Cara Menarik Pelanggan Bisnis Online yang Sangat Mudah untuk Diterapkan

Menarik pelanggan
Cara Menarik Pelanggan Bisnis Online yang Sangat Mudah untuk Diterapkan. Photo by @claybanks
Waktu baca: 3 menit

Banyak yang bertanya bagaimana cara menarik pelanggan bisnis online. Ini pertanyaan yang tidak hanya ditanyakan oleh pengusaha online baru tapi juga pengusaha yang sudah lama berkecimpung di bisnis online.

Ada yang kesulitan untuk mendapatkan pelanggan baru. Ada yang sulit untuk mempertahankan pelanggan lama. Apapun itu, intinya satu. Kamu harus tahu apa yang mereka inginkan. Itulah inti dari bagaimana cara menarik pelanggan bisnis online.

4 Rahasia Mendapatkan Pelanggan di Bisnis Online

4 cara berikut ini merupakan apa yang banyak pelanggan inginkan. Dengan menerapkan 4 rahasia berikut ini, semoga bisnis kamu semakin berkembang dan pelanggan semakin banyak.

Apa saja 4 rahasia tersebut?

  1. Berikan Informasi yang Penting
Seorang mentor sedang mengajar muridnya.
Berikan informasi penting. Photo by Pexels

Mengapa orang percaya dengan barang atau jasa yang kamu tawarkan? Jawabannya adalah karena kamu benar-benar mengerti barang atau jasa tersebut. Kamu seorang yang punya pengetahuan tentang hal tersebut.

Untuk itu, agar orang percaya, kamu harus mampu menunjukkan pengetahuan kamu. Manfaatkan media sosial dengan baik. Share pengetahuan tentang produk yang kamu jual. Ini akan membuat orang tahu siapa kamu dan apa keahlian kamu. Ketika kamu menawarkan produk, orang akan dengan mudah suka dan percaya. Mereka yang awalnya follower kamu di media sosial akan langsung menjadi pelanggan.

Baca juga: Begini Cara Menilai Bisnis Online yang Menjanjikan dan Terbukti

  1. Tawarkan Harga Promo untuk Pembeli Pertama 
Tampilan banner promo.
Berikan harga promo. Photo by Pexels

Tidak hanya konten informasi penting yang harus kamu share. Kamu juga harus tawarkan hal lain. Misalnya saja harga promo. Apalagi jika kamu ingin menggaet pelanggan baru. Tawarkan promo untuk orang yang baru pertama kali melakukan transaksi. 

Ini salah satu cara menarik pelanggan bisnis online yang sangat efektif. Pada intinya, buat orang mencoba produk kamu. Ini akan membuat mereka merasakan kualitas dari produk. Buat mereka mencoba dan jatuh cinta. Mereka akan menjadi customer loyal selanjutnya.

  1. Promo untuk Pembelian Berikutnya
Banner promosi diskon.
Pemberian promo berkelanjutan. Photo by @Justinlim

Saat ada yang order produk, jangan hanya mengirimkan produk. Sertakan juga satu lembar surat ucapan terima kasih karena sudah membeli. Selain itu, sertakan juga kupon promo untuk pembelian selanjutnya. Sampaikan bahwa dengan menggunakan kupon tersebut, pelanggan bisa mendapatkan harga promo untuk pembelian selanjutnya. Ini tips yang sangat powerful agar pelanggan melakukan repeat order. 

  1. Siapkan Kompetisi Berhadiah
Beri hadiah kepada pelanggan.
Adakan kompetisi berhadiah. Photo by @kadh

Jangan hanya fokus mencari pelanggan baru. Kamu juga harus mempertahankan pelanggan lama. Caranya? Misalnya saja memberikan promo dan juga menjaga kualitas produk. Di sisi lain, berikan juga apresiasi seperti hadiah. Hanya saja, kamu juga perlu membuat kompetisi agar semakin menarik.

Buat kompetisi berhadiah yang kamu umumkan di media sosial. Ajak semakin banyak pelanggan dan juga follower kamu untuk berpartisipasi. Semakin banyak yang ikut, semakin banyak orang yang akan tahu bisnis kamu. Ini berpotensi menambah jumlah pelanggan baru. 

Siapkan hadiah yang menarik. Tentukan juga kompetisi yang menarik bagi follower dan juga pelanggan kamu. Jika perlu, buatlah syarat-syarat tertentu agar meningkatkan awareness, seperti mewajibkan peserta untuk tag beberapa teman di media sosial mereka masing-masing. Ini sangat efektif untuk menambah jumlah follower medsos kamu. Itu artinya potensi mendapatkan pelanggan baru semakin tinggi.

Itulah 4 cara menarik pelanggan bisnis online. Lakukan 4 cara tersebut di atas secara konsisten. Lalu perhatikan perkembangan jumlah pelanggan bisnis kamu. Di bisnis online, kompetisi semakin ketat. Strategi yang jitu diperlukan agar bisnis bertahan dan bahkan berkembang.

Artikel Lainnya