Mengenal Total Revenue Bagi Pebisnis

Total revenue
Mengenal Total Revenue Bagi Pebisnis. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Hal-Hal Yang Mempengaruhi Revenue

Setelah mengenal tentang total revenue seperti apa, maka setelahnya penting untukmu sebagai seorang pebisnis untuk mengetahui apa saja hal-hal yang bisa mempengaruhi kenaikan revenue. Sehingga dengan demikian, kamu bisa berusaha dengan lebih maksimal untuk meningkatkan revenue demi keberlangsungan bisnismu. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa mempengaruhi revenue:

  • Banyaknya Pelanggan

Tentunya semakin banyak pelanggan yang bisa didapatkan sangat mempengaruhi penghasilan bisnis/ perusahaanmu. Maka dari itu jika ingin mendapatkan total revenue yang besar, kamu harus lebih gencar dalam melakukan promosi agar pembelian produk/jasamu semakin meningkat dan kemudian revenue pun akan berbanding lurus serta ikut meningkat.

  • Banyaknya Transaksi Pembelian

Selain dengan banyaknya pelanggan, maka banyaknya transaksi pembelian yang terjadi pada bisnis/perusahaanmu juga bisa sangat mempengaruhi revenue bisnismu. Mengenai hal ini kamu bisa menyiasatinya dengan memperbanyak intensitas pembelian dari pelangganmu. Misalnya kamu bisa melakukan promo buy 2 get 1, dengan demikian alih-alih membeli 1 pelanggan akhirnya membeli 2 barang. Kemudian masih banyak lagi ide yang bisa dilakukan untuk menambah jumlah transaksi pembelian.

  • Harga Produk/Jasa Yang Kamu Tawarkan

Otomatis jika kamu menaikkan harga produk / jasa yang ditawarkan maka revenue bisa naik, namun bisa juga turun karena pelanggan merasa produknya menjadi mahal. Maka dari itu kamu harus mengiringi kenaikan harga itu dengan kenaikan kualitas, agar pelangganmu tidak beralih ke brand yang lain.

Kiat Menaikkan Revenue

Tentu sebagai seorang pebisnis, kamu ingin agar revenue bisnismu semakin naik bukan? Maka dari itu sebaiknya kamu melakukan beberapa kiat untuk bisa menaikkan revenue. Karena revenue bisa menjadi salah satu penanda makin berkembang atau tidaknya bisnis/perusahaanmu. Semakin tinggi revenue yang bisa didapatkan dari bisnis yang dijalankan maka tentunya bisnismu bisa semakin berkembang. 

  • Berikan Diskon

Tidak akan ada pelanggan yang menolak adanya diskon. Bahkan orang yang tadinya bukan merupakan pelanggan bisnismu, bisa jadi membeli produkmu karena diskon yang diberikan. Maka dari itu untuk menaikkan revenue, memberikan diskon bisa menjadi ide yang sangat baik untuk dicoba.

Namun tentunya saat kamu hendak memberikan diskon juga harus dengan perhitungan yang matang agar tidak rugi. Kamu bisa memberi batas waktu pada masa diskon tersebut sehingga hal tersebut juga akan membuat banyak pelanggan membeli produkmu. 

  • Gunakan Strategi Bundling

Jika menawarkan sebuah produk yang barang-barang kelengkapannya dijual terpisah, maka kamu bisa menawarkan pada pelangganmu untuk membeli paket bundling yang lengkap dengan berbagai kelengkapan produk lainnya, sehingga dengan demikian pelanggan akan merasa untung.

Begitu juga kamu sebagai penjual yang bisa mendapatkan kenaikan revenue karena dengan adanya paket bundling seringkali dinilai sebagai paket yang lengkap dan praktis oleh pelanggan. Sebenarnya masih ada banyak lagi kiat yang bisa membantumu dalam menaikkan revenue bisnis / perusahaanmu. Pastinya jika kamu sudah tahu total revenue adalah apa maka akan lebih mudah untuk menaikkan revenue.

Mungkin Anda juga menyukai