Gerak Cepat Pemerintah dengan Stimulus Ekonomi Indonesia

Stimulus ekonomi Indonesia
Gerak cepat pemerintah dengan stimulus ekonomi Indonesia. Photo by IDX
Waktu baca: 3 menit

Diketahui bahwa selama pandemi menyerang dunia, berbagai dampak yang besar ditimbulkan dan sangat terasa sekali. Misalnya saja di bidang ekonomi yang membuat negara dan masyarakatnya mengalami kesulitan finansial yang serius. Bahkan beberapa negara telah mengalami resesi yang membuatnya harus lebih bekerja keras untuk kembali membangun perekonomian. Indonesia dalam hal ini melalui pemerintah turut menggencarkan stimulus ekonomi indonesia sebagai strategi mengatasi masalah di tengan pandemi.

Stimulus ekonomi adalah usaha pemerintah yang diharapkan nantinya bisa memajukan roda perekonomian, sehingga bisa kembali normal seperti sedia kala. Karena bisa dilihat bahwa di masa pandemi ini tidak sedikit orang yang telah kehilangan pekerjaannya dan tentu saja membutuhkan pekerjaan yang baru secepat mungkin. Sedangkan di sisi lain, mereka juga memiliki anggota keluarga yang harus dipenuhi kebutuhannya sehari-hari yang sebagian besar adalah menggunakan uang.

Mengefektifkan Stimulus Ekonomi dengan Penanganan Pandemi yang Baik

Stimulus ekonomi Indonesia
Mengefektifkan stimulus ekonomi dengan penanganan pandemi yang baik. Photo by Pixabay

Tidak bisa dipungkiri bahwa keterpurukan kondisi ekonomi yang terjadi saat ini adalah akibat dari pandemi Covid-19. Hal ini pun juga memunculkan krisis kesehatan di semua negara, sehingga sifatnya adalah merata dengan masalah yang sama. Di mana Indonesia mengalami kesulitan masalah ekonomi, begitu pun dengan negara lainnya. 

Oleh karena itu, pemerintah Indonesia pun melakukan upaya yang matang untuk bisa mengentaskan permasalahan ini, salah satunya dengan stimulus ekonomi. Namun, pelaksanaan stimulus ekonomi ini tidak akan berjalan secara efektif jika penanganan pandemi tidak dilakukan secara baik.

Apalagi jika jumlah penderita Covid-19 terus mengalami peningkatan, maka proses untuk membangkitkan perekonomian juga masih terhambat. Hal ini karena pemerintah juga menggelontorkan dana tidak hanya untuk satu bidang saja. Tetapi juga ada bidang kesehatan yang membutuhkan anggaran besar untuk mengatasi masyarakatnya yang terkena virus Covid-19. 

Beberapa negara bisa menjadi contoh, seperti halnya negara Cina dan Vietnam yang telah berhasil di dalam sektor ekonomi dikarenakan sudah melakukan penanganan awal yang lebih baik. Sehingga pemulihannya pun bisa dilakukan dalam waktu yang cepat. 

Pentingnya Mengeksekusi Program Pemerintah Secara Cepat

Tips bagi uang saat lebaran
Pentingnya mengeksekusi program pemerintah dengan cepat. Photo by Pixabay

Di masa pandemi ini memang segala tindakan yang dilakukan harus dipikirkan secara matang. Namun, mengeksekusi program pemerintah secara cepat juga tidak kalah penting. Hal ini agar dampaknya juga bisa lebih cepat diterima dan dirasakan oleh masyarakat, serta efek-efek buruk yang kemungkinan akan terjadi juga bisa dihindari. 

Namun, jika gerak cepat ini tidak dilakukan dan kasus-kasus penderita positif Covid-19 terus meningkat dan memunculkan ketidakpastian, maka hal ini juga akan membuka risiko di masa depan dan membuat perekonomian semakin terpuruk. Bentuk program pemerintah yang sudah dilakukan oleh pemerintah adalah stimulus ekonomi indonesia yang bertujuan untuk mendongkrak perekonomian masyarakat agar semakin baik. 

Memberikan Perhatian Khusus Pada Pembukaan Lapangan Pekerjaan

Jangan bawa pikiran pekerjaan ke rumah.
Memberi perhatian khusus pada pembukaan lapangan pekerjaan. Photo by Pexels

Melalui rapat kabinet yang membahas tentang perkembangan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional, Presiden Joko Widodo menyampaikan salah satu pembahasannya akan pembukaan lapangan kerja agar diberikan perhatian secara khusus. 

Karena di saat inilah, banyak orang yang membutuhkan pekerjaan untuk mengatasi kondisi ekonomi rumah tangga yang juga mereka rasakan. Jika lapangan pekerjaan mendapatkan perhatian yang baik, maka orang-orang yang baru saja kehilangan pekerjaannya ini bisa segera mendapatkan pekerjaan pengganti dan angka pengangguran tidak semakin meningkat.

Dengan begitu, dalam mengatasi dampak pandemi berupa masalah ekonomi ini juga membutuhkan penanganan pandemi yang baik. Sehingga, program pemerintah lainnya seperti stimulus ekonomi indonesia juga bisa dijalankan secara efektif.

Mungkin Anda juga menyukai