Apa itu Pinjaman KTA Bank? Simak Keunggulan dan Kekurangannya

Pinjaman KTA Bank via moneysmart.id
Waktu baca: 4 menit

Kredit Tanpa Agunan (KTA) menjadi salah satu produk pembiayaan bank konvensional paling favorit dan digemari masyarakat. Saat mengajukan kredit atau pinjaman ke bank, biasanya kamu harus menyiapkan surat tanah, kendaraan, mesin, garansi perusahaan, sampai garansi perorangan. Nah, pada pinjaman KTA bank ini, kamu tidak perlu memberikan jaminan apapun kepada bank. Hanya perlu mengisi beberapa hal administratif dan uang yang kamu butuhkan akan segera cair.

Pada tahun 2017 kemarin, Bank Indonesia (BI) mengatakan bahwa pertumbuhan KTA masih sesuai target, yaitu sekitar 8%-10%. Sebenarnya proyeksi tersebut berada di bawah target awal tahun 2017 kemarin, yaitu pada posisi 10%-12%, tetapi sayangnya BI harus mengubah target akibat beberapa sentimen negatif. Nah, ketika bank sedang menggenjot pertumbuhan KTA, banyak sekali bank yang akhirnya melakukan terobosan baru agar banyak orang menggunakan KTA, entah untuk bisnis ataupun kebutuhan finansial lainnya.

Bagi yang belum pernah mengajukan KTA sebelumnya dan penasaran sebenarnya apa saja keunggulan mengajukan KTA, kamu bisa menyimak ulasannya di sini. Tidak hanya itu, agar kamu bisa mempertimbangkan dengan lebih objektif, di sini juga akan dibahas tentang kekurangan dari KTA. Simak terus, ya!

Mengenal keunggulan dan kekurangan pinjaman KTA bank via flickr.com

Mengenal keunggulan dan kekurangan pinjaman KTA bank via flickr.com

Keunggulan Pinjaman KTA Bank

  • Sangat praktis

Keunggulan pertama dari KTA adalah produk perbankan ini sangat praktis untuk ukuran peminjaman yang melibatkan bank. kamu cukup datang ke bank konvensional dan melengkapi beberapa administrasi. Ada beberapa perbedaan persyaratan untuk wiraswasta dan pegawai negeri. Namun, secara umum, pengajuan KTA ini mengharuskan kamu untuk mempunyai NPWP, fotokopi buku tabungan, slip gaji, dan fotokopi Surat Izin Usaha Perdagangan jika kamu seorang wiraswasta.

  • Proses cukup cepat

Secara normal, pengajuan sampai pencairan KTA secara lancar hanya memakan waktu lima hari kerja. Tetapi ada beberapa bank yang bisa melakukan pencairan dalam tiga hari kerja saja. Jadi, bisa dibilang keunggulan dari KTA ini sangat cocok untuk kamu yang menginginkan dana dalam waktu mendesak. Misalnya seperti modal usaha, dana darurat jika ada sakit keras, dan kebutuhan finansial yang mendesak lainnya.

  • Biaya admin sangat ringan

Beberapa bank mempunyai jumlah biaya administrasi yang berbeda dalam KTA. Nah, biaya administrasi ini disebut dengan biaya provisi. Beberapa bank mempunyai biaya provisi yang beragam, mulai dari 1% sampai 4% dari jumlah pinjaman yang dicairkan oleh bank. Apakah jumlah ini murah? Yes, tentu saja. Kamu tidak perlu membayar karena biasanya biaya provisi akan terpotong ketika dana sudah cair.

  • Beragam bank di Indonesia memiliki layanan KTA

Saat ini, kamu bisa merasakan kemudahan tiap mengajukan pinjaman. Termasuk saat mengajukan pinjaman KTA. Bagaimana tidak, sekarang layanan pinjaman KTA ini bisa ditemukan hampir di seluruh bank di Indonesia. Kamu tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan persyaratan yang diajukan oleh bank.

  • Kamu bisa melakukan percepatan pembayaran

Jika mengajukan pinjaman KTA bank, kamu bisa melakukan pembayaran di tengah-tengah waktu cicilan jika kamu sudah mempunyai dana cukup. Walaupun begitu, kamu harus mengetahui persyaratan yang sudah dituliskan di surat perjanjian. Jangan sampai ketika kamu ingin melakukan pelunasan di awal, ternyata kamu harus membayar dana tambahan khusus.

  • Dana pinjaman bisa sangat banyak

Keunggulan terakhir dari KTA adalah dana pinjaman yang disediakan oleh bank ini bisa sangat tinggi, bahkan mencapai 200 juta hingga 500 juta rupiah. Ketentuan jumlah ini tergantung dari kebijakan masing-masing bank. Walaupun begitu, tidak semua bank bisa sembarangan dalam mengeluarkan dana hingga 500 juta rupiah, kamu harus memenuhi persyaratan terlebih dahulu.

Beberapa bank biasanya memberlakukan syarat khusus untuk mengambil dana di atas 100 juta, tetapi jika kamu meminjam dana KTA di bawah 100 juta, biasanya tidak ada syarat yang khusus.

 

Kekurangan Pinjaman KTA Bank

  • Suku bunga tinggi

Sekarang mari membahas kekurangan KTA. Kekurangan pertama adalah suku bunga dari KTA biasanya sangat tinggi jika dibandingkan peminjaman jenis lain. Ini merupakan hal yang wajar karena bank tentu tidak mau rugi mengingat mereka tidak mendapatkan jaminan apa-apa. Beberapa bank mempunyai suku bunga yang berbeda-beda, ada yang 1,5%, 2%, dan bahkan ada yang mencapai 2,5%. Jika kamu tidak hati-hati dalam memilih suku bunga, kamu bukannya terbantuk, tetapi justru akan kesulitan dalam membayar cicilan bulanan.

Jadi, sebagai tips, kamu bisa mencari dan membandingkan bank yang memberikan KTA dengan suku bunga rendah. Jangan terburu-buru tergiur dengan jumlah pinjaman yang sangat tinggi ataupun suku bunga rendah. Kamu wajib mempelajari syarat administrasi lainnya.

  • Tenor yang terbatas

Melihat poin ini, mungkin kamu akan bertanya-tanya, “Lho, padahal kan tenor sudah sampai lima tahun, tapi kenapa masih menjadi kelemahan dari KTA?”. Begini, sekarang coba bayangkan kamu meminjam dana sebesar Rp200 juta dan harus melunasinya dalam jangka waktu lima tahun. Tentu hal ini bisa cukup menyulitkan, belum lagi ditambah suku bunga dan biaya denda jika terlambat.

Nah, sebagai saran, sebaiknya jangan mengambil dana KTA yang tinggi jika ternyata kamu tidak sanggup membayar dalam tenor tertentu. Hitung kembali besar gaji kamu, jangan sampai kebutuhan untuk membayar tenor dari KTA ini melebihi 30% dari total gaji bulanan.

  • Pinjaman biasanya tergantung pada penghasilan dan profesi

Kekurangan selanjutnya adalah besarnya pinjaman KTA bank biasanya dipengaruhi oleh jenis penghasilan dan juga profesi. Ada beberapa bank yang menyediakan pinjaman kepada karyawan tetap, pegawai tetap, profesional, ataupun pengusaha yang sudah mempunyai usaha yang settle. Kalaupun kamu termasuk syarat di atas, masih ada persyaratan atau pertimbangan lain yang bisa mengakibatkan dana yang kamu ajukan akan berubah.

Sebelum mengajukan dana KTA, kamu bisa bertanya terlebih dahulu kepada pegawai bank ataupun saudara/teman kamu yang pernah melakukan pinjaman KTA di sana. Dengan begini, kamu akan mengetahui berapa jumlah pinjaman KTA bank yang bisa keluar.

Jangan cuma kredit, coba juga alternatif investasi ini supaya keuanganmu tetap stabil!

  • Kamu harus menjadi pemegang kartu kredit

Sebenarnya ini bisa menjadi kelebihan jika kamu telah menjadi pemegang kartu kredit di bank tempat mengajukan pinjaman KTA. Tetapi jelas akan menyulitkan jika kamu tidak memiliki kartu kredit di bank tersebut. Terlebih, biasanya bank mensyaratkan bagi para applicant pinjaman KTA untuk menjadi pemegang kartu kredit mereka selama 1 tahun.

Itulah beberapa keuntungan dan juga kekurangan menggunakan KTA. Seperti yang dijelaskan di awal, kamu harus melihat kembali dan jangan terburu-buru dalam memilih bank yang mengeluarkan KTA. Pastikan kamu mengetahui dengan lengkap bagaimana proses administrasi dan surat perjanjiannya, jadi saat penandatangan kamu sudah mengetahui setiap poin dari KTA tersebut. Dengan begini, kamu pun dapat meminimalisir risiko yang mungkin terjadi di tengah masa pembayaran cicilan KTA.

You may also like...

Leave a Reply