Bagaimana Cara Menghitung Pendapatan Perkapita Suatu Negara?

ilustrasi menghitung pendapatan perkapita
Bagaimana Cara Menghitung Pendapatan Perkapita Suatu Negara? Photo by @kellysikkema
Waktu baca: 4 menit

Komponen yang Ada Dalam Pendapatan Perkapita

Agar mendapatkan hasil yang akurat, dalam menghitung pendapatan perkapita harus ada beberapa kompenen. Komponen yang mendukung perhitungan pendapatan perkapita antaralain;

  • Pendapatan nasional

Komponen yang harus ada dalam menghitung pendapatan perkapita adalah pendapatan nasional. Pendapatan nasional meliputi segala total jumlah penghasilan dalam suatu negara di waktu periode satu tahun. Jumlah dari pendapatan nasional ini akan memiliki pengaruh untuk pendapatan nasional.

  • Jumlah Penduduk

Jumlah penduduk juga merupakan komponen penting dalam pendapatan kapita. Jumlah penduduk mencakup semua total penduduk yang menduduki negara tersebut. Dalam perbandingannya, jumlah penduduk dan pendapatan perkapita berbanding balik. Disaat total penduduk suatu negara tinggi, maka pendapatan perkapitanya rendah. Begitu juga sebaliknya, jika jumlah penduduk negara tersebut sedikit, maka pendapatan perkapitanya akan tinggi.

Rumus dan Cara Menghitung Pendapatan Perkapita

Bagaimana kita dapat mengetahui jumlah pendapatan perkapita? Tentunya sudah ada perhitungan yang pasti. Dalam menghitung pendapatan perkapita dibagi menjadi dua cara, yaitu pendapatan perkapita secara nominal dan pendapatan perkapita secara riil. Berikut ini cara dan rumus menghitung pendapatan perkapita secara nominal dan riil.

  • Cara dan rumus pendapatan perkapita secara nominal

Menghitung pendapatan perkapita secara nominal berarti menghitungnya berdasarkan harga yang sedang berlaku.

Rumus dari pendapatan perkapita secara nominal adalah;

Pendapatan Perkapita = Harga Produk Nasional Bruto Belaku : Jumlah Penduduk

Sebagai contoh:

Pada tahun 2020, suatu negara memiliki produk nasional bruto sebesar 2000 triliun dengan total jumlah penduduk sebanyak 100 juta orang.

Maka pendapatan perkapita negara tersebut adalah = 2000 triliun : 100 juta = 20 juta/orang/pertahun

  • Cara dan rumus pendapatan perkapita secara riil

Selain menghitung secara nominal, pendapatan perkapita dapat dihitung secara riil. Pendapatan perkapita dihitung secara riil memiliki arti bahwa perhitungannya menggunakan harga konstan. Harga konstan ini diperoleh melalui nilai pendapatan perkapita pada acuan tahun tertentu.

Rumus dari pendapatan perkapita secara riil adalah;

Pendapatan Perkapita =  Produk Nasional Bruto Harga Konstan : Jumlah Penduduk

Sebagai contoh:

Pada tahun 2019, suatu negara memiliki total jumlah penduduk sebanyak 100 juta orang. Perhitungan acuan produk nasional bruto tertinggi adalah PBN tahun 2014 dengan jumlah 3000 triliun.

Maka pendapatan perkapita negara tersebut adalah: 3000 triliun : 100 juta = 30 juta/orang/tahun dengan mengacu kepada produk nasional bruto tahun 2014.

Kemajuan Negara dengan Pendapatan Perkapita

Dengan adanya pendapatan perkapita, menjadi tolak ukur yang paling efektif untuk menentukan negara mana yang terjamin kesejahteraan dan kemakmuran rakyatnya. Seperti contoh nya negara Qatar. Negara ini menjadi negara terkaya di dunia jika dilihat dari pendapatan perkapitanya. Qatar memiliki pendapatan perkapita senilai USD 133.250. Dengan itu, laju pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran rakyatnya dapat dikatakan sangat baik.

Pada umumnya, negara dapat digolongkan menjadi beberapa kategori berdasarkkan pendapatan perkapitanya. Kategori tersebut diantaranya;

  • Negara dengan pendapatan perkapita tinggi

Tolak ukur negara dapat dikatakan bahwa negara tersebut memiliki pendapatan perkapita yang tinggi disaat penghasilan pendapatan perkapitanya lebih dari USD. 8335. Negara yang termasuk kedalam pendapatan perkapita tinggi biasanya merupakan negara maju seperti Amerika Serikat dan sebagainya.

  • Negara dengan pendapatan perkapita menengah ke atas

Suatu negara dapat dikatakan sebagai negara dengan pendapatan perkapita menengah ke atas bila pendapatan perkapita negara tersebut berjumlah USD 4.046 hingga USD 8.335. Negara dengan pendapatan perkapita menengah atas abisanya berasal dari negara-negara Eropa.

  • Negara dengan pendapatan perkapita menengah ke bawah

Berikutnya adalah negara dengan pendapatan perkapita menengah ke bawah. Pendapatan perkapita negara golongan ini biasanya USD 675 hingga USD 4.046. Indonesia saat ini masih termasuk ke dalam golongan pendapatan perkapita menengah ke bawah.

  • Negara dengan pendapatan perkapita rendah

Golongan terakhir adalah negara dengan pendapatan perkapita relatif rendah. Pada umumnya negara yang termasuk kedalam golongan ini memiliki pendapatan perkapita kurang dari USD 675. Negara dengan pendapatan perkapita rendah umunya berasal dari negara-negara di Afrika.

Mungkin Anda juga menyukai