil baru, kamu tidak bisa langsung menggunakannya. Hal itu karena kamu harus menunggu kurang lebih 1-3 minggu untuk menyelesaikan surat-surat kendaraan.

Berbeda dengan mobil baru, mobil bekas bisa langsung digunakan setelah kamu menyelesaikan pembayarannya. Hal itu karena surat-suratnya sudah siap. Selain itu, kamu cukup melakukan balik nama agar pembayaran pajak bisa berjalan dengan lancar.

Garansi

Garansi dari produsen mobil bisa berpengaruh untuk harga mobil
Perbedaan garansi mobil baru dan bekas. Photo by Carmudi

Saat membeli mobil baru, sudah pasti kamu akan mendapatkan garansi dari produsen. Biasanya, garansi yang diberikan bisa selama 36 bulan atau 100.000 km untuk semua komponen kecuali ban. Jadi, saat mobil yang kamu beli ada cacat pabrik pada komponen atau bodi mobil, maka pihak produsen akan menggantinya dengan yang baru secara cuma-cuma.

Namun, untuk mobil bekas, tawaran terkait garansi agak sulit untuk didapatkan. Hal itu tergantung dengan penjual dari mobil bekas tersebut mau memberikan garansi atau tidak.

Bonus

Bonus yang didapatkan saat beli mobil.
Bonus yang didapatkan saat beli mobil. Photo by Pixabay

Dengan membeli mobil baru, bisa jadi kamu mendapatkan bonus-bonus yang tidak terduga dari produsen. Biasanya, bonus yang diberikan berupa fasilitas servis gratis beberapa kali hingga batas waktu atau jarak tempuh yang sudah ditentukan. Sementara, saat membeli mobil bekas, kecil kemungkinannya untuk mendapatkan bonus dari penjualnya.

Itulah beberapa perbandingan saat kamu memutuskan untuk beli mobil baru atau bekas. Yang perlu diingat ialah, belilah mobil sesuai dengan kebutuhan dan biaya yang dimiliki.

You may also like...

Leave a Reply