Bagaimana Cara Menghitung Pendapatan Perkapita Suatu Negara?

ilustrasi menghitung pendapatan perkapita
Bagaimana Cara Menghitung Pendapatan Perkapita Suatu Negara? Photo by @kellysikkema
Waktu baca: 4 menit

Sebenarnya apa yang menjadi tolak ukur laju pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran rakyat dari suatu negara? Apakah benar pendapatan perkapita suatu negara bisa menjadi indikator majunya ekonomi suatu negara?

Lalu, apa sebenarnya pendapatan perkapita? Mengapa bisa memiliki peran yang besar dalam mengukur kemakmuran suatu negara? Mari kupas tuntas!

Baca juga: Mengenal Apa Itu Produk Domestik Bruto (PDB)

Apa Itu Pendapatan Perkapita

Pendapatan perkapita merupakan total besarnya pendapatan rata-rata semua penduduk di suatu negara. Hasil dari pembagian pendapatan nasional dan juga jumlah penduduk negara tersebut merupakan hasil utama dari pendapatan perkapita.

Oleh karena itu, pendapatan perkapita suatu negara sering menjadi tolak ukur akan kesejahteraan masyarakat negara tersebut. Maka, negara dengan pendapatan perkapita yang tinggi dapat dikatakan sebagai negara maju dan makmur.

Tujuan Menghitung Pendapatan Perkapita

Pada dasarnya, pendapatan perkapita memang ditujukan sebagai indikator untuk mengukur tingkat kesejahteraan masyarakat yang ada dalam suatu negara. Namun selain itu, pendapatan perkapita juga memiliki tujuan lainnya, yang diantaranya;

  • Sebagai cerminan situasi ekonomi masyarakat dan negara dalam kurung waktu tertentu

Untuk mendapatkan hasil yang akurat dari pendapatan perkapita suatu negara, dibutuhkan data akan kondisi perekonomian negara tersebut secara rinci. Data tersebut juga akan dianalisis dan juga dievaluasi. Oleh karena itu, data yang diperoleh untuk mengukur pendapatan perkapita suatu negara menjadi suatu cerminan akan situasi ekonomi masyarakat dan negara dalam kurung waktu tertentu.

  • Sebagai landasan pemerintah dalam merumuskan kebijakan

Melalui hasil data akan pendapatan perkapita, pemerintah dapat memantau kondisi perekonomian negara. Pemerintah dapat melihat apa yang menjadi permasalahan atau hambatan dalam kemajuan di bidang perekonomian. Dengan data-data ini, pemerintah dapat merumuskan kebijakan-kebijakan guna menanggulangi permasalahan ekonomi yang terjadi.

  • Mengetahui tingkat dan kondisi kemakmuran negara dan masyarakatnya

Ini sudah menjadi tujuan utama dari pendapatan perkapita. Hasil dari pendapatan perkapita menjadi tolak ukur yang akurat dan relevan akan kondisi kemakmuran negara dan masyarakatnya.

  • Sebagai alat ukur akan kelancaran pelaksanaan aktivitas ekonomi negara

Hasil dari pendapatan perkapita menunjukan bagaimana keadaan ataupun kelancaran aktivitas perkonomian suatu negara. Oleh karena itu, dengan adanya pendapatan perkapita dapat dijadikan alat ukur akan kelancaran pelaksanaan aktivitas ekonomi negara.

  • Menjadi indikator untuk mengetahui struktur perekonomian suatu negara

Hasil dari pendapatan perkapita dapat dijadikan pemerintah sebagai struktur perekonomian suatu negara. Pemerintah dapat menggunakan data ini untuk mengetahui sektor mana yang memerlukan perbaikan.

  • Menjadi alat pembanding kemajuan antar negara

Negara dengan pendapatan perkapita yang relatif tinggi mencerminkan bahwa negara tersebut memiliki tingkat kesejahteraan dan kemakmuran yang tinggi. Oleh karena itu, hasil dari pendapatan perkapita dapat dijadikan alat pembanding kemajuan antar negara.

Artikel Lainnya