Pengertian Leasing, Jenis, Manfaat, dan Tujuannya

tanda tangan kontrak leasing
Pengertian Leasing, Jenis, Manfaat, dan Tujuannya. Photo by Pixabay
Waktu baca: 3 menit

Banyak yang mengira jika leasing itu sama saja dengan kredit. Padahal keduanya adalah hal yang sangat berbeda dan jenis objek yang dipakai juga tidak sama. Itulah kenapa sangat penting untuk memahami pengertian leasing dan tidak salah lagi saat mengkategorikannya.

Sederhananya leasing adalah salah satu transaksi antara dua belah pihak yang nantinya tidak memakai uang sebagai objeknya. Namun, menggunakan barang yang akan diserahkan pada nasabah. Selanjutnya harga barang inilah yang akan dicicil sesuai perjanjian.

Mengenal Apa Itu Leasing

Pengertian leasing adalah suatu metode pembiayaan yang dilakukan dalam bentuk pengadaan barang modal ataupun aset. Nantinya barang ini akan diberikan pada perusahaan maupun individu agar bisa menjalankan aktivitas usahanya. Selain itu leasing juga bisa diartikan sebagai kegiatan untuk memberikan atau memberikan suatu produk kepada seseorang. Nantinya mereka akan menggunakan produk itu dan harus membayar sejumlah biaya atau secara cicil setiap bulannya.

Jadi secara umum leasing ini bisa dikategorikan sebagai kredit tetapi tidak dalam bentuk uang secara langsung. Tetapi bisa dalam bentuk benda yang nantinya kita harus membayar benda tersebut secara langsung sesuai dengan perjanjian. Ternyata sistem ini sudah ada sejak zaman sumeria atau sekitar tahun 2000 SM. Artinya sistem ini terus mengalami perkembangan hingga muncul juga pada zaman Babilonia sekitar tahun 400 SM.

Biasanya sistem ini digunakan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari seperti untuk acara bertani atau juga untuk makan. Selanjutnya sistem ini juga terus berkembang hingga masuk ke zaman Yunani kuno dan juga Roma. Di era modern sendiri pada abad ke-19 akhir, Tom M. Clark damri Amerika adalah orang pertama yang menerapkan praktik dia menggunakannya dalam menyewakan kereta yang bisa dimanfaatkan oleh orang lain untuk mendapatkan keuntungan.

Baca juga: Rentenir Adalah: Pengertian, Cara Atasi & Alasan Menghindarinya

Jenis-jenis Leasing

Terdapat beberapa jenis-jenis leasing yang banyak digunakan saat ini. Kemungkinan besar ada salah satu yang sudah kamu gunakan tetapi tidak memahami apa itu.

1. Capital Lease

Maksud dari capital Lease adalah mekanisme pinjaman yang diberikan pada perusahaan besar dalam bentuk modal usaha. Nantinya modal ini akan digunakan untuk berbagai kebutuhan baik itu produksi ataupun penjualan.

Setelah itu perusahaan akan memberikan cicilan sesuai dengan kesepakatan yang sudah dilakukan. Cicilan ini biasanya memiliki jangka waktu yang cukup panjang seperti beberapa tahun.

2. Operating Lease

Pada acara ini biasanya akan disewakan barang yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Bisa menyewakan barang-barang seperti alat pabrik yang bisa dipakai hingga bertahun-tahun. Karena beberapa usaha tidak bisa membeli sendiri mereka memutuskan untuk menyewa atau mencicil. Biaya yang dikeluarkan inilah yang disebut sebagai leasing.

3. Sales Type Lease

Selanjutnya adalah penghasilan yang didapatkan oleh suatu perusahaan dari harga jual atau bunga yang disetorkan oleh orang yang mengambil pinjaman. Jadi biasanya apabila menggunakan jasa ataupun barang akan ada biaya yang harus dikeluarkan. Apalagi jika jangka waktu untuk melakukan cicilannya cukup lama.

4. Cross Border Lease

Jenis ini adalah praktik antara orang yang memberikan pinjaman dan orang yang mendapatkan pinjaman tetapi berbeda negara. Misal orang yang meminjam berada di Indonesia dan orang yang meminjami berada di Singapura. Praktek seperti ini masih bisa dilakukan dan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh perusahaan atau individu. Yang paling penting aturan yang diterapkan sesuai dengan kesepakatan bersama atau sesuai dengan aturan dari negara yang dipakai.

5. Laverage Lease

Salah satu jenis pinjaman yang biasanya modal ataupun barangnya disediakan oleh pihak ketiga. Jadi akan ada semacam perantara yang bisa memakai terlebih dahulu produk lalu jika sudah untung bisa dikembalikan. Biasanya sistem ini akan menerapkan komisi. Jadi seseorang akan menggunakan modal yang cukup besar dengan hanya melakukan deposit saja.

Manfaat dan Keunggulan Leasing

Manfaat leasing dan keunggulan leasing cukup banyak dan biasanya terdiri dari.

  • Membantu perusahaan yang sedang berkembang.
  • Membantu individu untuk mendapatkan barang yang mereka miliki.
  • Akan semakin banyak produk yang terjual di pasaran.
  • Memperbanyak lapangan pekerja khususnya yang berhubungan dengan pekerja di bidang leasing.

Fungsi Leasing

Dasar hukum leasing di Indonesia sudah diatur. Jadi tidak perlu khawatir apabila ingin menjalankan ini selama memanfaatkan perusahaan yang memang resmi. Berikut fungsi dari leasing.

  • Pembiayaan barang
  • Permodalan usaha
  • Investasi untuk pemilik perusahaan leasing.

Tujuan Leasing

Beberapa tujuan leasing yang paling utama terdiri dari:

  • Mendapatkan barang dan jasa dengan cukup mudah.
  • Melakukan penghematan biaya produksi karena tidak perlu membeli alat sendiri.
  • Bisa memutar uang sebagai investasi dan mendapatkan keuntungan berupa komisi atau bunga.

Perbedaan Leasing dan Kredit

Perbedaan yang cukup mendasar dari leasing dan kredit adalah jenis barang yang nantinya akan didapatkan oleh seseorang. Apabila melakukan leasing maka mereka akan mendapatkan barang yang berbentuk fisik.

Barang ini akan dibiayai terlebih dahulu sehingga kita bisa membayarnya dengan sistem cicilan. Jadi tidak akan berbentuk uang secara langsung yang biasanya diberikan oleh bank.

Dari pengertian leasing saja sudah jelas jika tidak akan ada uang yang diberikan secara tunai. Sedikit berbeda dengan kredit yang biasanya akan menggunakan uang. Jadi seseorang akan menerima uang secara langsung lalu dikembalikan secara cicilan.

Contoh Perusahaan Leasing di Indonesia

  • PT Oto Multi Artha
  • PT Astra Credit Companies
  • PT Summit Oto Finance
  • PT Wahana Ottomitra Multiartha
  • PT Bussan Auto Finance
  • PT Federal International Finance (FIF)
  • PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk

Memahami pengertian leasing yang sudah dibahas di atas sangat penting untuk siapa pun yang hendak mencicil benda atau barang tertentu. Dengan begitu, berbagai persyaratan bisa disiapkan untuk segera mendapatkan barang yang diinginkan.

Artikel Lainnya