Menilik Apa Saja Peluang Usaha dan Bisnis Masa COVID-19

Peluang usaha dan bisnis di masa COVID-19.
Peluang usaha dan bisnis di masa COVID-19. Photo by @sushant_vohra
Waktu baca: 3 menit

Masa pandemi korona yang kian meresahkan dan terus merangkak naik angkanya terbilang cukup melesukan daya semangat kerja semua orang. Namun, kita tidak boleh tersungkur terlalu lama dan harus segera bangkit, apalagi pemerintah telah memberlakukan sistem new normal yang masih terbatas namun bisa bergerak sedikit demi sedikit. Ini adalah peluang upaya terbaik yang bisa dilakukan saat pandemi belum usai. Salah satunya ialah menjalankan peluang usaha dan bisnis.

Krisis ekonomi Indonesia terjadi dengan cara yang mengejutkan dan semua orang merasakan efeknya. Kamu bisa mulai berdiri dengan mencoba peluang usaha dan bisnis. Berikut daftar peluang yang perlu diketahui.

Menjual Bahan Makanan

Bisnis frozen food
Bisnis frozen food atau makanan beku. Photo by Klikdokter

Masa korona dan semua disarankan untuk stay di rumah tetap butuh makan untuk hidup, hanya saja mereka lebih menekan porsi yang tadinya sehari memasak 4-5 jenis makanan kini cukup 3 jenis makanan saja. Namun, tetap butuh makan ya?

Di sinilah kamu bisa bertahan untuk menggantikan usaha yang baru yaitu menjual bahan pokok makanan seperti sembako, sayuran, lauk, bumbu dapur atau budidaya ikan murah.

Menjual Bahan Pokok

Peluang usaha dan bisnis di masa COVID-19.
Bisnis bahan makanan. Photo by Pixabay

Bahan pokok seperti sabun, pampers, deterjen, plastik, dan sejenisnya memang sangat diperlukan kendati masa habisnya agak lama. Kamu bisa membuka usaha skala kecil untuk terus bertahan dalam kondisi pandemi. Modal yang dibutuhkan juga tidak menekan besar dan lebih ringan.

Cermatilah apa saja kebutuhan yang sekiranya orang setiap hari butuh, mungkin jajanan anak yang unik seperti kue pie, cemilan atau baju seragam anak sekolah.

Bisnis Alat, Bahan Kesehatan

Strategi manajemen keuangan Usaha Kecil Menengah.
Bisnis jualan masker. Photo by Pexels

Alat kesehatan peluang usaha dan bisnis seperti masker memang sedang naik daun karena setiap 4 jam sekali masker wajib diganti. Kamu yang punya keahlian menjahit bisa membuat masker kain dan dijual dengan harga yang terjangkau. Ada juga alat cek suhu tubuh (termometer), hand sanitizer, atau jubah pelindung untuk tenaga kesehatan. Bisa juga ramuan atau suplemen kesehatan untuk mengatasi penyakit lainnya seperti darting, diabetes, kolesterol.

Baca juga: Berikut Ide Bisnis yang Bisa Dicoba saat Adaptasi New Normal

Bisnis Digital

Sering buka toko online.
Membuka toko online. Photo by Pixabay

Semua alokasi usaha dialihkan dengan sistem online, kamu bisa manfaatkan aplikasi untuk meraup uang dengan membuat konten yang unik dan bermutu. Jika kamu berprofesi sebagai programer bisa membuat aplikasi untuk mereka yang butuh. Aplikasi pendidikan atau penjualan lebih mudah daripada harus wira wiri menawarkan dan berpotensi terjangkit korona. Bisa juga kamu menjual kuota data karena semua serba online.

Bisnis Pendidikan

Belajar bahasa Mandarin.
Bisnis pendidikan. Photo by Udemy

Titik yang paling lemah saat ini adalah sektor pendidikan, agaknya kemarin sangat kacau dan mulai tahun ajaran baru dibentuk sebuah metode belajar daring yang mengandalkan ponsel pintar dan dunia virtual. Banyak kendala yang dihadapi orangtua dalam membantu anaknya belajar, materi yang diajarkan tidak dikuasai oleh orangtua sehingga kamu yang berprofesi guru bisa masuk menjadi pengajar online. Buku digital yang kini marak diunduh akan membantu pelajar dalam memahami materi yang sulit, manfaatkan situasi ini untuk meraih uang dari penjualan buku panduan ajar virtual.

Satu hal lagi ketika kamu akan memulai peluang usaha dan bisnis dalam kawah pandemi adalah jeli memperhitungkan dana dan mengamati kondisi pasar. Kerugian pasti terjadi namun alangkah baiknya ditekan dengan strategi yang lebih baik. Orang menyukai harga rendah dan pelayanan terbaik maka kamu bisa sesuaikan untuk mendapatkan pasaran. Korona memang belum selesai namun kita harus terus bergerak untuk maju dan mendapatkan kehidupan yang seakan normal. Patuhi selalu protokol kesehatan yang ada dan jaga imunitas tubuh dengan makan bergizi dan minum vitamin C dengan teratur.

Mungkin Anda juga menyukai